"Kasih ibu, kepada beta. Tak terhingga sepanjang masa. Hanya memberi, tak harap kembali, bagai sang surya menyinari dunia."

Mama adalah seseorang yang paling mengerti tentang diriku, anaknya.. Mama selalu memberikan semangat kepadaku. Yang tak akan pernah engkau tukar dengan apapun.

Ada kata kata mama yang aku sukai, yaitu “apa yang terjadi dengan kondisiku merupakan takdir Allah. Wujud kasih sayang Allah terhadapku, dan terdapat rahasia Allah yang indah di balik penciptaanNya terhadapku. Karena tidak ada manusia yang sempurna, semua manusia terlahir dengan kekurangan dan kelebihan, mungkin saja ada kekurangan mereka yang tidak tampak oleh mata manusia.”

Ketika aku mengenal cinta, mulai menyukai ‘lawan jenis’, mamalah orang yang pertama kali kuberitahu. Mama menjadi pendengar yang baik untukku, bukan hanya itu, mama juga menjadi penasehat yang baik untukku. Aku merasa aman mengeluarkan apa yang ada di hati dan pikiranku, kepadanya. Karena aku tahu mama tidak akan menceritakan pada siapa pun.

Begitupun di saat aku patah hati, lagi-lagi aku mengadukannya kepadamu mama. Mama menenangkanku, menghentikan tangisku, dan mengatakan kepadaku “bahwa dia laki laki yang baik, tapi mungkin bukan jodohmu, jangan membencinya yang sudah pernah membuatmu bahagia, dan berada di sampingmu.” Karena perkataanmu mama, aku sama sekali tidak membencinya. Aku malah menjadi sedikit lebih dewasa dengan hal tersebut.

Advertisement

Mama, aku terus terusan membutuhkanmu, merepotkanmu. Sampai dengan sekarang ini. Aku selalu membutuhkanmu. Aku tak tahu apa aku bisa jadi setegar ini tanpa adanya dirimu yang menyemangatiku. Mama begitu berarti untukku. Kalau mama adalah wanita yang hebat, seorang ibu yang luar biasa. Yang mampu memberikan cinta dan semangat hidup terhadap anaknya . Maafkan aku, sering membuat hatimu sakit dengan sikapku yang menjengkelkan.

Terimakasih untuk semuanya yang sudah engkau berikan kepadaku mama, cintamu, kasih sayangmu, pengorbananmu. Terimakasih juga telah menjadi seseorang yang paling mengerti dan memahamiku, dan selalu jadi penyemangat dalam hidupku. Aku bangga menjadi anakmu, yang terlahir dari rahimmu, aku mencintaimu mama, sangat menyayangimu. You're the Best.

“Ibu Terimakasih untuk kasih sayang yang tak pernah usai, tulus cintamu takkan mampu untuk terbalaskan.”