Waktu terus berputar dan kehidupan manusia terus berjalan tanpa ada yang bisa menghentikan dan meninggalkan masa lalu. Masa lalu yaitu waktu yang telah lewat dan masa yang telah dilalui dalam tahapan kehidupan manusia. Meskipun berlalu, masa lalu selalu meninggalkan kesan tersendiri. Ada masa lalu yang indah yang rasanya ingin selalu dikenang, namun banyak juga masa lalu yang suram bahkan pahit untuk dikenang dan berusaha untuk melupakannya.

Andai ada sebuah mesin waktu yang sangat canggih pasti setiap orang ingin kembali ke masa lalu atau ingin memperbaiki penyesalan-penyesalan buruk di masa lalu agar mereka tidak punya ingatan akan masa lalu yang suram. Namun sampai sekarang teknologi manusia belum sampai pada tahap ini, sebagai manusia yang memiliki Tuhan kita harus tetap optimis menatap kedepan terlepas memiliki masa lalu suram sekalipun dan menjadikannya pengalaman hidup untuk melangkah lebih baik, tidak ada manusia yang memiliki masa lalu indah sepanjang hidupnya, bahkan masa lalu saat kecil pun tidak semuanya indah ada begitu banyak kejadian konyol dan memalukan untuk diingat tapi kita tidak merasa resah atau menyesal bukan? Misalnya saat kita masih kanak-kanak mengompol dan ditertawai teman sekelas, namun saat mengingatnya bukankah kita tertawa?

Walaupun kadang perjalanan hidup manusia tidak sesederhana contoh diatas namun hadapi jugalah masa lalu suram lainnya dengan berprinsip demikian, sedikit mengubah pola pikir kita dari biasanya. Jangan jadikan masa lalu suram sebagai tembok besar yang menghalangi langkah menuju kesuksesan, namun justru dijadikan motivasi agar kita bisa berbuat lebih baik lagi kedepan.

Biarlah masa lalu berlalu, kehidupan tak akan pernah mau melangkah mundur, selagi masih punya waktu maksimalkan setiap apaun yang kita lakukan. Jadikan masa lalu sebagai motivasi. Hidup memang tak semudah kata-kata motivasi yang selalu didengunkan atau kita baca namun hidup juga tak sesulit dalam bayangan orang-orang yang berputus asa. Bangkit dan tunjukkan siapa dirimu dan katakan bye pada masa lalu surammu dan ubah jadi masa lalu yang nantinya indah untuk dikenang.