Bagi penikmat drama Korea pasti nggak asing dengan drama The Legend of The Blue Sea. Drama yang tanyang di stasiun tv SBS ini yang berkisah tentang Putri Duyung (Jun Ji Hyun) dan manusia (Lee Min Ho) yang saling jatuh cinta ini memang cukup romantis untuk diikuti kisahnya. Selain memiliki dua pemain utama yang terkenal dan tentunya mahal, kisah yang dibawakan juga romantis dan lucu.

Terutama buat kita yang masih aja galau dan resah tentang yang namanya jodoh.

Meskipun kita sudah hafal banget dengan ungkapan 'kalau udah jodoh nggak bakalan kemana', kalimat satu ini memang pas banget buat menenangkan hati kamu jomblo yang sedang galau maksimal atau lagi putus sama pacar. Terlebih drama ini seolah memberikan titik cerah kalau jodoh nggak akan kemana-mana.

Lee Min Ho dan Jun Ji Hyun berperan sebagai sepasang kekasih dengan latar belakang yang berbeda di era Joseon. Mereka saling jatuh cinta tetapi situasi dan kondisi yang yang terjadi membuat keduanya harus berpisah. Yap, perpisahan selalu tidak mengenal waktu dan kondisi. Namun mereka berjanji saat hidup kembali mereka akan bertemu lagi.

Sampai ahkirnya di era modern Lee Min Ho dan Putri Duyung bertemu kembali dengan situasi yang berbeda. Sebuah takdir yang mana tidak pernah disangka. Begitulah jodoh, mau berpisah dari era Joseon pun kalau memang sudah jodoh bakalan balik lagi dengan orang yang sama.

Advertisement

Seperti halnya Heo Joon Jae (yang diperankan oleh Lee Min Hoo) dan Shim Chung (yang diperankan oleh Jun Ji Hyun) di era modern. Mereka sudah terpisah sekian lama, dengan hitungan waktu yang cukup lama dan era yang berbeda tetapi ada satu hal dalam hidup ini yang kasat mata dan tidak bisa kita sentuh. Tetapi bisa mengubah hidup kita. Itulah takdir.

Meskipun sudah terpisah sekian lama, tetapi masing-masing dari mereka tetap memiliki kehidupan. Mereka tetap optimis dan menjalani masa depanya. Itu juga yang harus kita lakukan. Dengan atau tanpa dia yang kita cinta kita tetap harus hidup dengan baik. Tetap bahagia karena kita layak untuk bahagia.

Tenang saja, kita hanya diminta untuk usaha semaksimal mungkin. Sisanya biar Tuhan yang menentukan. Karena apa yang ditakdirkan untuk kita pasti akan datang untuk kita, meski kita tidak menginginkannya. Sama halnya seperti jodoh. Toh Heo Joon Jae dan Shim Chung juga bersama lagi dengan kondisi yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Walaupun Legend of Blue Sea hanya sepenggal serial drama tapi bukan berarti kita tidak bisa mengambil hikmahnya kan?