Tidak terasa dalam hitungan hari kita akan bertemu dengan bulan Ramadhan, bulan yang penuh dengan keberkahan dan kebaikan. Well, Ramadhan dapat kita analogikan sebagai seorang tamu, dan ketika datang seorang tamu istimewa ke rumahmu, lantas apa yang akan kamu siapkan untuk menyambutnya?

Seorang tamu yang kehadirannya selalu ditunggu dan kepergiannya pun dirindukan. Maka, tentu sebagai tuan rumah yang baik kita akan memberikan persiapan terbaik, seperti merapihkan rumah, membersihkan lantai yang kotor, menyiapkan pewangi ruangan dan lain sebagainya. Lantas sudah siapkah kita untuk menyambut tamu istimewa ini?

Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu siapkan menjelang Ramadhan nanti, agar Ramadhan mu menjadi Ramadhan terbaik mu.

1. Berdoa agar kamu dapat bertemu Ramadhan dalam kondisi terbaikmu

Masalah umur tentu tidak ada yang tahu, meski sudah tinggal beberapa hari lagi tapi tidak ada jaminan bahwa kita pasti akan bertemu Ramadhan. Disisi lain tentu kita tidak ingin memulai Ramadhan dalam kondisi sedang sakit atau tidak vit bukan? Oleh karena itu berdoa agar dapat dipertemukan kembali dengan Ramadhan dalam kondisi terbaik nampaknya perlu dilakukan.

Guna mewujudkan hal tersebut sambil berdoa kita juga harus menjaga kebugaran tubuh kita, minum air yang cukup, rutin berolahraga serta memakan makanan yang bergizi, dengan demikian kita akan menyambut Ramadhan dalam keadaan sehat dan bugar.

2. Kalo kamu masih ada hutang puasa Ramadhan kemarin, jangan lupa bayar yah!

Advertisement

Hal ini yang kadang suka kita lupakan, yaitu utang puasa di Ramadhan tahun lalu. Ada banyak penyebab kita berhutang puasa, bisa karena sakit, sedang diperjalanan (musafir), sedang menstruasi bagi perempuan atau sedang hamil. Sekarang coba kamu ingat ingat, ada utang puasa Ramadhan kah di tahun lalu? Jika ada, selagi masih ada waktu segerakan bayar utang puasanya yah, jangan ditunda-tunda!

3. Mulai cari ilmu seputar Ramadhan dan puasa Ramadhan

Mencari referensi seputar Ramadhan, baik melalui media online, buku, atau langsung hadir dalam berbagai majelis ilmu merupakan hal yang sangat baik kita lakukan dalam rangka mempersiapkan diri menjelang bulan Ramadhan.

Kita bisa mencari tahu terkait dengan keutamaan Ramadhan, amalan-amalan utamanya, yang membatalkan puasa, perayaan idul fitri, dan lain sebagainya. Selain mendapatkan pahala dari mencari ilmu, kita juga akan menjadi lebih semangat dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan.

4. Bagi kamu yang akan beli baju baru untuk idul fitri, sekarang lah saat yang tepat!

Beberapa hari sebelum Ramadhan merupakan hari terbaik untuk membeli baju baru, bagi kamu yang ingin merayakan idul fitri dengan baju baru. Mengapa? Karena pada saat Ramadhan apalagi menjelang idul fitri, dapat dipastikan mall, ataupun berbagai toko pakaian akan kebanjiran pelanggan.

Daripada kamu berdesak desakan dalam kondisi berpuasa, berkeringat hingga dehidrasi, dan emosi mu menjadi tidak stabil, lebih baik kamu beli baju dari sekarang dengan kondisi yang lebih santai, jadi kamu bisa memfokuskan hanya untuk beribadah jika ada waktu luang di bulan Ramadhan.

5. Jangan lupa nabung dari sekarang, selain karena akan ada banyak undangan buka bersama, tapi juga agar kamu bisa memberikan sedekah terbaikmu saat Ramadhan.

Apakah kamu tau ada berapa undangan buka bersama nanti yang akan datang padamu? Bisa jadi temanmu dari SD, SMP, SMA, kuliah, rekan kerja, teman seorganisasi, sahabat, kepanitiaan, dan lain sebagainya, semua akan menawarimu untuk hadir di agenda buka bersama mereka, sedih bukan jika kamu juga tidak ada uang untuk menghadiri undangan tersebut?

So, kamu harus mempersiapkan keuanganmu dari sekarang! Tapi jangan lupa, sisihkan uangmu jangan hanya untuk agenda buka bersama saja.

Salah satu ibadah utama dalam bulan Ramadhan ialah bersedekah, dimana pahala dari sedekah ini akan diganti dengan berlipat ganda bahkan bisa sampai 700 kali lipat. Suatu kesempatan yang hanya ada di bulan Ramadhan saja, maka agar dapat mengoptimalkan sedekahmu nanti, tidak ada salahnya jika kamu mulai merencanakan berapa banyak uang yang akan kamu keluarkan untuk sedekah di bulan Ramadhan nanti.

6. Bagi kamu yang jarang puasa Sunnah, mulai dicoba untuk puasa Sunnah dari sekarang, hitung-hitung pemanasan sebelum Ramadhan.

Mudah karena terbiasa. Bagi kamu yang merasa puasa satu bulan penuh adalah hal yang sulit, maka menjelang Ramadhan ini kamu bisa mempersiapkan diri dengan membiasakan puasa Sunnah.

Ada beberapa puasa Sunnah yang bisa kamu lakukan, ada puasa senin kamis, atau kalau mau ada juga puasa daud, puasa yang berseling satu hari, hari ini kamu puasa, besok tidak, tapi esoknya lagi kamu puasa, begitu seterusnya. Puasa Sunnah akan melatih kamu untuk terbiasa untuk menghadapi puasa satu bulan penuh.

7. Sekarang saat yang tepat untuk kamu hunting tempat bukber yang seru bareng keluarga, sahabat, rekan kerja, dan orang-orang terdekatmu yang lain.

Salah satu keseruan yang ditunggu saat Ramadhan ialah momen berbuka puasa. Disamping terdapat keberkahan karena kita telah menjalankan ibadah berpuasa selama satu hari penuh, disana juga terdapat hangatnya kebersamaan saat kita berbuka bersama dengan orang-orang yang kita kenal, seperti keluarga, teman, rekan kerja, sahabat dan lain sebagainya.

Dalam rangka memaksimalkan kesan terbaik saat berbuka puasa, lebih baik mulai dari sekarang kamu list tempat bukber yang seru untuk kamu datangi bersama kerabatmu. Jika kamu hunting tempat makan saat puasa, yang ada malah bisa menurunkan pahala puasa mu lho, karena kamu nanti akan tergiur dengan gambar-gambar makanan yang kamu cari di internet dan waktu mu bisa habis bukan untuk ibadah tapi untuk browsing.

Oleh karena itu, mulai list dari sekarang, jadikan momen berbuka mu nanti sebagai momen tak terlupakan di tempat yang menyenangkan juga.

8. Apa kabar Al Quranmu? Kalo kamu jarang membaca atau membuka lembaran Al Quran mu, yuk mulai hari ini selalu kita luangkan waktu untuk membaca Al Quran.

Bulan Ramadhan adalah bulannya Quran, pada bulan itu Al Quran diturunkan pertama kali ke bumi, maka ada banyak sekali keutamaan yang bisa kamu dapatkan saat membaca Al Quran. Kadang kala kita malas membaca Al Quran karena kita jarang membukanya, dan merasa kurang fasih dalam membaca, masih tebata-bata, dan tidak kuat membaca lama-lama.

Well, kamu jangan sampai melewatkan momen Ramadhan nanti dengan banyak-banyak membaca Al-Quran. Untuk kamu yang punya masalah dalam membaca, solusinya ialah mulai rutinkan membaca dari sekarang, tidak apa kurang fasih atau tidak lancar, karena Allah akan melihat prosesnya, seberapa besar usahamu dalam membacanya. Kamu pun bisa mengikuti program belajar baca quran yang saat ini banyak tersedia dimana-mana dengan biaya yang terjangkau. Ambil Al Quran mu sekarang, kemudian kamu baca, lebih baik lagi kalo kamu juga baca artinya dan berusaha memaknainya, jadikan membaca Al Quran jadi kebiasaanmu, sehingga nanti saat Ramadhan kamu akan meraih banyak keberkahan dari banyaknya huruf Al Quran yang berhasil kamu baca.

9. Bulan Ramadhan ialah bulan ibadah, dimana setiap ibadahmu dari yang kecil hingga besar akan dibalas berkali lipat, mulai sekarang latih diri kita untuk mengerjakan banyak ibadah Sunnah di tiap harinya.

Banyak sekali hadits dan ayat Al Quran yang menjelaskan keutamaan ibadah Ramadhan, yang kamu pun bisa dengan mudah mencarinya seiring dengan era teknologi ini tanpa harus langsung datang ke Ustad. Satu hal yang keren, ibadah Sunnah yang kita jalankan di bulan Ramadhan pahalanya bisa dilipatgandakan bahkan bisa menyerupai ibadah wajib. Buat kamu yang belum pernah nyoba atau jarang melakukan ibadah Sunnah, dari sekarang bisa banget dimulai.

Memang apa saja? Ada banyak sekali, ada shalat dhuha, tahajud, sedekah, shalat rawatib (shalat Sunnah sesudah atau sebelum shalat wajib), atau ibadah sosial yang sederhana, seperti menjalin kembali silaturahim, senyum kepada sahabat, membantu teman yang kesulitan dan lain sebagainya.

Semua hal akan menjadi ibadah ketika kita niatkan tulus untuk beribadah, maka jadikan setiap aktifitasmu selalu berada dalam koridor agenda kebaikan sesederhana apapun itu, dan biarkan benih-benih keberkahan menemani setiap langkahmu.

10. Mulai rapikan kembali manajemen tidur kita, biasakan untuk bangun minimal jam 4 pagi dan mengurangi tidur larut malam.

Bulan Ramadhan kita dituntut untuk bangun sahur sekitar jam 4- setengah lima pagi. Santap sahur juga jangan dianggap sepele, karena kata Rasulullah terdapat keutamaan dalam waktu sahur. Agar kamu tidak telat bangun sahur, maka kamu harus atur ulang manajemen tidurmu.

Usahakan untuk sudah mulai tidur minimal dari jam 10, dan bangun kembali jam setengah 4 atau jam 4 pagi. Mengapa? Karena pada dasarnya waktu terbaik untuk mengistirahatkan badan ialah saat setelah ibadah shalat isya dan waktu terbaik untuk bangun ialah di sepertiga malam terakhir.

Buat kamu yang masih suka tidur larut malam, dan bangun setelah matahari terbit, mulai sekarang mulai biasakan untuk mengatur ulang waktu tidurmu. Dengan demikian kamu akan terbiasa dengan ritme puasa Ramadhan.

11. Untuk kamu yang Ramadhan tahun ini tidak bersama keluarga, jangan sedih, kamu bisa menyibukkan diri dalam berbagai kegiatan sosial.

Ramadhan tanpa bersama dengan keluarga sering terjadi terutama untuk mahasiswa rantau yang mencari ilmu jauh dari rumahnya. Biasanya mereka yang merantau ini akan merasakan kerinduan yang amat sangat dan rasa sedih karena tidak membersamai Ramadhan bersama keluarga. Tapi tentu hal ini tidak akan membuatmu larut dalam kesedihan dan tidak produktif bukan?

Jadikan momen ini untuk membuatmu mencari inspirasi dari berbagai agenda kebaikan yang kamu lakukan. Misalnya kamu bisa ikut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sosial saat bulan Ramadhan, buka bersama dengan anak yatim, berbagi dengan anak jalanan, penyapu jalan, panti jompo, yayasan-yayasan dan lain sebagainya.

Ada banyak sekali hal yang bisa kamu lakukan, dan nantinya bisa kamu ceritakan ke keluargamu saat kamu berkomunikasi via telepon atau bertemu menjelang hari raya kelak, yang pasti jadikan ramadhanmu sebagai Ramadhan yang produktif.