Mencintaimu sebatas punggung, merangkul sebatas bayangan, memeluk sebatas impian dan memiliki sebatas khayalan.

Cinta itu penuh arti tapi tidak semua cinta ada artinya.

Nafsu mengatakan wanita cantik karena rupa dan fisiknya, akal mengatakan wanita cantik karena kepintarannya, sedangkan hati nurani mengatakan wanita cantik atas dasar akhlaknya. Di dalam kata PASangan, ada kata PAS. Jika tidak ada kata PAS dia hanya menjadi "angan", lalu ketika putus karena cinta sebatas angan, orang pun menuangkan derita batinnya dalam penggalan lirik lagu "seberkas cinta yg sirna ; kau sayat luka baru diatas luka lama, coba bayangkan betapa sakitnya. Ternyata mengagungkan cinta harus ditebus dengan duka lara, tetapi akan tetap kuhayati hikmah sakit hati ini, telah sempurnakah kekejamanmu." Naluri manusia selalu berusaha untuk bangkit dan membesarkan hatinya sambil berucap,

cinta yang agung tak harus memiliki, cinta yang agung adalah ketika kamu menitihkan air mata dan masih peduli terhadapnya meski sudah putus, cinta yang agung adalah ketika dia tidak mempedulikanmu dan kamu masih menunggunya dengan setia, cinta yg agung adalah ketika dia mulai mencintai orang lain dan kamu masih bisa tersenyum sambil berkata "aku turut berbahagia untukmu."

Namun apabila cinta tidak berhasil, segera bebaskan dirimu, biarkan hatimu kembali melebarkan sayapnya dan terbang ke alam bebas, ingatlah bahwa kamu mungkin menemukan cinta dan kehilangannya. Tapi ketika cinta itu mati, kamu tidak perlu mati bersamanya.. Jika ingin kembali mencinta dan dicintai carilah pasangan yg tidak meninggalkan sang Maha Cinta, karena kalau Tuhannya saja dia tinggalkan maka jangan pernah berharap dia tidak akan pernah meninggalkanmu. Cinta adalah anugerah yang terindah dan cinta tidak pernah salah, sikap kitalah yang kadang terbelah, di sisi lain kita mengejarnya tanpa lelah, di sisi lainnya kita terluka parah, namun semuanya adalah hikmah. Belajarlah dari cinta, banyak hal berharga di sana.