Suatu hari, Bejo sedang duduk santai di teras rumah. Sambil menyerumput secangkir teh hangat, pikirannya menerawang pada masa kini, masa depan yang setia ia rapalkan, serta hatinya meringis menahan kelu.

Tiba-tiba handphone Bejo berbunyi, tanda ada pesan masuk. Tanpa pikir panjang ia segera mengambil handphone yang terletak di samping kiri dan membaca pesan tersebut :

"PEMBERITAHUAN…Disampaikan bahwa rekening BNI Anda terpilih dapat cek 27 jt dari BNI TAPLUS, kode Triple cek (02599875). Klik www.hadiahbni2015.co.vu"

Seketika senyum simpul mengembang di pipinya, lantas berlari ke kamar mengambil laptop.

"Kakak ngapain lari-lari ?" Tanya adik Bejo

Advertisement

"Kakak dapat cek 27 jt!"

"Oh ya? Hahaha.. Selamat deh kak"

***

Saat membuka link yang diberikan, Bejo disuguhkan foto satu keluarga, uang ratusan ribu super banyak, ATM BNI, meja yang dilengkapi pajangan foto, tulisan 46 ribu pemenang setiap hari, dipadu dengan warna biru kehijauan. Di samping kiri ada tulisan selamat datang di webst resmi kami serta gambar-gambar yang menyangkut BNI. Di bagian tengah adalah ulasan atau latar belakang promo berhadiah serta pemberitahuan call center dan alamat website.

Kemudian Bejo mengeser kusor ke arah tab "daftar pemenang" ia menemukan rincian berupa no, nomor hp/telepon, triple cek, nama, nomor rekening, KCP a/u cabang, dan hadiah.

Bergeser ke Tab "penanggung jawab" ada foto Bapak dan Ibu Gubenur DKI Jakarta, Ketua KPK, Kalpori dan surat resmi kepolisian.

Setelah Bejo menelurusuri website tersebut, ia menemukan banyak keanehan.

Apakah itu ?

1. Link yang diberikan berakhiran dot co dot vu.

2. tulisan selamat datang di webst resmi kami tampak tidak rapi dan meragukan

3. Call Centere 021-3030-4497 atau 085722243445

4. Gambar-gambar mengenai BNI tampak hasil copas dari google images.

5. Salah satu kolom KCP a/u cabang di tab daftar pemenang tertera BRI unit Bungku Posko dan Mandiri Surabaya.

Banyak tulisan yang typo dan disingkat-singkat, Seperti :

a. Call Center > Call Centere

b. Web > Webst

c. Pencantuman > pencantungan

d. Triple > Triplle

e. Yang > yg

f. Lengkap > lenkap

Rasa keinginan Bejo memuncak, arah matanya semakin fokus menatap layar laptop. Jemari-jemarinya dengan cekatan mengklik-klik objek yang ditemukan.

Hingga akhirnya …

> Alamat website BNI yang benar www.bni.co.id

> Tampilan website lebih rapi dengan warna dasar orange

> Call Center 500046

***

Bejo menjatuhkan tubuhnya di atas kasur, memejamkan mata sesaat, lalu berkata :

Setiap manusia dianugerahkan kepintaran, daya kreativitas, kemampuan bertahan, dan tentu tubuh ini. Sudah sepantasnya menggunakan dengan baik dan benar. Karena pencapaian tertinggi dari kepintaran dan kreativitas adalah memberi 'nyawa' bagi orang lain.