Hampir di setiap film atau vidio klip menampilkan romantisme matahari tenggelam di pinggir pantai. Kesannya, matahari terbenam adalah hal yang selalu ada untuk melengkapi kisah romantis. Selain matahari terbenam dan pantai juga ada beberapa faktor pendukung lain, bahkan paling penting, yaitu PASANGAN. hal romantis tanpa pasangan yaa bukan romantis lagi namanya, tapi miris! pasangan ini bisa berlainan jenis atau bahkan sesama jenis (uhuk!). sungguh tragis. padahal nih yaa, seharusnya kita menghindari matahari tenggelam loh. Ada beberapa alasan yang terpaksa harus saya utarakan, karena mindset MATAHARI TERBENAM adalah hal yang ROMANTIS itu tidak benar ! mengapa begitu? let me explain you the reason!

#1 MATAHARI TERBENAM ADALAH WAKTUNYA BERIBADAH

bagi umat muslim, jam matahari terbenam menunjukkan waktunya untuk sholat maghrib. Dari anak kecil sampe orang dewasa, pasti disuruh masuk ke rumah untuk mandi, berwudhu, sholat lalu mengaji. Di bulan ramadhan pun, waktu matahari terbenam adalah saatnya berbua puasa. kalo saya sih yaa lebih pilih makan, mengenyangkan perut setelah kosong seharian, daripada ngeliatin matahari terbenam. Romantis? mana kenyang makan cinta?!

#2 MATAHARI TERBENAM ADALAH WAKTUNYA SETAN KELUAR

Inget nggak waktu kita kecil, ibu kita selalu ngomel nyuruh kita pulang ke rumah tiap matahari mulai terbenam. Yups, matahari terbenam di oercaya sebagai waktunya para setan demit dan jin untuk keluar mengganggu manusia. Entah kenapa para demit ini berani keluar cuma kalo malam. Mungkin dia silau lihat matahari. Nah, di saat matahari terbenam ini, waktunya kamu menyeret langkah kaki mu untuk kembali pulang. jadi apa yang bisa dinikmati dari matahari terbenam selain emlihat setan jin dan demit yang mulai berkeliaran?

Advertisement

#3 MATAHARI TERBENAM HARI MULAI MALAM TERDENGAR BURUNG HANTU SUARANYA MERDU

Ada batas yang sangat tipis antara gelap dan terang. selisihnya enam puluh menit, bahkan kurang. Matahari terbenam, mengantar kita menuju kegelapan malam. Dan yang namanya gelap, sering kali membuat kita teringat memori masa silam. Malam gelap membawa kita pada kenangan yang seringnya sulit kita lupakan. bagi para pecinta, malam adalah waktu yang sangat menyiksa. Dan indikator malam adalah matahari yang mulai terbenam. Jadi matahari terbenam adalah indikator kesedihan akibat memori yang sulit dilupakan. Apalagi jika suara burung hantu terdengar semerdu suara mantan kekasih. Sakit hati hayati, bang!

#4 MATAHARI TERBENAM ITU MURAM

Kalo ada hal yang paling tidak romantis di dunia ini, itu pasti matahari terbenam! kalo masih ngga percaya, coba aja dengerin lagunya CHRISYE. surya tenggelam di telan kabut kelam. Senja nan muram di hati remuk redam. Sedih kan? muram kan? yup, jika matahari mulai terbenam, kita akan menyadari bahwa sehari lagi telah terlewati. Apakah sepanjang hari ini kita sudah melakukan sesuatu yang berarti? atau malah terjebak rutinitas tanpa arti? mengikuti arus lautan manusia yang menjadi normal dengan bekerja, hingga kehilangan semangat berkarya atau menolong sesama. hanya demi biaya. hanya untuk mencari dana. Hanya untuk membayar cicilan yang entah sudah tunggakan ke berapa. Jika pada senja kali ini kamu masih merasa tak berarti, jangan ikuti rutinitasmu. Bergeraklah melawan arus. temukan apa yang kau mau. apa yang kau cari. sehingga hidup terasa lebih hidup!

#5 MATAHARI TERBENAM, WAKTUNYA UNTUK PULANG

Pulang disini memiliki banyak arti. pulang ke rumah setelah seharian bekerja. pulang ke rumah setelah seharian bermain. Sejauh apaun kita pergi, sekencang apapun kita berlari, pada akhirnya kita akan tetap kembali. Ke sebuah tempat yang kita sebut rumah. tempat untuk pulang. melepas penat dan beban pikiran. Lebih indah jika disana, ada seseorang yang menyambut kita, yang senang bila kita datang. karna pada akhirnya pernikahan bukanlah romantisme dalam menikmati matahari terbenam. Tidak. pernikahan adalah tentang bertahan dalam suatu hubungan. karena menikah adalah untuk membina persahabatan bersama teman. Ya, teman. teman hidup. teman bicara sampai tua.

Benar kan, matahari terbenam itu ngga romantis. bukan mataharinya yang bikin romantis, tapi justru kegiatan dibalik itu semua. karena matahari terbenam mengajak kita memutar langkah kaki untuk melawan arus jutaan umat manusia yang bergerak dalam rutinitas, matahari terbenam mengajak kita menciptakan aksi yang akan terkenang dalam memori, matahari terbenam mengajak kita untuk pulang untuk membangun persahabatn bersama teman hidup yang setia sampai tua. lebih baik lagi jika itu dinikmati bersama secangkir teh hangat dan sejuta kisah untuk diceritakan.

Selamat menikmati matahari terbenam!