Saya yakin sebagian besar dari kalian setuju dengan frasa yang saya jadiin judul di atas. Ya, memang melupakan orang yang pernah kita sayang itu sama susahnya dengan mengingat kembali orang yang sama sekali belum pernah kita kenal.

Sebenernya apa sih yang jadiin kita begitu sulit buat melupakan mantan?

Menurut sepengamatanku, seenggaknya ada dua hal yang mengganggu tiap kali kita mau melangkah ke hati yang baru. Pertama, kenangan-kenangan indah yang terbangun, dan yang kedua, rasa nyaman dan kebiasaan laluin waktu dan ngelakuin semua hal bersamanya dalam jangka waktu yang lama.

Lalu, gimana caranya biar bisa cepet lupa sama mantan?

Buat yang satu itu, yang pertama mesti kamu lakuin adalah pahami dulu konsep bahwa move on itu bukan buat melupakan, tapi merelakan. Karena walau gimanapun, dia pernah menjadi orang yang kita sayang, yang gak mungkin bisa kita lupakan. Terus, kalo kamu udah paham soal itu. Tugas selanjutnya adalah memisahkan, antara orang dan kenangan. Maksudnya, tanya dulu sama hatimu, sebenernya siapa yang kamu kangenin? Mantan, atau kenangan indah bersamanya.

Advertisement

Karena itu adalah dua hal yang berbeda. Ingat kembali semua kenangan indah di masa lalu, dan coba kamu pikir ulang, bisakah semua kenangan itu dilakukan lagi dengan versi yg baru dengan orang yg berbeda?

Karena sebenernya yang indah itu momennya, bukan orangnya.

Tapi kalo kamu masih merasa; "enggak ah, dia emang spesial", coba deh inget kembali semua keburukannya, sifat-sifatnya yang bikin kalian berpisah. Apa kamu masih berfikiran hal yg sama setelahnya? Move on itu cuma soal waktu. Percayalah, setahun setelah kamu relakan dia, kamu bakal anggap dia itu gak lebih dari sekedar barisan para mantan yang pernah ada dihidupmu.