Perawatan tubuh bagi wanita merupakan hal yang sangat penting. Demi tampil cantik dan menarik, wanita rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk merawat tubuh mereka. Karena banyak hal yang harus dirawat – mulai dari rambut, wajah, kulit, bentuk tubuh, dan lainnya – masalah perawatan ini bisa dibilang menjadi hal yang merepotkan.

Tentu saja sesuatu yang merepotkan ini bisa menjadi hal sederhana dan mudah. Terutama dengan banyaknya tips serta kecantikan wanita yang dapat dengan mudah diakses lewat internet.

Pada dasarnya untuk melakukan perawatan tubuh dapat dilakukan melalui cara alami. Cara ini merupakan yang paling aman karena tidak memakai make-up maupun bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi kulit.

Untuk tampil cantik dan menarik, perawatan kulit menjadi hal dasar yang wajib diperhatikan. Dengan kulit yang cerah, bersih dan sehat, kecantikan kamu akan semakin terpancar. Inilah alasan mengapa wanita lebih memprioritaskan perawatan kulit dahulu sebelum yang lain.

Mendapatkan Kulit Putih dengan Perawatan Tubuh Alami

Advertisement

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan kulit putih yang sehat dengan cara alami. Cara-cara berikut tidaklah sulit ketika kamu mengerti cara melakukannya. Keuntungan lain melakukan perawatan tubuh dengan cara alami adalah, kamu tidak memerlukan biaya besar. Selain itu proses yang dijalankan tidak membutuhkan waktu lama sehingga tidak akan mengganggu kesibukan kamu.

Kulit wajah lembut, halus, dan cantik tentu menjadi idaman setiap wanita. Beberapa tips berikut sudah terbukti memiliki dampak positif untuk kecantikan kulit dan perawatan tubuh secara alami:

1. Memanfaatkan minyak kelapa

Minyak kelapa tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Bahan alami yang terkandung dalam minyak kelapa bermanfaat untuk menghaluskan dan melembutkan kulit. Efek lainnya, dengan minyak kelapa kulit kamu akan semakin bersih, menghindari jerawat, dan mencegah kerusakan kulit lainnya. Untuk menggunakannya, minyak kelapa dioleskan secara merata ke permukaan tubuh mulai dari wajah, tangan, punggung, dan kaki. Pastikan dulu wajah kamu tidak tertutup oleh make-up.

2. Susu

Kamu dapat memakai susu untuk mengurangi bintik hitam di wajah. Caranya adalah mencuci muka dengan susu menggunakan kain pencuci muka. Tuang beberapa tetes susu pada kain dan gosoklah wajah secara pelan dan lembut. Dengan kandungan alami, susu dapat menghilangkan sel-sel kulit mati yang membuat wajah menjadi kusam.

3. Alpukat

Buah alpukat mengandung vitamin yang lengkap, mulai dari vitamin A, C, dan vitamin E, zat besi dan protein. Kandungan ini dapat membantu memutihkan kulit secara alami dan tradisional. Untuk perawatan kulit wajah dengan alpukat, kamu dapat menghaluskan buah ini dengan air bersih dan mengoleskannya pada permukaan kulit wajah dan tubuh. Untuk hasil maksimal, biarkan selama 15 menit sehingga kandungan alami buah ini akan meresap di kulit kamu. Untuk kamu yang gemar menggunakan make-up, cara ini juga dapat membantu menghilangkan sisa-sisa riasan wajah dengan efektif.

4. Jeruk nipis

Menggunakan jeruk nipis sebagai perawatan wajah sudah sangat umum bagi wanita modern. Jeruk nipis dapat membantu memutihkan kulit kusam dan menjaga kelembaban kulit. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Kamu tinggal menyiapkan beberapa sari jeruk nipis yang dicampur dengan putih telur. Gosokkan jeruk tersebut di wajah secara perlahan.

5.Pepaya

Buah pepaya tidak hanya sebagai pelengkap makanan ataupun sayuran. Kamu bisa memanfaatkan kandungan enzim papain. Enzim ini sangat ideal sebagai bahan pemutih kulit alami. Satu sendok makan pepaya hijau yang telah dihaluskan dan dicampur dengan satu sendok makan pepaya masak sudah cukup untuk memulainya. Oleskan pepaya ini pada wajah lalu biarkan selama 15 menit sebelum dibilas. Untuk hasil optimal, kamu bisa melakukannya secara rutin.

6. Yogurt

Yogurt yang dicampur dengan sedikit madu dapat menjaga kelembaban kulit. Cara ini dilakukan dengan mengoleskan yogurt di kulit wajah, dibiarkan sejenak selama 10 menit sebelum dibilas dengan air. Melakukan hal ini secara rutin akan menghaluskan kulit wajah kamu.

7. Kentang

Kentang yang diolah menjadi jus sangat bermanfaat sebagai bahan pemutih kulit. Setelah kentang diparut, campurkan dengan satu sendok teh madu. Jus ini dapat digunakan di area sekitar kulit wajah dan leher selama 20 menit sebelum dibilas. Keuntungan dari jus kentang ini adalah dapat digunakan untuk semua jenis kulit.

Setelah melakukan beberapa perawatan kecantikan kulit di atas, tentunya kondisi kulit kamu akan semakin cerah dan sehat. Apalagi jika kamu melakukannya secara teratur.

Namun melakukan itu semua tidaklah cukup. Kamu juga harus mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan kulit kamu hitam dan kusam. Hal ini diperlukan agar perawatan tubuh yang kamu lakukan tidak terbuang percuma.

Memulai dengan Gaya Hidup Sehat

Beberapa gaya hidup berikut sebaiknya kamu hindari dan kurangi mulai dari sekarang agar tidak mengganggu kesehatan kulit dan wajah:

– Merokok. Gaya hidup dengan rokok adalah tipe kebiasaan yang tidak sehat.

– Jarang mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran

– Kurang waktu tidur dan istirahat

– Berada di area polusi udara terlalu lama

– Terlalu sering mandi menggunakan air panas yang menyebabkan kulit menjadi kering dan rusak.

Merawat tubuh dan kulit secara natural tidaklah sulit. Semua dapat kamu lakukan di mana saja dan kapan saja. Yang harus diperhatikan adalah kualitas bahan yang digunakan. Menggunakan bahan alami yang kurang bagus tidak akan berdampak baik bagi kesehatan kulit kamu.