Istilah game sudah tidak asing lagi di telinga kita. Kata game merujuk pada kata video game yang merupakan salah satu bukti dari pesatnya perkembangan dunia IPTEK. Saat ini hampir semua gadget yang kita miliki pasti dilengkapi dengan fitur permainan atau yang lebih dikenal dengan istilah game. Perkembangan game selalu mengikuti perkembangan gadet.

Seperti yang kita ketahui, pesatnya perkembangan dunia game sekarang ini telah membawa dampak buruk didalam masyarakat khususnya kalangan remaja. Hal ini terbukti dengan dikembangkannya game berbasis Massive Multiplayer Online (MMO) yang menyebabkan menjamurnya warnet-warnet yang digunakan remaja untuk bermain game online.

Pertanyaan yang muncul adalah apakah game itu bermanfaat atau hanya membawa dampak yang negatif saja? Nah, pertanyaan-pertanyaan inilah yang mendorong penulis untuk menulis artikel ini.

Sebenarnya banyak sekali manfaat game namun sayangnya hanya sedikit dari kita yang menyadari hal itu. Manfaat game antara lain :

1.Mehilangkan Stress dan Kejenuhan

Advertisement

Secara sadar atau tidak sadar hampir semua orang pasti pernah merasakan manfaat ini karena hal ini merupakan tujuan umum dibuatnya game, walaupun kelihatannya sederhana namun hal ini merupakan salah satu manfaat sebuah game.

2.Menambah Teman

Ya, dengan bermain game berjenis MMO (Massive Multiplayer Online) kita pasti akan berinteraksi dengan orang lain didalam game secara berkala dan lama-kelamaan kita akan saling mengenal hingga pada akhirnya akan menjalin pertemanan baik didalam game maupun diluar game.

3.Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris

Dengan bermain game yang berbasis bahasa inggris kita secara otomatis sudah belajar bahasa inggris walaupun masih dalam tingkat sederhana. Selain itu untuk menikmati game berjenis RPG (Role Playing Game) yang rata-rata berbahasa inggris kita setidaknya harus bisa berbahasa inggris walaupun tidak lancer. Dengan demikian game bisa menjadi faktor pendorong anak belajar bahasa inggris.

4.Memperluas Pengetahuan

Sebernarnya game bisa memperluas pengetahuan baik secara sadar atau tidak sadar. Namun banyak orang tidak sadar akan manfaat game yang satu ini karena mafaat ini baru akan muncul apabila seseorang sudah memenuhi kondisi tertentu, seperti sudah sangat mengenal game bahkan sampai ke ceritanya, orang yang bermain game sambil memahami isi dan cerita game tersebut, dll.

5.Sebagai Media Pembelajaran

Sebernarnya game game bisa saja digunakan sebagai media pembelajaran namun mafaat ini hanya terbatas untuk game yang sengaja dikembangkan sebagai media pembelajaran.

6.Menghasilkan Uang

Bermain game bisa saja menghasilkan uang, namun untuk manfaat ini hanya sedikit orang yang pernah merasakannya karena kondisi yang harus dipenuhinya sangat sulit seperti harus sangat mengenal game sampai kedalam celah-celah sistem yang bisa dimanfaatkan, harus bermain game dalam jangka yang lama.

Bermanfaat tidaknya suatu game itu dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain : Pertama, siapa yang memainkan?, kedua, apa jenis game yang dimainkan?, Ketiga, bagaimana cara game dimainkan?. Dengan sedikit perbedaan dari faktor-faktor diatas akan membawa perbedaan yang besar, misalnya dua orang remaja sedang memainkan sebuah game bersetting perang yunani dan romawi kuno, orang pertama hanya memainkan game tersebut tanpa mencoba memahami unsur-unsur maupun cerita didalam game. Berbeda dengan orang kedua, dia bermain sambil mencoba memahami cerita dan unsur-unsur di dalam game, yang menyebabkan dia belajar sejarah yunani dan romawi kuno secara tidak langsung. Jadi, bermanfaat tidaknya sebuah game itu kembali kepada diri kita sendiri.