Sahabat-sahabat Hipwee pasti pernah mendengar ungkapan yang mengatakan begini "Semua perempuan itu cantik." Biasanya kita mendengar kata-kata seperti ini dalam wawancara atau talkshow dengan seorang idola yang kita terlihat luar biasa cantik. Saya pribadi tidak paham mengapa orang tersebut tega-teganya mengatakan bahwa semua perempuan itu cantik. Bagi saya ini adalah jawaban tidak jujur dan munafik.

Beruntung baginya karena dia terlahir cantik dan tahu bahwa dirinya cantik, begitu banyak orang yang memuji dia cantik maka demi rasa kemanusiaan agar tidak ada perempuan yang tersakiti dengan kecantikannya, maka dia mengatakan demikian. Kenyataannya, jujur sajalah, tidak semua perempuan terlahir cantik.

Cantik itu relatif, ada yang menganggap kulit putih-hidung mancung- alis tebal- bibir tipis- rambut hitam terurai itu cantik, tetapi bagi sebagian orang lain mungkin cantik itu kulit sawo matang- mata besar- bibir seksi- leher jenjang- rambut tebal bergelombang. Semua orang punya pendapat masing-masing tentang paket fisik yang disebut cantik.

Tetapi di dunia yang kejam ini, tidak banyak orang yang terlahir dengan paket lengkap seperti itu, apalagi kalau ditambah dengan otak cerdas, baik hati dan tidak sombong. Sebagian besar dari kita terlahir dengan alis botak, mata sipit tanpa lipatan mata, hidung pesek dan gigi tonggos. Akui saja, kalian tidak akan menganggap paket fisik seperti itu cantik bukan?

Tidak bisa dipungkiri kita semua sudah terpengaruh oleh banyaknya propaganda yang beredar di media tentang apa yang dianggap sebagai cantik oleh dunia. Opini kita secara tidak sadar terbangun setelah dibombardir dengan figur-figur yang dianggap cantik oleh masyarakat.

Advertisement

Tetapi seandainya pun tidak terjadi hal demikian, saya yakin bila ada dua perempuan disandingkan, perempuan pertama memiliki rambut hitam bergelombang- mata besar- bulu mata lentik- hidung mancung- senyum menawan dan perempuan kedua beralis tipis- tanpa lipatan mata- hidung pesek-gigi berantakan- dagu panjang, sebagian besar dari kita mungkin menyebut perempuan pertama lebih cantik, terlepas dari apakah tampilan fisiknya asli atau sudah diintervensi.

Saya yakin tidak ada kriteria pasti tentang karakter fisik apa saja yang dikategorikan sebagai cantik. Lalu mengapa banyak dari kita menganggap dirinya tidak cantik? Mungkin karena memang kita tidak cantik. Tidak cantik seperti perempuan lain yang tinggi semampai, bibir merah delima, sinar mata bagai lembayung senja, apalagi seperti para idola yang tampil di televisi. Ketidakcantikan kita mungkin sudah memberikan banyak pengalaman pahit bagi kita, banyaknya bullying yang harus kita terima, sekian banyak kesempatan yang tertutup karena tampilan fisik kita, kesulitan mendapatkan jodoh, kepercayaan diri yang makin lama makin menurun dan lain-lainl.

Kita ingin punya rambut seindah model majalah, ingin punya gigi putih bersih rapi seperti presenter di televisi, ingin punya alis tebal dan bulu mata lentik seperti artis-artis Korea. Kalau demikian yang kita diharapkan ya buatlah demikian, sederhana kan?

Sudah banyak sekali teknologi yang menawarkan akses menuju kecantikan tak terbantahkan. Kecantikan bisa dibuat dan bisa dimanipulasi.

Para model Victoria's Secret tidak ada yang benar-benar cantik bila tidak menggunakan riasan maksimal. Sebaliknya perempuan secantik Charlize Theron bisa jadi jelek sekali saat berperan sebagai Aileen Wuornoz di film Monster. Semuanya hanyalah ilusi. Tetapi sebelum kalian memutuskan untuk menggelontorkan uang demi memperbaiki penampilan kalian, adalangkah yang wajib kalian lewati terlebih dahulu. Langkah ini mutlak harus kalian lewati agar kalian tidak terjebak dengan kecantikan semu dan hanya sebatas fisik.

Pastikan self esteem kalian normal

Ini adalah langkah awal dan merupakan langkah yang paling penting. Self esteem atau harga diri adalah penilaian kalian tentang diri kalian sendiri, tentang apa adanya diri kalian, tentang apa yang kalian lakukan. Pastikan harga diri kalian berada di posisi normal, tidak rendah dan tidak terlalu tinggi. Pastikan saat kalian memandang diri kalian di cermin, kalian mampu bersyukur dengan tulus, kalian bisa menerima diri kalian dengan ikhlas, seluruh keberadaan kalian.

Tanyakan pada diri kalian, apakah kalian sudah betul-betul memahami diri kalian, apakah ada hal yang kalian sesali dalam diri kalian? Apakah saya masih memiliki luka yang belum terobati, apakah saya sudah berdamai dengan masa lalu, dengan semua hal yang pernah menyakiti saya? Apakah saya baik, saya cantik, saya sehat? Apakah saya mencintai diri saya sendiri? Jika saya mengubah alis ini, hidung ini, apakah itu akan merubah saya, merubah penilaian saya terhadap diri saya sendiri? Kenali diri kalian sedalam-dalamnya, renungkanlah baik-baik, apakah kalian sudah merasa cukup dengan diri kalian?

Apakah perubahan penampilan saya adalah bentuk ucapan syukur saya merawat anugerah dari Tuhan atau hanya untuk mengisi lubang kosong dalam hati saya? Saya ingin jadi cantik tetapi apakah saya akan baik-baik saja jika saya tampil jelek? Pastikan kalian melewati langkah ini sampai tuntas.

Jika harga diri kalian masih rendah dan kalian menganggap bahwa perubahan penampilan adalah satu-satunya cara mengubah diri dan kehidupan kalian, berhenti dan perbaiki dulu self esteem kalian! Memperbaiki penampilan tanpa memperbaiki harga diri kalian hanya akan membawa kalian tersesat makin jauh, jatuh makin dalam pada jurang kehampaan hidup dan keputusasaan.

Kalau kalian sudah memperbaiki batin dan harga diri kalian dan kalian masih merasa perlu untuk memperbaiki tampilan fisik kalian, maka lakukanlah sesuai porsinya, sesuai kondisi finansial kalian. Tidak perlu berlebihan, karena kalian pasti masih ingin mengenali wajah kalian saat bercermin kan? Jangan sampai orang-orang jadi tidak mengenali kalian lagi.

Selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah meningkatkan wawasan dan memperbaiki perilaku kalian juga. Kalian tentunya tidak ingin kan disebut "cantik-cantik bloon" atau "cantik-cantik kelakuannya gak bener", maka beriringan dengan perubahan penampilan kalian, brain dan behaviour kalian juga harus ditingkatkan agar semuanya menjadi selaras dan kalian jadi cantik maksimal.

Saya termasuk orang yang menganggap first impression itu sangat penting, penampilan yang baik dan berkesan akan membawa kalian pada hal-hal yang tidak terduga dan bisa menjadi satu-satunya pembatas antara terbukanya kesempatan baru atau kehilangan kesempatan sekali seumur hidup. Dan penampilan berkesan tidak hanya sebatas rambut terurai atau alis yang rapi tetapi juga dari pemilihan pakaian, bahasa tubuh, cara berbicara, dan lain-lain. Selamat mencoba ya! Semoga kita semua jadi pribadi yang lebih baik luar dalam, lahir batin!