Di balik kata organisasi sebenarnya, ada kerjasama dalam saling mendukung untuk menjadi lebih baik. Bukan saling menjatuhkan untuk memegang kendali. Organisasi itu wadah untuk saling berkumpul, bekerja sama secara rasional dan sistematis.

Kenapa organisasi seharusnya lebih pantas di pegang oleh orang 'bodoh' dan 'gila'? Ini alasannya buat kamu yang mau berorganisasi tapi, cenderung diam saat ditentang dan tidak dapat mengeluarkan pendapat.

1. Organisasi itu tempatnya berkumpul

Bagi orang yang pintar, organisasi di jadikan wadah untuk mengendalikan. Tapi, bagi orang 'bodoh' dan 'gila' organisasi jadi ajang untuk saling diskusi dan musyawarah menuju hal yang lebih baik tanpa saling menyikut.

2. Organisasi itu tempat menyatukan visi dan misi

Advertisement

Tapi, pada kenyataannya di lapangan yang sering terjadi adalah saling menjatuhkan. Satukan dulu visi dan misimu baru berorganisasi. Orang 'bodoh' meneliti dulu visi dan misinya biar kemudian tidak salah langkah dan berakhir menjatuhkan. Kalau visi dan misinya menjadikan sesuatu yang lebih baik, orang 'bodoh' akan bertanya dengan lebih spesifik tentang apa yang akan dibangun terlebih dahulu.

3. Orang 'bodoh' cenderung meminta pendapat dan mencari jalan keluar masalah

Sedangkan, si'pintar' akan membuang yang menjadi penyebab masalah dan menggantikannya tanpa melihat catatan pribadi. Tapi, orang 'bodoh' akan mencari jalan keluar bersama. Bukankah musyawarah menuju mufakat itu lebih baik? Saling berdebat tapi, tidak menyikut namun, membangun.

4. Orang'bodoh' yang sebenarnya pintar

Mereka tidak mencari masalah baru justru menghindari masalah dan menjadikan setiap masalah sebagai evaluasi diri. Dan orang 'bodoh' terus belajar dan memahami apa arti organisasi. Meneliti tiap anggotanya, memahami anggotanya dan mengajak mereka untuk kerja sama bukan saling meninggalkan.

5. Orang 'bodoh' lebih berpikir maju hasil kecil daripada maju dengan hasil besar tapi, kosong

Orang 'bodoh' mencari akar masalah dalam organisasi. Menyelidiki tanpa menuduh. Memancing dengan umpan kecil untuk dapat hasil yang besar. Tidak mengeluarkan energi besar hanya untuk emosi tapi, mengeluarkan energi besar untuk berusaha.

6. Orang bodoh selalu bermimpi besar

Orang 'bodoh itu pemimpi yang pemimpin. Karena, mimpinya menjadikan dia kreatif dan terus berusaha menghasilkan karya baru agar semua dapat menikmati.

So, kamu mau jadi yang bagaimana?

Teruntuk teman yang menjadi Inspirasi siang ini