Persahabatan… Kita semua pasti tahu arti dari kata ini dan kita semua tentu memiliki sahabat. Persahabatan bisa saja dimulai ketika kita masih kanak – kanak ataupun ketika remaja bahkan saat dewasa dan usia persahabatan pun tak dapat kita prediksi berapa lama akan bertahan. Terkadang persahabatan yang sudah terbangun sekian lama bisa saja hancur karena hal – hal yang tidak kita duga bahkan terkadang karena hal yang sepele bisa merusak hubungan persahabatan yang sudah terbangun bertahun – tahun. Berkaitan dengan persahabatan ini, ada suatu filosofi yang bisa kita ambil dari gambar di atas:

Terbenam, dalam hubungan persahabatan tentu tak selalu berjalan dengan mulus, adakalanya karena keegoisan kita, hubungan persahabatan yang hangat bisa menjadi dingin. Hubungan persahabatan ibaratnya harus seperti matahari yang terbenam, biarkan ia terbenam dengan membawa segala persoalan kita dan esok akan terbit lagi membawa kehangatan dan harapan baru. Friendship like a sunset.

Langkah kaki, perjalanan persahabatan ibaratnya seperti langkah kaki yang tercetak di atas pasir pantai. Setiap kita melangkah, ombak akan datang dan menghapus jejak langkah kita tetapi jika kita terus melangkah maka jejak itu akan selalu ada. Artinya bahwa dalam persahabatan ada saat dimana kita saling berselisih paham satu sama lain, persoalan silih berganti ada dalam persahabatan tetapi jika kita tetap berkomitmen menjaga persahabatan, maka persahabatan akan tetap bertahan seperti jejak langkah kaki di pasir pantai. Friendship such as the footprints on the beach.

Memori atau kenangan yang kuat biasanya berasal dari hal – hal yang sederhana. Seperti gambar di atas misalnya, itu merupakan gambaran sebuah memori, terlihat sederhana namun itu akan tetap ada dalam ingatan. Begitupun dengan persahabatan, kita harus menciptakan memori yang kuat sehingga persahabatan dapat terjaga dengan baik. Friendship like a very powerful memory.

Arus, menurut Wikipedia Arus air laut adalah pergerakan massa air secara vertikal dan horisontal sehingga menuju keseimbangannya. Dalam persahabatan kita harus seperti arus yang kuat, walaupun bergerak vertikal dan horisontal tetapi menuju keseimbangan, persahabatan walaupun saling berbeda sifat, pendapat dan pola pikir tetapi harus selalu dijaga agar selalu seimbang. Friendship like an ocean current.

Advertisement

Sahabat bagaikan bintang di langit, kadang tak terlihat tapi selalu ada.