Hari gini nggak PeDe??

Percaya Diri alias PeDe memang bukan perkara gampang untuk sebagian orang. Untuk mereka yang kesehariannya sering merasa minder akibat beberapa sebab seperti keseringan di-bully, kurang komunikasi dengan teman atau lingkungan sekitar, atau karena keadaan yang menyebabkannya terus tertekan. Saya sedikit ingin memberi tips untuk membangkitkan atau meningkatkan rasa percaya diri teman-teman sekalian.

Pertama, kamu harus tanamkan rasa cuek alias “masa bodoh”. Masa bodoh yang dimaksud disini yakni kamu harus fokus pada dirimu sendiri tanpa melihat, mendengar dan memikirkan orang lain. Kamu harus memikirkan dirimu sendiri terlebih dahulu dan beranggapan orang lain tak punya urusan denganmu. Karena krisis percaya dirimu timbul disebabkan kamu terlalu sering memikirkan orang lain terlebih dulu ketimbang kamunya sendiri.

Kedua, kalau sudah fokus ke diri sendiri, sekarang coba ngaca deh. Eh maksudnya ngaca disini, coba perhatikan dirimu sendiri mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Kamu kurang PeDe salah satunya mungkin karena penampilanmu. Wajah dan rambut biasanya menjadi faktor dominan (selain pakain tentunya) disini. Jika jerawat jadi masalahmu, buruan beli sabun muka atau yang punya duit langsung nyalon alias ke salon buat facial.

Rambut juga bagian sensitif, terutama buat cewek. Jika sudah merasa kepanjangan, segerakan dipangkas atau merapikannya kalau tak ingin memotongnya coba ikat agar keliatan rapi. Jika memiliki rambut yang tidak lurus, tak pede dengan rambut ikal atau kritingmu kamu juga bisa lurusin di salon atau tutup dengan jilbab, dan buat cowok botak atau gundul, topi menjadi salah satu solusinya. Dirimu sendiri yang tau kelebihan dan kekuranganmu.

Ketiga, jika kamu tak PeDe dengan penampilanmu terutama pakaian, coba ganti style-nya. Yang simple-simpel aja, gak harus beli kok. Misal kamu sering pake kemeja, coba ganti pake kaos oblong atau menggabungkan keduanya. Celana panjangmu simpen dulu kalau sudah keseringan, coba pakai celana pendek atau celana 3/4, atau kamu yang sering pakai celana jins coba sekali-kali pakai celana kain atau sebaliknya.

Advertisement

Buat cewek coba deh pakai rok, siapa tahu kamu lebih imut dan bisa membuatmu lebih PeDe. Pemilihan motif dan corak pakaian juga berpengaruh pada penampilanmu.

Keempat, jika kamu kurang PeDe karena keseringan di bully coba deh cari tahu kamu di bully karena apa. Biasanya korban bullying adalah yang paling berbeda dengan yang lain. Cari tahu dan perbaiki diri. Misal karena kamu paling gemuk diantara yang lain, kamu bisa berusaha turunkan berat badanmu dengan berolah raga atau kamu yang kurus kerempeng menjadi bulan-bulanan temanmu.

Kamu bisa naikkan berat badan dengan minum susu dan menambah porsi makan serta mengatur pola makan tentunya. kalo kamu sudah sama dengan lainnya, kamu tak akan menjadi korban bully lagi, percaya deh atau malah kamu bisa membully teman lainnya. Atau jika kamu memang ditakdirkan berbeda dengan yang lain, kamu bisa memanfaatkannya sebagai kelebihanmu.

Jadikan perbedaan atau keunikanmu sebagai kelebihanmu.

Kelima, jika komunikasi yang menghalangi rasa percaya dirimu. Coba latih cara bicaramu, karena komunikasi tak cuma teori namun praktek. Jika kamu terlalu takut untuk mengungkapkan sesuatu, coba bicara pada diri sendiri dengan mengeluarkan suara bukan di dalam hati, menggunakan cermin juga bisa karena tak hanya bisa mendengar suaramu, kamu bisa melihat ekspresi wajahmu saat berbicara.

Lalu coba praktekkan untuk berdialog dengan teman terdekatmu, jika berhasil kamu bisa dengan PeDe ngobrol dengan orang lain.

Bahasa adalah alat untuk berkomunikasi, agar komunikasimu lancar, simpelkan bahasamu.

Keenam, jika keadaan yang membuat rasa percaya dirimu berkurang sehingga membuatmu tertekan. Yakinlah jika setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Dan Tuhan tak memberikan cobaan diluar batas kemampuan Hambanya. Kamu juga bisa bercerita masalahmu kepada orang-orang terdekatmu.

Tak usah sungkan atau takut membebaninya karena mereka akan dengan senang hati membantu jika mereka bisa, atau jika kamu tidak menceritakannya justru mereka sendiri yang merasa aneh dengan perubahan sikap dan sifatmu. So, just talk and be Confident!.

Share masalahmu dengan orang terdekatmu, agar rasa tertekanmu sedikit berkurang bahkan bisa jadi mendapat solusi.

Ketujuh, kurang percaya diri juga disebabkan karena kamu terlalu kolot, kurang update atau kurang pengetahuan tentang dunia luar sehingga saat diajak ngobrol dengan temanmu kamu tak satu frekuensi alias gak nyambung. Nah kamu bisa follow atau like FanPage yang memberikan info terkini, tips n trik serta hal-hal bermanfaat lainnya di media sosialmu. Di Hipwee ini misalnya. So, kamu bisa PeDe dengan modal pengetahuan yang kamu punya.

Yang terakhir, jangan mencoba menjadi orang lain! Kamu kurang PeDe karena tak bisa menjadi seperti dia temanmu atau artis idolamu. Jadilah dirimu sendiri. Karena Semirip apapun kamu dengan orang yang kamu tiru, kamu tetaplah kamu, dan orang lain adalah orang lain. Justru Tuhan menciptakan manusia berbeda-beda untuk saling berpasang-pasangan.

So, Be Yourself, Be Unique Person and Be Confident!!!