Setiap empat tahun sekali, hampir semua negara di seluruh dunia berkumpul di satu tempat untuk merayakan sebuah event, yaitu Olimpiade. Olimpiade sudah menjadi suatu ajang yang penting bagi manusia semenjak di era Yunani Kuno. Sekarang, acara yang merupakan ajang unjuk bakat atletik ini juga menjadi bagian penting budaya pop di mana saja, termasuk Indonesia. Setiap empat tahun, awal mula acara Olimpiade selalu menarik perhatian warga dunia karena upacara pembukaannya yang selalu megah dan penuh kegembiraan.

Selain acara penyalaan obor dan juga upacara pembukaan, parade negara-negara peserta juga menjadi ajang yang menarik untuk dilihat terutama dari segi mode dan fashion. Contohnya, tahun ini Indonesia sempat mencuri perhatian masyarakat dunia dengan kostum atau seragamnya yang megah dan menarik. Tentunya, ada banyak negara yang juga memberikan pertunjukkan menarik dengan seragam mereka di Olimpiade 2016 yang diselenggarakan di Rio de Janeiro, Brazil. Mau tahu siapa saja yang berhasil menonjol di ajang parade negara peserta Olimpiade 2016? Langsung aja cek!

1.Seperti keluar dari dunia Harry Potter, tim Montenegro terlihat cantik dengan seragam serba biru muda!

mirip sekolah sihir Beauxbaton dari Harry Potter! via www.dailymail.co.uk

Sebenarnya seragam milik negara di daerah Balkan yang satu ini cukup sederhana. Komponen utamanya adalah blazer, kaos, dan rok model A-line yang terlihat cantik di tubuh atletis para atlet dari Montenegro. Tapi karena warna biru mudanya yang cantik dan juga anggota tim yang kebanyakan cewek, semua fans Harry Potter pun langsung menyamakannya dengan seragam sekolah sihir Beauxbaton. Yang ini nih, inget nggak?

mirip kan?? via rebloggy.com

2. Korea nggak hanya datang memakai blazer a la k-pop yang lucu, tapi juga banyak fungsinya!

Advertisement

blazer anti-nyamuk! via www.huffingtonpost.com

Sekilas seragam tim Korea Selatan sedikit mengingatkanmu pada boyband-boyband Korea favoritmu. Atau bahkan beberapa dari kamu teringat dengan seragam The Warblers dari series Glee. Tapi yang paling unik dan beda dari seragam mereka adalah kemampuannya untuk mengusir nyamuk! Katanya, blazer tersebuk disertai bahan anti-nyamuk yang dapat melindungi atlet asal Korsel dari serangan virus Zika!

3. Penuh gaya, tim Amerika Serikat yang dipimpin oleh atlet renang Michael Phelps memasuki arena olimpiade dengan balutan busana buatan Ralph Lauren.

buatan Ralph Lauren lho! via www.heraldsun.com.au

Desainer handal Ralph Lauren menjadi dalang di balik seragam tim AS yang super keren ini. Selain blazernya yang ngepas di badan, celana bahan putihnya juga memberi tampilan preppy khas Amrik. Yang disayangkan disini, kaos dengan garis-garis putih, biru, dan merah terlalu menyerupai bendera Rusia dibandingkan bendera Amerika.

4. Baju koko, sarung, dan peci. Tim Malaysia tampil super melayu dan ceria dengan warna oranye!

khas melayu banget via www.huffingtonpost.com

Tim negara tetangga kita juga turut memeriahkan acara Olimpiade 2016 di Brasil dengan mengenakan pakaian serba oranye. Nggak hanya itu, mereka juga terlihat super melayu dengan mengenakan baju koko, peci, dan juga sarung. Bagi yang cewek, selendang batik dengan corak macan dijadikan hiasan yang cantik di arena Olimpiade.

5. Terlihat sporty dan nasionalis, Kanada memakai jaket dengan lambang negara di punggung mereka.

daun maple! via www.huffingtonpost.com

Kanada terlihat meriah dan cerah dengan blazer dengan gaya street berwarna merah. Lambang negara mereka, daun Maple, terpasang kokoh di punggung blazer mereka untuk menambah rasa nasionalis di hari Olimpiade.

6.Terinspirasi dari hutan hujan Amazon, tim tuan rumah Brasil memakai scarf dengan warna-warna hutan!

bagaikan hutan hujan! via hollywoodlife.com

Tim tuan rumah, yaitu Brasil, terlihat penuh kegembiraan dengan pakaian preppy sederhana mereka. Tiada tampilan spesial dari blazer biru donker dan celana krem mereka kecuali dengan tambahan scarf yang didominasi warna hijau, kuning, dan biru. Selain mengingatkan pada bendera negara, scarf tersebut juga diinspirasi dari hutan hujan Amazon, salah satu hutan hujan terbesar di dunia.

7. Nggak cuma terlihat rapi, tim Australia juga menghargai peraih medali emas yang sebelum-sebelumnya!

preppy dan rapi a la australia! via twitter.com

Sekilas mungkin tidak ada yang spesial dari paduan blazer dan bawahan warna putih milik seragam tim Australia. Tapi ternyata, di dalam blazer mereka terukir nama-nama atlet Australia yang sebelumnya pernah meraih medali emas di ajang Olimpiade tersebut.

wah ada nama-nama peraih emas sebelumnya! via twitter.com

8. Mas-mas ganteng nan seksi ini justru menjadi perhatian utama parade tim Tonga!

duh maz… via fashionista.com

Seragam tim Tonganya sih sederhana banget, bahkan cenderung tidak menarik, tapi ada yang jauh lebih menarik dari seragam tim negara Tonga ini. Atlet judo asal Tonga, Pita Taufatofua, mencuri perhatian netizen dunia dengan badan penuh ototnya yang dilumuri oleh babyoil. Dengan kostum tradisional asal Tonga, mas Pita menaikkan daun Tonga yang mana adalah negara kecil di lautan Pasifik.

9. Dengan pakaian serba kuning dan merah, tim Cina justru dibilang mirip telur dadar dan saos tomat!

perwakilan Cina terlihat cerah dengan warna kuning via www.heraldsun.com.au

Seragam tim Cina dibuat untuk menyerupai warna bendera mereka yaitu kuning dan merah, atlet wanita memakai kuning dan atlet pria memakai merah. Sayangnya, hal tersebut justru membawa banyak kritik dari masyarakat Cina sendiri karena warnanya yang mirip dengan telur orak-arik/dadar dan saus tomat. Wah, kasian ya…

10. Menggabungkan unsur tradisi dan modern, tim India memadukan blazer dan juga kain sari.

kain sari khas India via indianexpress.com

India memang terkenal dengan kain sarinya yang cantiknya. Oleh karena itu, tim India menjadikan kain sari sebagai seragam utama mereka. Supaya tidak terlalu tradisional, blazer warna gelap pun ditambahkan untuk memberi kontras pada kain sari yang berwarna kuning cerah.

11. Tim Kamerun terlihat megah dengan pakaian tradisional mereka, Regalia!

kostum tradisional kamerun! via fashionista.com

Selain India, Kamerun juga menjadi negara yang memakai kostum tradisional sebagai seragam mereka. Kostum tradisional bernama Regalia ini berasal dari Kamerun utara dimana kostum ini sering dipakai ke acara-acara khusus layaknya batik!

12. Atlit tenis pro Andy Murray memimpin barisan tim Inggris Raya dalam balutan pakaian dari Adidas.

Andy Murray membawa bendera Inggris Raya via www.kob.com

Adidas adalah sponsor terbesar dari seragam tim Inggris Raya tahun ini. Oleh karena itu tim Inggris Raya terlihat sangat stylish namun juga sporty di dalam jaket mantel dan warna biru dan putih. Atlet terkenal Andy Murray pun menjadi pemimpin barisan tim Inggris Raya di Olimpiade kali ini.

13. Terlihat necis dan macho dalam warna biru dan merah, tim Spanyol dipimpin oleh atlet tenis Rafael Nadal

Rafael Nadal di depan barisan peserta Spanyol via www.thequint.com

Rafael Nadal dan atlet Spanyol lainnya terlihat macho dan necis di dalam blazer biru dan celana chinos berwarna merah. Berbeda seperti tahun lalu, kali ini tim Spanyol tidak ingin memakai warna bendera mereka yang berwarna Oranye dan Kuning karena dinilai agak norak.

14. Dan akhirnya, Tim Indonesia terlihat megah dan Nasionalis dalam balutan merah putih bernuansa Adat Lampung.

maju terus Indonesia! via ftw.usatoday.com

Meskipun sempat dihujat oleh beberapa netizen dalam negeri, seragam tim Olimpiade Indonesia justru menuai pujian di luar negeri. Menurut netizen dunia, seragam Indonesia terlihat megah dengan tambahan kostum karnaval yang terinspirasi adat Lampung. Blazer berwarna merah putih dengan motif batik Jawa pun terlihat sangat Indonesia ditambah dengan ikat kepala bernama Udeng yang adalah khas Bali. Ditambah dengan satu atlet yang memakai pakaian adat Papua, tim Indonesia pun berhasil menampilkan budaya Indonesia dari Sabang dari Merauke!

Gimana? Masih berpikir bahwa kostum Olimpiade Indonesia nggak bagus? Orang luar negeri saja memuji seragam kita, masak kita nggak bangga sih dengan karya anak negeri?