Kembali ke beberapa tahun yang lalu ketika tren hijab baru naik daun, banyak di antara muslimah-muslimah yang masih pakai baju seadanya, asal lengan panjang dan menutup kaki. Padupadan celana jeans dipadu dengan kemeja pendek (yang sudah dimiliki sejak belum berhijab) dan manset sudah menjadi pandangan sehari-hari. Namun busana-busana tersebut masih dinilai terlalu ketat dan memperlihatkan lekuk tubuh.

Tahun berganti tahun, perkembangan hijab dan busana Muslim semakin menuju tujuan utama menutup aurat: simpel, longgar, tidak transparan, dan tidak menimbulkan lekuk tubuh. Tidak hanya alasan agama saja, mengenakan hijab semakin hari dinilai menjadi bagian gaya hidup dan simbol kedinamisan perempuan Indonesia. Nah, mau tau tren hijab yang sedang tren di tahun 2016 ini? Simak yuk liputan dari Hipwee ini. Siapa tau kamu jadi terinspirasi. Mumpung 2016 belum lewat.

1. Pemasangan hijab menjadi semakin simpel dengan bantuan jarum sesedikit mungkin

Hijab simpel nan anggun ala Shirin via www.jadagram.com

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang cenderung ribet menggunakan banyak jarum untuk kreasi hijab, tahun ini justru menanggalkan prinsip keribetan sebanyak mungkin. Hijab dipasang dengan teknik yang jauh lebih simpel, bahan yang lebih nyaman (ingat, pilihan bahan hijab masa kini semakin beragam!), dan jarum yang makin sedikit. Malah ada juga teknik pakai hijab tanpa menggunakan jarum sama sekali. Selain mengurangi resiko ketusuk, hijab tanpa jarum juga lebih nyaman digunakan.

2. Atasan berbentuk loose dan tidak membentuk lekuk tubuh pun menggantikan peran manset dan kemeja pendek

Sweater loose dan nyaman via corporate.mig33.com

Advertisement

Siapa yang tak menyukai kehangatan dan kesan simpel yang ditimbulkan dari sebuah sweater yang nyaman? Lupakan dulu sweater rajut ketat dan membentuk lekuk tubuh, memakai pakaian longgar justru membuatmu terlihat lebih muda dari usia sebenarnya. Berpikirlah tentang lucunya anak kecil yang memakai baju kedodoran! Nah, dari sweater longgar dengan warna natural tanpa mencolok justru membuatmu tampil lebih segar dan muda lho. Seperti yang dicontohkan Mbak Darieenz di atas ini.

3. Tidak perlu mengenakan baju warna-warni sekaligus. Cukup satu atau dua warna dominan saja sudah membuat cantik busanamu

Pakai warna mencolok pun tak apa asal tau padu padannya via showbiz.liputan6.com

Warna mencolok seperti oranye api yang dicontohkan oleh Annisa Rahma di atas itu juga nggak masalah dilakukan asalkan memberhatikan konsep ini:

  • Jangan memadukan dua atau lebih warna mencolok dalam satu outfit
  • Padukan dengan warna aman, semisal hitam atau putih
  • Tak perlu menambahkan banyak aksesori, agar pusat perhatian orang nggak kacau
  • Kenakan hijabmu sesimpel mungkin agar tidak dikira ondel-ondel

4. Melilitkan hijab sampai di leher saja tak jadi masalah, asalkan atasanmu berbentuk crop dan tidak membentuk siluet dada

Atasan crop top a la Dhini Aminarti via wolipop.detik.com

Jika hijabmu terlalu kecil untuk dibuat menjulur ke dada, tak masalah kok. Kamu tetap bisa memakainya dengan melilitkan ke leher, tetapi didukung dengan atasan yang longgar. Contoh atasan longgar adalah blus crop top yang tidak menampilkan bentuk dada. Untuk melengkapi penampilanmu, bisa ditambahkan kalung berukuran besar yang cantik. Nah, untuk pilihan crop top, disarankan menggunakan bahan yang jatuh seperti sifon atau silk. Hindari bahan kaus atau katun karena mudah kusut.

5. Baju monokrom dengan sentuhan warna natural seperti coklat menjadi hal yang tak mungkin kita abaikan

Monokrom brown via rifa.co.id

Penggemar warna monokrom tak perlu berkecil hati. Tahun ini banyak juga kok yang mengenakan baju monokrom tanpa terlihat kaku dan membosankan. Justru baju monokrom malah akan membuatmu semakin menarik dengan kesimpelan yang kamu usung. Agar tidak terlalu monoton, kamu bisa melengkapinya dengan aksesoris berwarna lain. Misal sepatu dan tas berwarna senada. Jangan lupa juga, prinsip utama tentang simpel dan tak membentuk lekuk tubuh selalu dijaga.

6. Tanpa membutuhkan banyak aksesoris, pakaian serba longgar dan kacamata big size sudah cukup membuatmu super stunning

Gaya effortless via biutifa.com

Gaya hijab tahun ini itu jauh dari kata ribet. Memadukan busana longgar sekaligus seperti kardigan longgar dan hijab yang dipakai sesederhana mungkin, telah menjadi tren yang masif di kalangan cewek-cewek masa kini. Semakin modis lagi jika kamu padukan dengan sepatu kets yang nyaman. Bukan bermaksud untuk berolahraga lari dengan outfit ini, tetapi melupakan sejenak alas kaki yang bikin nggak nyaman. Bagaimanapun juga siapapun pasti setuju bahwa melangkah menggunakan sepatu kets jauh lebih enteng ketimbang memakai stiletto.

7. Bolero tunik dengan kombinasi warna yang sedikit juga sayang untuk dilewatkan, seperti inspirasi dari Shireen Sungkar ini

Tunik bolero via www.prillylatuconsina.net

Mengenakan tunik bolero yang berbentuk panjang dengan motif yang unyu bisa kamu aplikasikan dengan dress berwarna hitam seperti yang dicontohkan Shireen Sungkar di atas. Coba bayangkan jika Shireen nggak menambahkan bolero, dan hanya mengenakan dress hitam, hijab hitam dan sepatu hitam? Semuanya serba hitam. Jelas sangat monoton ‘kan? Nah, agar penampilanmu lebih ceria dan berwarna, bolero tunik adalah penyelamat yang sesungguhnya.

8. Baju motif, asalkan masih dalam koridor warna yang sama tak pernah salah dalam padu padanmu yang klasik

Baju motif dengan nuansa warna baby pink via www.prillylatuconsina.net

Baju motif masih memiliki taringnya di tahun ini. Namun padu padannya tetap harus hati-hati agar tidak terkesan bertabrakan. Misalnya di contoh di atas, atasan motif dipadukan dengan rok dan hijab berwarna senada. Selain menghindari ‘keramaian’ di penampilan, motif daun-bunga juga membawa kesegaran di harimu yang menyenangkan. Tips Hipwee: kenakan sabuk untuk mengesankan postur tubuh yang lebih langsing dan tinggi. Siap tampil menakjubkan!

9. Hitam adalah warna sepanjang masa. Tak perlu berpikir dua kali untuk memakai warna ini untuk penampilan sehari-harimu

Hitam adalah warna aman dipadupadan dengan warna apapun via www.dailymoslem.com

Tahukah kamu, memiliki beberapa busana warna hitam adalah investasi yang sesungguhnya. Warna ini selalu abadi sepanjang masa, tak peduli kamu tinggal di tahun berapa. Jika kamu mengalami kebingungan memilih warna baju, warna hitam adalah solusinya. Kamu bisa dengan mudah memadukannya dengan warna lain atau motif apapun tanpa terlihat saltum.

Nah, bagaimana? Mengusung tema simpel, elegan, tanpa ribet, dan longgar justru membuat penampilan hijabmu semakin adem bukan?

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!