Berkebaya dengan obi atau ikat pinggang biasanya diidentikkan dengan kebaya khas Bali. Namun sebetulnya tak harus kebaya Bali saja kok yang boleh memakai obi. Kebaya apapun, kalau kamu pandai memadu-padan warna dan aksesorinya, tak ada yang bermasalah dengan penambahan obi sebagai pemanis. Malahan, kamu bisa mendapatkan kesan tubuh yang ramping dan langsing hanya dengan item kecil satu ini.

Mau buktinya? Simak yuk liputan dari Hipwee Style yang satu ini.

1. Kebaya kutubaru + obi batik + lilitan rok batik yang menawan. Kesan oriental yang tak terbantahkan

kebaya dan kain serba terang via wolipop.detik.com

Melilitkan rok berbentuk kain batik sudah dilakukan oleh model ini, dan tambahan obi yang menarik cukup menciptakan kesan langsing nan ramping. Pemakaian aksesori rambut turut menguatkan kesan oriental yang ditimbulkan.

2. Obi tak harus berbentuk kain, yang logam seperti ini (sering disebut pending) juga sangat mampu menghadirkan kesan elegan dan anggun di busana kamu

obi logam via www.qbaya.com

Advertisement

Obi logam bisa kamu manfaatkan untuk menguatkan kesan etnik dan elegan. Wanita-wanita zaman dahulu gemar memakai obi logam, terlebih mereka yang mempunyai darah ningrat. Contek gaya mereka, dan jadilah elegan seperti wanita anggun di zaman dahulu.

3. Judulnya memang kebaya, tapi obi tak hanya dipakai di kebaya. Kalau ingin membuat siluet langsing, padukan dengan gaun andalan pun bisa

Daripada gaunmu hanya menjuntai begitu saja, ada baiknya kamu tambahkan obi sebagai pemanis dan pemberi siluet langsing di tubuhmu. Semua pasti setuju.

4. Pilih warna-warni yang kontras agar kemanisan yang ditimbulkan obi kamu semakin kentara

kuning+hijau+hitam via id.pinterest.com

Agar obimu semakin kelihatan, pakailah yang berwarna kontras dengan kebaya kamu. Tak selamanya warna kontras itu menusuk mata kok. Malahan kamu jadi terlihat semakin anggun.

5. Untaian obi yang dibuat menjuntai, semakin membuat percaya dirimu naik berlipat-lipat

serba pastel via wolipop.detik.com

Juntaikan obimu, dan melangkahlah bak seorang puteri keraton. Pasti bisa dilakukan. Terlebih lagi di acara khusus seperti wisuda, kondangan, atau menjadi bridesmaid.

6. Aksen bebungaan di obi kamu membuat semua mata tertuju padamu. Imbangi dengan pemakaian layer kain yang lucu

obi berbentuk bunga manis via id.pinterest.com

Agar perhatian orang terpusat pada ikatan obimu yang mempesona, pilihlah motif yang mencolok dan cukup besar. Misalnya bunga yang menghiasi pinggangmu. Dijamin deh, semua orang pasti luluh melihatmu.

7. Ada sisa bahan kebaya? Kenapa tak dibuat menjadi obi saja?

obi senada dengan kebaya via dinisetiyorini.blogspot.co.id

Jika kamu menjahitkan kebaya dan ada bahan sisa, manfaatkan itu untuk membuat obi yang cantik. Dibentuk menjadi seperti pita dan menghiasi pinggang seperti ini tak kalah menarik kok.

8. Nuansa Bali terlihat kuat sekali dengan gabungan warna hitam dan kuning, serta dipadukan dengan kain khas Bali yang memesona

Hadirkan nuansa Bali yang kental pada obi dan kebayamu yang kontras. Gabungkan juga dengan kain bawahan khas Bali yang memiliki motif etnik menarik. Tampil sedikit seksi pun nggak masalah selama kamu nyaman memakainya.

9. Masih ingat dengan Manohara? Iya, kesan langsing yang terpancar dalam foto kebaya ini disebabkan oleh obi!

Manohara Odelia Pinot via id.pinterest.com

Foto di atas ini termasuk salah satu foto yang fenomenal. Dan yang menarik adalah pemakaian obi dan digabung dengan bros yang cantik. Siapa bilang yang begini ini nggak memberimu inspirasi?

10. Oranye yang memesona bisa didapatkan dengan penambahan obi yang membuatmu menjadi langsing dan penuh aura

obi oranye

Agar lebih simpel, kamu pun bisa menjahitkan obi langsung ke kebayamu. Nggak ribet dan bisa langsung dipakai. Aura segar bisa langsung terasa seketika.

11. Merah dan biru tak bisa bersatu? Kata siapa? Padu padan kebaya merah dan obi ini membuktikan bahwa Valor dan Mystique bisa bekerja sama

paduan merah dan biru via www.qbaya.com

Menggabungkan warna merah dan biru sudah tidak mustahil lagi asalkan kamu tahu caranya. Lihat saja contoh di atas. Justru sisi anggun lah yang kamu pancarkan.

Nah, demikian info tentang obi atau ikat pinggang yang mempermanis tampilan kebayamu yang anggun dan bikin terlihat langsing. Nggak masalah lagi kalau kamu punya perut agak timbul. Solusi bisa ditemukan segera dari sehelai obi. Siap tampil menawan!

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me