Dunia costum play atau biasa disingkat cosplay telah menjadi bagian dari gaya hidup beberapa komunitas anak muda masa kini. Terutama yang menyukai anime dan serial kartun. Melihat tokoh-tokoh dengan busana dan wajah lucu terkadang bikin kita ingin menirunya. Termasuk juga untuk para cewek-cewek yang mengenakan hijab. Diam-diam mereka juga suka melakukan cosplay juga lho. Bahkan sudah ada komunitas sendiri yang mewadahi hijabers-hijabers yang menyukai dunia cosplay.

Untuk itu, Hipwee mengumpulkan aneka foto cosplay yang dilakukan oleh hijabers baik di Indonesia maupun luar negeri. Malah, nggak sedikit di antara mereka yang memperoleh penghasilan lebih dari kegiatan mereka itu lho. Nah, mana saja kreatifitas yang dilakukan hijaber-hijaber ini? Inilah daftarnya:

1. Rambut kuning a la Sailormoon bisa ditiru dengan hijab berwarna kuning seperti Mbak cosplayer yang satu ini lho

Sailormoon di taman via moviepilot.com

Kreatifitas hijaber ini memang nggak ada batasnya. Rambut panjang kucir dua ala Sailor Moon bisa dibentuk dengan kain panjang berwarna sama. Tak lupa menambahkan cepolan sebanyak dua buah di kepalanya agar seperti cepolan rambut a la Sailor Moon. Siap beraksi “dengan kekuatan bulan, aku akan menghukummu”!

2. Let it go, the cold never bothered my anyway. Kostum Elsa ini dibuat dengan hijab rawis berwarna platinum blonde untuk menyamakan dengan rambut sang Ratu Arendelle ini.

Hijab rawis untuk si Elsa via moviepilot.com

Advertisement

Hijab rawis adalah jenis kain yang bentuknya mudah dibentuk sesuai keinginan. Misalnya dibentuk gulung-gulung seperti cosplay si Elsa ini. Malahan, daripada membeli wig dengan harga cukup mahal, masih jauh lebih murah membeli hijab berbahan rawis yang bisa dibentuk menjadi apapun. Inilah salah satu keuntungan jadi cosplay hijaber. He he he.

3. Pemain Pokemon mana suaranya? Kostum Pikachu ini bikin siapapun yang melihat ingin catch them ‘all.

Pikachu yang lucu via moviepilot.com

Mengikuti perkembangan tren game dewasa ini, kita dihadapkan pada realitas game bernama Pokemon Go. Era Pokemon yang dulu pernah tenggelam kini telah naik daun kembali. Orang-orang membicarakan soal Bulbasaur dan Pikachu yang mereka tangkap dari kebun belakang rumah. Nah, termasuk dengan budaya cosplay yang juga kena imbas kepopuleran Pokemon. Sekarang kostum Pokemon bisa dengan mudah kamu beli. Mau jadi salah satu cosplayer Pokemon sambil keliling kota memecahkan telur?

4. Hijabmu juga bisa dijadikan rambut sanggul seperti karya Queen Luna yang meniru Mulan sang putri Disney

Fa Mulan via www.neatorama.com

Kamu pecinta Disney dan mendamba tampilan yang lain dari yang lain? Kreasikan hijab dan kemampuan makeup kamu untuk menciptakan tampilan Mulan yang sophisticated dan klasik tanpa harus ketinggalan jaman. Jangan lupakan juga untuk menggambar bentuk rambut mini a la poni Mbak Mulan ini di bagian dahi agar semakin mirip dengan tokoh Mulan.

5. Belum bisa move on dari Queen Luna nih. Karya makeup dan hijab dia yang meniru Princess Ariel ini juga ngehits abis

Si Ariel via www.neatorama.com

Putri Ariel mempunyai ciri khas di bagian rambutnya yang berwarna merah menyala dan ekornya yang berwarna hijau kebiruan. Kamu bisa mengadopsi tampilannya yang satu ini dengan mengenakan hijab warna merah dan baju hijau blink-blink untuk menyamakan dengan ekor si Ariel yang cantik. Saat Ariel ingin menjadi manusia, nggak ada salahnya kok sesekali kamu yang manusia ini ingin jadi mermaid.

6. Si pecinta Star Wars juga tak perlu berkecil hati. Rambut lucu Leia Organa bisa dibentuk dengan hijab favorit kamu lho.

Leia Organa via www.neatorama.com

Princess Leia memang bukan tokoh anime atau kartun. Namun pesonanya selalu menebar dan membuat para cosplayer penasaran, terutama bagian rambutnya yang khas banget. Dengan mengenakan hijab berwarna gelap dan digulung di bagian kedua sisi kepala, taraaa, kamu siap untuk mendampingi Mas Luke dan Han Solo menyelamatkan jagat semesta.

7. Lolita hijab kini semakin punya banyak penggemar. Manis dan santunnya nggak bisa ditolak pakai banget.

Lolita hijab via www.vice.com

Gaya Lolita cosplay yang awal mula menjamur di negeri Jepang ini telah menjadi salah satu gaya yang paling digemari dan ditiru. Termasuk penggemar yang dari kalangan hijaber. Menghias diri sendiri dengan gaun renda warna-warni, ditambah payung dan aksesori a la Victorian Era pasti akan membuatmu semakin manis dilihat bak kue tart penuh krim stroberi.

8. Menambahkan mahkota dan gaun berwarna ungu-putih dijamin akan membuatmu mempesona secara paripurna

Ingin mencoba look ala putri anime tetap bisa kamu lakukan tanpa menanggalkan hijab kok. Contoh saja mbak yang ini, kecantikan gaunnya nggak kalah manis dengan mahkota yang dikenakan. Tatanan rambut yang dicontohkan oleh tokoh anime juga bisa kamu ganti menjadi bentuk hijab yang manis dilihat. Tak perlu menanggalkan hijab.

Memakai hijab bukan halangan untuk tampil penuh kreasi dengan cosplay kamu. Bukan bermaksud untuk melenceng dari koridor agama, tetapi proses kreatifitas para hijaber cosplay ini memang layak dihargai. Berminat mencoba?

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!