“ini gimana ya, lenganku gede terus kakiku nggak jenjang, baju apa yang cocok ya?”

“gimana sih supaya kelihatan lebih ramping dan anggun gitu? bingung deh…”

Cewek dan sejuta keribetannya itu seolah menjadi bumerang kedua bagi dirinya maupun orang lain. Mau marah, KZL, dan bete aja bawannya kalau ada sesuatu yang menurutnya nggak perfect dan mengurangi tingkat PDnya. Tapi, nggak selamanya lho keribetan-keribetan tadi menjadi masalah besar jika kamu sebagai cewek pandai mengatur cara berpakaianmu supaya kelihatan lebih pas dan pastinya nggak bikin bete.

Mau tahu style apa saja yang cocok buat cewek yang ngerasa dirinya itu ‘sarang’ kekurangan dan ingin tampil perfect tanpa ribet? Nih Hipwee kasih step by stepnya…

1. Dominasi warna hitam memang paling ampuh untuk menyamarkan bentuk tubuh. Kamu yang bertubuh agak lebar wajib punya outfit warna hitam ini, ya.

dominasi warna hitam, kece via instagram.com

Advertisement

Mengapa warna hitam itu menjadi must have item buat cewek? 

Ya. Warna hitam yang tak menimbulkan kontras pada titik apapun yang ‘dijamahnya’ membuat warna ini menjadi favorit khususnya bagi mereka yang berbadan agak lebar serta chubby. Nggak melulu dipakai saat berbela sungkawa saja, kini warna hitam sudah menjadi primadona bagi banyak orang karena kemampuannya menyamarkan kekurangan-kekurangan ada bentuk tubuh seperti, perut buncit, lengan besar ataupun pinggul yang lebar. Kamu sudah punya outfit warna hitam belum nih?

2. Jumpsuit panjang berpotongan lebar sangat cocok buatmu yang berjilbab, merasa kurang tinggi dan ingin tampil lebih anggun serta elegan.

buat yang berjilbab nih via inayah.co.uk

Bukannya jumpsuit ketat dan menonjolkan beberapa titik tubuhmu, jumpsuit panjang dengan potongan lebar justru akan membuatmu terlihat lebih anggun serta elegan, lho. Bentuknya yang lebar dan menjuntai ini mampu membuat postur tubuhmu terlihat lebih tinggi dan tetap santun pastinya.

3. Ini berlaku buatmu yang nggak berjilbab juga, ya. Padukan dengan cardigan rajut tebal supaya terkesan casual.

pakai jumpsuit berpotongan lebar ya via instagram.com

Padu padan jumpsuit dengan cardigan memang nggak ada habisnya. Selain mempercantik tampilan jumpsuit yang memang sudah feminin, penambahan cardigan akan lebih menonjolkan kesal casual dan atraktif pada dirimu. Jangan lupa, jumpsuitnya yang berpotongan lebar juga, ya.

4. Tampil formal dan nggak kaku dengan cape blazer lengkap dengan celana hitamnya yang panjang. Cantik, classy dan smart akan segera terpancar dalam dirimu!

formal dengan dominasi warna gelap via instagram.com

Tanpa terkesan kaku dan terlalu formal, paduan cape blazer serta celana hitam panjang mampu memancarkan kesan smartmu, lho. Ditambah lagi, jika bagian atas tubuhmu itu berukuran lebih besar dari bagian bawah, cape blazer ini mampu menutupinya dengan sekejap.

5. Cardigan berlayer ini merupakan keajaiban kecil buatmu yang nggak PD dengan bentuk dada, lengan dan perut yang kurang proporsional.

cardigan berlayer menyembunyikan perut buncitmu via athickfirlscloset.com

Terkadang, bentuk dada, lengan dan perut yang kurang proporsional itu memang kurang sukses membuatmu PD. Tanpa mensyukuri nikmat yang telah diberikan Tuhan itu, kamu bisa mengakalinya dengan memakai cardigan berlayer dengan motif yang nggak ramai namun tetap simpel.

Padukan juga dengan celana jeans atau skirt berwarna netral agar bagian tubuhmu yang tak ingin ditonjolkan tak terlihat.

6. Sudah menjadi rahasia umum jika atasan v-neck itu sangat membantu penampilanmu agar terlihat lebih jenjang dan manis.

v-neck ngebantu banget via allsearch.ca

Leher yang terlihat jenjang akan secara otomatis membuat penampilanmu semakin jenjang juga. Dengan memakai atasan bentuk v-neck ini, bagian perutmu ke atas akan terkesan lebih manis meski tanpa tambahan aksesoris sekalipun. Tak melulu lebar dibagian perut, atasan ketat namun tetap sopan juga bisa kamu pilih demi impian jenjangmu yang tertunda.

7. Celana jeans ini memang favorit sejuta umat. Selain membuatmu lebih ramping, kakimu yang tak begitu jenjang akan terlihat lebih proporsional.

celana jeans panjang membuat jenjang

Celana paling populer dan idola sejuta umat ini memang nggak pernah salah untuk dipadukan dengan atasan apapun. Kemampuannya menampilkan kesan jenjang dan tinggi juga menjadi alasan mengapa celana jeans ini menjadi pilihan utama dalam mix and match style-mu sehari-hari.

Jika perlu, kamu bisa memadukannya dengan atasan v-neck, cardigan layer atau sweater berpotongan lebar, ya. Kesan tinggi dan jenjang akan segera kamu dapatkan dengan look ini!

8. Jika tak ingin terlihat lebih ‘big size’ lagi, jangan kenakan atasan bergaris horizontal lagi dan ganti dengan garis vertikal saja.

vertical stripe lebih baik via fashionablyformendaily.com

Nggak mau dong kalau usahamu sia-sia hanya karena atasan bergaris horizontal yang hanya akan menambah kesan ‘lebar’ pada tubuhmu? Garis horizontal dengan arah mendatar ini secara otomatis menampilkan lengan, perut serta dada yang kurang proporsional. Berbeda dengan garis vertical yang justru akan menampilkan kesan ramping pada bagian atas tubuhmu.

Nah, sekarang nggak perlu malu atau minder lagi dengan bagian-bagian tubuhmu yang kurang proporsional, ya. Akali dengan bijak dan sesuai dengan seleramu dalam bebusana 😉

Kredit Featured Image: http://athickfirlscloset.com