Besok kondangan pakai baju apa ya? Kalau pakai celana kulot yang dipadu blouse, kira-kira masih pantas atau nggak? Duh, pusing

Milih baju buat dipakai ke acara pernikahan termasuk hal sulit yang bisa buat kamu galau berhari-hari. Meski nggak ada aturan tertulis mengenai gaya berbusana untuk pergi kondangan. Tetap saja, di Indonesia ini kamu harus hati-hati dalam menentukan pakaian apa yang layak pakai. Sederhananya, pakaian kamu nggak boleh terlalu santai, tapi juga nggak boleh berlebihan sampai mengalahkan sang mempelai.

Lalu, kira-kira pakaian seperti apa ya yang nggak boleh dan boleh kamu pakai? Demi menghindari saltum dan menjaga kesopanan, pokoknya membuat kamu pun bisa benar-benar nyaman.

1. Kemeja putih dan bawahan hitam tanpa tambahan aksesoris apapun, loh kamu mau jadi tamu undangan atau alih profesi jadi pelayan kateringnya?

kamu bukan mau datang ke kantor atau sidang skripsi juga kan! via kalsel.prokal.co

Iya, kemeja putih yang dipadu dengan bawahan kain berwarna hitam biasanya emang jadi seragam untuk beberapa kegiatan formal. Tapi, bukan berarti bisa kamu pakai juga untuk acara semacam kondangan. Coba pikir-pikir lagi, setelan kemeja putih dan bawahan hitam itu identik dengan kegiatan perkuliahan atau pekerjaan. Ditambah kemeja putih dan bawahan hitam pun mempunyai kesan terlalu kaku. Jadi sebisa mungkin hindari memilih dua item ini untuk pergi ke acara pernikahan. Kamu nggak mau kan malah dianggap sebagai pelayan katering, karena kostummu yang putih-hitam kaku itu.

2. Kamu itu mau pergi ke acara cukup formal yang kedua mempelainya pakai baju adat. Masa iya kamu sendiri malah pakai kaos dan celana jeans, emangnya mau pergi ke Mall

Advertisement

nggak mungkin kan kamu kondangan begini gayanya via www.zalora.co.id

Sesantai-santainya acara pernikahan, tetap aja style kaos yang dipadu celana jeans itu bukan pilihan yang tepat untuk busana kondangan. Emangnya kamu nggak malu atau sungkan dengan kedua mempelai yang rapi memakai pakaian tradisional atau adat. Ingat loh, kamu juga harus menghargai mereka yang mengundangmu, jangan sampai ada omongan miring tentang kostummu yang malah buat mereka sulit. Ingat-ingat ya, kamu itu bukan pergi main ke Mall, tapi ke gedung yang menghelat acara pernikahan!

3. Memakai celana jogger dengan sepatu kets, meski atasan kemejamu terbilang sopan. Coba kamu pikir ulang, kamu mau kondangan atau gerak jalan?

Ini sih cocoknya buat ke kampus atau ikut gerak jalan biasa via wolipop.detik.com

Lagi-lagi kamu harus menghindari beberapa item fashion tertentu sebagai busana kondangan, seperti halnya celana jogger. Emang sih, akhir-akhir ini celana jogger sedang hits dan kamu pun sedang nyaman menggunakannya. Tapi, mau kamu padu-padankan dengan atasan seperti kemeja atau blazer yang rapi sekalipun, tetap saja stylemu jatuhnya terlalu santai dan kurang pantas. Apalagi kalau celana joggermu ini dipadukan lagi dengan sepatu kets. Wah… kamu mau kemana sih sebenarnya? kondangan atau gerak jalan?

4. Hindari juga memakai sweater ke acara kondangan, jangan sampai kamu dikira sedang sakit atau kedinginan ya. Padahal acaranya di luar ruangan yang udaranya cukup panas

Mbaknya ra opo-opo ta? via www.songofstyle.com

Emang sih potongan model sweater itu ada banyak, yang modelnya mirip-mirip blazer pun ada. Belum lagi, kesan yang ditampilkan sweater sebenarnya tetap rapi dan sopan. Namun, agak saltum juga kalau kamu pakai ini buat acara kondangan. Salah-salah nanti kamu malah dikira sedang sakit atau kedinginan sama teman-temanmu yang datang. Apalagi semisal acaranya itu ada di luar ruangan yang udaranya cukup panas. Kamu ra opo-opo ta mbak/mas? emang nggak gerah gitu?

5. Mau pakai rok atau mini dress boleh, asalkan kamu memastikan yang datang dengan style itu nggak Cuma kamu. Bukan Cuma menghindari saltum tapi juga demi kenyamanan dirimu

Kalau yanga datang pakai mini dress sebanyak ini sih lanjut aja via en.wikipedia.org

“Mbak mau dugem atau kondangan?”

atau

“Itu roknya nggak ada yang lebih pendek lagi kah?”

Sebelum kamu mendengar komentar kurang menyenangkan semacam itu. Lebih baik kamu memastikan kalau yang datang dengan style seperti kamu itu nggak cuma kamu. Pastikan juga tempat serta tamu-tamu yang hadir di sana bisa lebih fleskibel dengan style yang kamu pilih. Kan nggak enak juga, kalau kamu jadi pusat perhatian karena rok atau dress kamu yang pendek itu. Intinya, bukan cuma menghindari salah kostum, tapi juga demi kenyamanan dirimu sendiri.

6. Memakai baju batik dengan style apapun jadi pilihan paling aman untuk datang ke kondangan di segala tempat dan tema

gimana kalau batiknya couple begini?

Batik emang ikon Indonesia banget yang nggak ada matinya. Hampir semua jenis acara formal apapun pasti masuk-masuk aja dengan style batik ini. Jadi, kalau kamu mau cari aman untuk pergi ke acara kondangan, apapun stylenya yang penting motifnya ya batik. Mudah kan, gais!

7. Lebih cantik lagi, kalau kamu menghadiri undangan dengan kebaya modern

Buat kamu yang ingin tampil lebih feminin ke acara kondangan. Pilihan menggunakan kebaya modern bisa kamu pertimbangkan. Nggak perlu kebaya yang ribet, pilih aja kebaya model kutu baru dan di padu dengan kain batik pendek. Dandanamu juga bisa tetap menggunakan polesan natural. Di jamin deh, kamu bakal jadi pusat perhatian juga, soalnya mbaknya cantik. Hehehe…

8. Jumpsuit dengan sentuhan vest atau blazer, sah-sah aja untuk kamu pakai ke acara pernikahan teman

ini juga bisa kamu pakai via stylemba.net

Nggak pengen ribet dengan rok, dress atau kebaya. Jampsuit dengan sentuhan vest atau blazer juga sah-sah aja untuk kamu gunakan. Tapi, pastikan jumpsuit yang kamu pilih punya motif yang cukup elegan, atau untuk cari aman kamu bisa pilih yang polosan. Untuk vest atau blazernya cukup kamu sesuaikan dengan jumpsuit yang kamu pilih. Tambahan beberapa aksesoris pun cukup membuat kamu tampil pantas ke acara kondangan. Lalu inget ya, alas kakimu juga harus menunjang penampilan.

9. Bawahan hitam boleh sebenarnya kamu pakai, asalkan atasan yang kamu pilih bisa lebih pantas, seperti blouse dengan tambahan aksesoris seperti kalaung atau gelang

Kalau emang kamu mau tetap pakai bawahan hitam ke acara kondangan boleh aja. Asalkan atasan yang kamu pilih bukan kemeja putih biasa, tapi cari atasan alternatif seperti blouse, atau kemeja lain yang motif dan modelnya lebih fleksibel. Jangan lupa juga tambahkan beberapa aksesoris, seperti kalung, gelang, atau anting-anting yang sedikit lebih mencolok.

10. Tempat, tema pernikahan juga lingkungan orang-orang yang di undang menentukan pakaian yang bisa kamu pakai

Tuh mbak-mbaknya cantik kan via id.pinterest.com

Terakhir dan paling penting yang harus kamu tahu. Kalau gaya berbusana kondanganmu pun harus di sesuaikan dengan tempat, tema pernikahan juga tamu-tamu undangan lain yang hadir ke sana. Nggak mungkin kan kamu datang ke acara pernikahan temanmu yang dihelat di pinggir pantai dengan heels atau kebaya. Daripada kamu ribet sendiri, belum lagi udah pasti salah kostum. Mending sebelum memutuskan pergi ke kondangan, kamu memerlukan diri untuk tanya-tanya perihal tempat acara berlangsung atau tema pernikahannya.

Selamat mencoba ya, semoga kamu bisa terhindar dari saltum. 🙂