Buat cewek, lipstik jadi salah satu senjata yang nggak boleh ketinggalan saat berdandan. Sebab, nggak bisa dipungkiri jika lipstik memberikan warna cerah tersendiri pada wajah. Berbicara soal pewarna bibir, di masa kekinian seperti sekarang ini pasti kamu begitu mudah untuk menemukan berbagai jenis dan warna, sesuai dengan selera.

Salah satu jenis lipstik yang tengah digandrungi dan menjadi tren adalah lipstik matte. Yap! Lipstik dengan ciri khas yang nggak memberikan efek glossy saat dipakai pada bibir ini begitu banyak peminatnya.

Mengenal lisptik matte lebih jauh, inilah kelebihan yang bisa kamu rasakan!

matte lipstick! via www.9dades.com.br

Lipstik matte diketahui hanya memiliki sedikit kandungan minyak, itulah yang membuat pewarna bibir ini menyerap cahaya sehingga terlihat lebih padat saat digunakan. Buat kamu yang punya bibir tebal, maka lipstik jenis ini adalah pilihan terbaik. Pasalnya, matte lipstick bisa menyamarkan bentuk bibirmu yang tebal.

Selain itu, lipstik matte juga nggak lengket dan nggak mudah menempel seperti jenis lipstik yang lain. Warnanya yang tahan lama pun menjadi kelebihan tersendiri, lho. Teksturnya yang nggak gampang meluber pun jelas memudahkan kamu untuk menggunakannya. Jadi, dengan lipstik matte kamu nggak perlu berulang kali touch up bibir!

Namun, di balik keunggulan lipstik matte, ada beberapa dampak yang bisa kamu rasakan ketika terlalu sering menggunakannya

Advertisement

Di balik beberapa keunggulan lipstik matte yang bisa kamu rasakan, ternyata ada beberapa dampak yang kurang baik bagi kesehatan kulit bibirmu ketika terlalu sering menggunakannya. Terlebih untuk kamu pemilik bibir yang cenderung kering, jangan coba-coba deh keseringan pakai lipstik matte. Sebab, inilah yang akan kamu rasakan ketika menggunakannya terlalu sering:

1. Lipstik matte yang terlalu sering digunakan bisa membuat bibir kamu menghitam

Memang pada dasarnya lipstik diproduksi untuk mengubah warna bibirmu jadi cerah, namun jika salah penggunaannya maka bibirmu justru bisa berubah warna menjadi gelap atau menghitam. Perubahan warna pada bibir tersebut diakibatkan karena pengendapan pigmen warna yang dimiliki dalam kandungan lipstik itu sendiri.

Ya, jelas rasanya semua itu terjadi karena kamu mnggunakan lipstik setiap hari tanpa diikuti dengan membersihkan bibir. Itulah yang kemudian menjadikan pengendapan pigmen dan membuat bibirmu menghitam.

2. Bibirmu pun bisa terkena alergi yang menyebabkan bibir terasa gatal dan kering

Ketika sering menggunakan lipstik tanpa diimbangi dengan perawatan bibir dapat memicu munculnya alergi pada bibirmu, lho. Alergi bisa muncul, tertutama jika pigmen dan bahan kimia lain yang menjadi kandungan lipstik nggak bisa diterima oleh kekebalan tubuhmu dengan baik. Itulah yang kemudian dapat menyebabkan gatal dan bibirmu yang kering. DUH! Kamu mesti lebih hati-hati deh, karena pasti rasanya nggak nyaman banget.

3. Kulit bibirmu juga bisa banget jadi pecah-pecah dan kasar, lho, Girls~

Efek samping lain yang bisa kamu rasakan dari penggunaan lipstik ialah bibirmu yang bisa menjadi pecah-pecah dan terasa kasar. Penyebabnya sama, karena penggunaan lipstik yang terlalu sering tanpa diikuti dengan perawatan bibirmu. Selain memang perlu mengimbangi dengan merawat bibir, merk yang cocok kamu gunakan juga perlu diperhatikan. Semua demi penampilanmu yang selalu maksimal!

Supaya bibirmu tetap cantik meski selalu dipoles lipstik, maka kamu perlu merawatnya….

yuk, dirawat! via youtube.com

Beberapa efek samping dari terlalu seringnya menggunakan lipstik matte bisa kamu atasi ketika kamu mau merawat kesehatan bibirmu. Nggak susah kok untuk melakukannya, pertama kamu perlu membersihkan lipstik dari bibirmu setelah selesai beraktivitas, jangan sampai dibiarkan apalagi kamu tidur tanpa membersihkannya lebih dulu. Cara terbaik membersihkannya adalah dengan menggunakan handuk hangat.

Kedua, kamu bisa menggunakan pelembab pada bibirmu yang sudah bersih, tujuannya agar nggak kering dan pecah-pecah. Terakhir, jangan lupa untuk menggunakan lip balm lebih dulu sebelum kamu pakai lipstik matte-mu, supaya lipstik yang kamu pakai nggak menempel langsung pada bibirmu.

Itulah dia beberapa hal yang mesti kamu pahami tentang serba-serbi dari lipstik matte. Yuk, mulai mengimbanginya agar cantikmu selalu terjaga dengan baik! 🙂

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!