Liburan panjang untuk mahasiswa memang kadang seperti buah simalakama. Liburan selalu kamu tunggu karena kamu akhirnya bisa lepas dari jeratan tugas. Di sisi lain, kamu tidak akan mendapat uang jajan selama liburan. Kamu pun harus pandai-pandai memutar otak supaya tetap bisa main dan jajan “dengan lancar”.

Apakah saat ini kamu sedang menghadapi momen liburan dan bingung harus apa tetap dapat pemasukan? Simak solusi yang sudah Hipwee himpun buatmu!

1. Bagi kamu yang punya hobi fotografi, jual jasamu sebagai freelance photographer. (Yang kamu dapatkan: Rp. 200.000 – 300.000)

jadi fotografer acara seminar via www.merdeka.com

Jika selama ini kamu menggeluti hobi fotografi, kenapa tidak manfaatkan saja hobimu ini sebagai mata pencaharian? Kamu bisa menjadi fotografer lepas di acara di kotamu, entah itu seminar, event di mall, atau mungkin event di kampus yang digelar pada masa liburan semester.

Fee yang kamu dapatkan lumayan, sekitar Rp. 200.000 – 300.000. Kamu pun tidak usah repot-repot membuat konsep fotografi atau berdiskusi dengan klien. Kamu tinggal menjepret jalannya acara saja. Jika kamu ingin mendapatkan penghasilan yang lebih besar dari hobi fotografi, kamu bisa bergabung dengan proyek yang lebih besar seperti majalah, iklan, atau media cetak. Berminat?

2. Kreatif dan memang jago desain? Manfaatkan bakatmu untuk menjadi freelance designer selama liburan! (> Rp. 200.000)

Advertisement

freelance designer via devler.ca

Kamu bisa meraup pendapatan minimal Rp 200.000 hingga jutaan rupiah untuk menjadi seorang freelance designer. Fee yang akan kamu dapatkan berbanding dengan tingkat kesulitan dan kerumitan gambar yang akan kamu buat. Mengerjakan orderan logo brand, desain kaos, atau orderan desain website juga bisa membuatmu makin kreatif dalam mencipta sebuah karya. Tapi siapkan kopi ya, karena pekerjaan ini biasanya akan membutuhkan tenaga dan waktu ekstra yang seringnya akan membuatmu begadang. Hehe.

3. Jadi guru les anak-anak sekitaran rumah. (Rp. 20.000 – 90.000/ 1,5 jam)

jadi guru les via kammimengajar.wordpress.com

Menjadi guru les privat bisa kamu lakukan selama libur semester. Membimbing anak-anak TK, SD, SMP, SMA dalam belajar tentu bukan hal yang sulit untukmu karena kamu sudah mempelajari materi pembelajaran mereka. Sebenarnya yang kamu butuhkan hanyalah kesabaran. Hehe.

Ajarkan topik yang memang familiar denganmu. Jika kamu mahasiswa Sastra Inggris, berikan saja les privat khusus bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Jika kamu adalah mahasiswa Teknik, maka kamu bisa memberi bimbingan belajar khusus pada mata pelajaran Matematika, Kimia, dan Fisika. Fee yang kamu dapatkan juga terhitung lumayan, sekitar Rp 20.000 hingga Rp 50.000 per 90 menit. Tuh, lumayan ‘kan, bisa ditabung untuk modal traveling!

4. Liburan gratis sekaligus digaji itu bukan khayalan. Ini caranya kamu bisa jadi guide untuk turis asing.

guide bule via nurings.blogspot.com

Travelling gratis sekaligus digaji? Ini bukan mimpi! Kirimkanlah CV-mu ke travel agent atau obyek pariwisata yang dikelola oleh swasta untuk melamar sebagai guide. Dengan waktu yang lebih fleksibel tentunya pekerjaan ini bisa menjadi pilihan selama liburan panjang. Selain berpeluang jalan-jalan gratis, kamu juga bisa makin lihai untuk bercakap-cakap dengan bahasa asing. Bahkan jika tamu yang kamu antarkan puas terhadap jasamu, bukan tidak mungkin kalau kamu akan dipanggil untuk bekerja lagi oleh travel agent di liburan semester yang selanjutnya.

5. Ambil juga pekerjaan sebagai translator. Selain mengasah otak, kamu bisa mendapatkan puluhan ribu hingga jutaan per proyek.

translator via www.tumblr.com

Selama liburan kamu bisa juga bekerja sebagai freelance translator. Menerima orderan untuk menerjemahkan dokumen atau artikel dari Indonesia-Inggris atau Inggris-Indonesia bisa kamu lakukan di mana saja, bahkan dari kamar kostmu. Harga yang dipatok pun lumayan, dari Rp 30.000 hingga Rp 50.000 per naskahnya, tergantung dari tingkat kesulitannya. Proyek yang menjanjikan juga bisa memberikanmu 1-2 juta rupiah.

Tanpa kamu sadari, kamu juga bisa mengasah kemampuan berbahasa Inggris sekaligus keahlian merangkai kata dan kalimat. Untuk bisa lebih mudah mendapatkan klien, kamu bisa bergabung dengan komunitas penerjemah. Tertarik mencoba?

6. Honor yang lebih banyak lagi bisa kamu dapatkan sebagai interpreter lepas.

Jika ingin menempa kemampuan berbahasa asing secara lisan, kamu bisa bekerja sebagai interpreter. Jika seorang translator menerjemahkan text, maka seorang interpreter menerjemahkan secara lisan dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Namun, tentu saja fee yang didapat juga lebih banyak dengan jam kerja yang lebih singkat. Untuk menjadi seorang interpreter memang susah-susah gampang karena sebelumnya kamu harus mendapatkan sertifikat interpreter supaya kemampuanmu tidak diragukan dan klien juga lebih percaya untuk menggunakan jasamu.

7. Penulis lepas online juga bisa dijadikan pilihan menggali uang. Tergantung situsnya, kamu bisa mendapatkan Rp. 75.000 – Rp. 250.000 per artikelnya.

freelance writer via ideas.time.com

Bagi kamu yang ingin mendalami serta mengasah kemampuan dalam bidang jurnalistik, kamu bisa menjadi freelance writer di website atau kontributor lepas di media cetak. Sebagai kontributor lepas, karyamu akan dihargai sekitar Rp 100.000 hingga Rp 200.000. Untuk bekerja sebagai kontributor lepas juga sangat mudah, kamu tinggal membuat karya sesuai rubrik di media cetak dan mengirimkannya. Jika ingin bekerja sebagai freelance writer kamu bisa mencari lowongannya di website. Biasanya pekerjaan paruh waktu ini akan memberikan fee sebesar Rp 20.000- Rp 25.000 per harinya, tergantung berapa banyak artikel yang diminta. Lumayan ‘kan untuk ditabung sebagai bekal modal jalan-jalan saat liburan?

8. Hobi bikin kue? Kenapa tidak usaha kecil-kecilan berjualan kue selama libur semester?

kue kering via www.creativebloq.com

Hobi membuat kue bisa dimanfaatkan menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Kamu bisa membuat kue kering yang kemudian dijual secara online. Untuk mengakali supaya bisa bersaing dengan toko kue online lainnya, kamu bisa mengemas kue-kue buatanmu dengan kemasan yang semenarik mungkin. Selain berjualan secara online, kamu juga bisa mempromosikan kue buatanmu kepada orang-orang terdekat dengan memberikan tester gratis terlebih dahulu. Jika rasanya enak, bukan tidak mungkin mereka akan langsung memesannya saat itu juga atau di momen hari raya.

9. Gratis ngenet sesuka hati sekaligus digaji? Lamar kerja part time jadi penjaga warung internet! (Rp. 20.000 – 35.000 / shift)

jaga warnet via www.lokernesiaku.com

Ngenet gratis sepuasnya sekaligus dibayar itu gak cuma mimpi kok! Kamu bisa bekerja paruh waktu sebagai penjaga warung internet. Waktu bekerjanya juga fleksibel karena bisa memilih shift pagi atau shift malam tergantung koordinasimu dengan teman kerja. Upah yang kamu dapatkan sekitar Rp 20.000 – Rp 35.000 per shiftnya (6jam). Lumayan ‘kan, kamu jadi bisa menghemat uang karena tidak harus membeli pulsa internet.

10. Tambah juga pertemananmu dengan menjadi event organizer selama liburan. Siapa tahu dapat jodoh…

Upah yang kamu raup selama bekerja menjadi freelance EO beragam, dari ratusan hingga sampe jutaan rupiah, tergantung besarnya proyek dan durasinya. Bahkan lewat kerja paruh waktu ini kamu bisa memperluas jaringan koneksimu karena selama bekerja kamu akan banyak bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang. Pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu yang aktif dan supel. Siapa tahu kamu akan mendapat pengalaman baru yang mengasyikkan, bahkan kemungkinan dapat pacar terbuka lebar buat kamu yang masih jomblo. Hehe.

11. Bekerja sebagai SPG juga bisa kamu lakoni untuk mengisi kekosongan kegiatan di hari libur

Bekerja sebagai Sales Promotion Girl (SPG) juga bisa kamu lakukan untuk mengisi hari libur. Jangan takut dipandang sebelah mata dan mendapat cap negatif. Kamu bisa mengasah kemampuan komunikasi serta bakat pemasaran lewat profesi ini. Kamu bisa bergabung dengan event yang sedang berlangsung di kotamu, entah itu pameran gadget, motor, mobil, atau mungkin acara besar yang disponsori oleh merk rokok ternama. Walaupun cukup capek karena kamu diharuskan berdiri selama berjam-jam namun bayaran yang kamu terima cukup lumayan. Kamu bisa mengantungi ratusan ribu hingga jutaan rupiah dalam sehari. Tuh, menarik ‘kan?

12. Hobi nongkrong di cafe? Coba saja bekerja sebagai barista atau waitress di coffee shop langganan! (Rp. 500.000 – 800.000 / bulan)

barista atau waitress via is.asia-city.com

Bekerja paruh waktu sebagai barista atau pramusaji di cafe atau coffee shop juga bisa menjadi pilihan pekerjaan di musim liburan. Dengan sistem shift sekitar 8 jam per harinya, kamu bisa mengantungi pendapatan sekitar Rp 800.000 per bulannya. Kamu bisa kok melamar ke cafe langgananmu. Lumayan ‘kan, kamu tetap gaul karena bisa nongkrong di cafe tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Bahkan kamu juga bisa mendapat kudapan dan minuman gratis selama bekerja. Hehe.

13. Kamu mahasiswa Teknik? Manfaatkan keahlianmu untuk jasa reparasi selama liburan! (> Rp. 25.000)

buka jasa servis via jasapembuatanwebsitemurah.biz

Kalau kamu adalah mahasiswa teknik, kamu bisa membuka jasa reparasi kecil-kecilan selama liburan. Dari mulai barang elektronik kecil seperti kipas angin, radio, laptop, HP hingga TV. Tentunya hal ini akan sangat berguna apabila ada benda elektronik dari teman kostmu atau tetangga sebelah yang sedang membutuhkan jasa reparasi. Memang harga yang dipatok tidak terlalu besar tapi bukankah kamu bisa merasa bahagia karena menyadari dirimu bermanfaat untuk orang lain? Selain itu, hal ini juga akan membuat relasi dengan orang di sekitar terjalin baik. Jika memang hasil reparasimu bagus, bukan tidak mungkin mereka akan menjadi langganan setiamu.

Jadi, apakah kamu sudah pernah mencoba ragam pekerjaan paruh waktu di atas selama liburan? Jika kamu punya pekerjaan paruh waktu lain yang belum Hipwee tuliskan, tambahkan di kolom komentar ya! 😀