Mimpi mempunyai rumah sendiri jadi keinginan paling awam anak-anak muda saat ini. Nggak heran, banyak anak muda umur 20-an yang penasaran bagaimana cara menabung kalau gaji cuma 2 juta dan bagaimana caranya punya rumah sebelum usia 30 tahun. Hmm….rumah memang se-seksi itu ya buat kita?

Selain menyisihkan uang dan berhemat, sebenarnya ada langkah lain yang mulai sekarang bisa kita lakukan. Pernah dengar soal KPR Sejahtera FLPP dan KPR SSB? Program Kementerian Perumahan Rakyat ini bisa jadi jawaban untukmu yang gajinya pas-pasan, tapi ingin mewujudkan rumah impian dengan ringan.

Penasaran apa itu KPR Sejahtera juga KPR SSB dan bagaimana cara mengajukannya? Yuk, baca dulu 6 fakta yang sudah Hipwee kumpulkan ini.

1. Untuk mendapatkan KPR ringan ini ada 2 syaratnya. Gajimu tidak boleh diatas 4 juta atau 7 juta

Gajimu cuma boleh 4 juta atau 7 juta via www.atrasdevos.com

Pemerintah sengaja merancang program ini untuk warga negara yang kemampuan ekonominya masih rendah. Ada 2 jenis hunian yang disediakan. Perumahan dan Rumah Susun.

Advertisement

Untuk apply ke Perumahan menggunakan skema ini gajimu tidak boleh diatas 4 juta. Sedangkan untuk apply ke rumah susun syaratnya adalah gaji yang tidak lebih dari 7 juta rupiah.

2. Lewat skema SSB bunga KPR-mu akan fixed 5% sepanjang waktu kredit. Suku bunga yang mengalami fluktuasi akan disubsidi oleh pemerintah

Lewat skema ini suku bunga KPR mu akan fixed sepanjang waktu via www.atrasdevos.com

Suku bunga KPR sesungguhnya fluktuatif setiap waktu. Karena itu, cicilan KPR-mu akan bervariasi sesuai dengan kondisi ekonomi saat itu. Yang asyik dari skema ini adalah suku bunga KPR-mu akan tetap sama sepanjang masa kredit. Cicilan yang harus kamu bayar akan selalu sama sepanjang waktu.

Pemerintah akan mensubsidi suku bunga KPR yang fluktuatif itu. Semisal tahun ini suku bunga KPR naik menjadi 13%, maka pemerintah akan mensubsidi cicilanmu sebanyak 8%. Lumayan banget ‘kan dimanfaatkan biar cicilan lebih ringan?

3. KPR Sejahtera atau KPR SSB hanya bisa digunakan untuk KPR rumah pertama. Kamu juga wajib menempati rumanhnya

KPR SSB cuma boleh untuk rumah pertama via www.tumblr.com

Tujuan dari program ini adalah untuk memberi kesempatan bagi calon pemilik rumah yang penghasilannya masih rendah. Karena itu pemerintah benar-benar strict soal status kepemilikan dan penggunaan rumah.

Untuk mendapatkan kesempatan memanfaatkan program KPR Sejahtera atau KPR SSB kamu mesti menunjukkan surat pernyataan bermaterai bahwa sebelumnya kamu dan pasangan belum pernah memiliki rumah, surat pernyataan belum pernah menerima subsidi perumahan dari pemerintah, dan wajib menandatangani surat pernyataan bahwa rumah yang akan kamu cicil itu akan ditempati sendiri. Bukan dikontrakkan.

4. DP KPR SSB dan KPR Sejahtera minimal 1% dari harga keseluruhan rumah. Lumayan ringan ‘kan?

Daftar harga rumah yang dilansir pihak KPR SSB via www.btn.co.id

Data yang Hipwee ambil dari Bank BTN menunjukkan skema perbedaan harga rumah di berbagai daerah. Harga rumah ini berubah terus dari tahun ke tahun. Untuk dapat memiliki rumah melalui program KPR Sejahtera atau SSB kamu hanya perlu menyiapkan dana DP minimal 1% dari harga rumah.

Tentu jika DP-mu makin banyak, cicilanmu akan makin ringan. Begitu pun sebaliknya.

5. Berapa lama kamu bisa mencicil? Skema KPR Sejahtera atau SSB memberi kesempatan maksimal 20 tahun

Maksimal cicilan bisa kamu lakoni selama 20 tahun via situationinteractive.tumblr.com

Semakin ringan cicilan yang ingin kamu ambil, semakin lama jangka waktu selesainya kreditmu. Kalau kamu mulai dari usia 25 tahun dengan jangka waktu 20 tahun berarti baru di usia 45 tahun cicilanmu selesai.

Hmmm……makanya nabung, guys! Perjuangan sebenar-benarnya bukan putus cinta. Tapi mencicil KPR!

6. Tertarik join ke KPR Sejahtera? Cek di gambar ini syarat apa saja yang harus kamu kumpulkan

Syarat yang harus kamu kumpulkan. Ini nih~ via www.btn.co.id

Sila dicek langsung syarat apa yang harus kamu kumpulkan. Jangan sampai ada yang ketinggalan sebelum beranjak ke bank.

Punya rumah sendiri di usia muda memang membutuhkan perjuangan berdarah-darah. Tapi bukan berarti ini mustahil. Kamu pasti bisa. Kita pasti bisa. Asal mau usaha 🙂