Sering dengar kan, kalau yang namanya waktu itu sangat berharga. Bahkan saking berharganya, ada ungkapan yang bilang bahwa waktu itu adalah uang. Iya, kalau kamu bisa mengatur waktumu dengan baik bukan tidak mungkin keuntungan-keuntungan di bawah ini bakal kamu dapetin!

1. Merasa Lebih Produktif dan Bersemangat

Lebih produktif dan bersemangat via shkolazhizni.ru

Dengan mengelola waktu dan kesibukanmu, kamu akan tahu seberapa sibuk dirimu dalam satu hari ini. Berapa banyak laporan yang harus dibuat dan tenggang waktu yang harus ditepati, berapa banyak rapat yang harus kamu hadiri, atau berapa teman yang berjanji akan berkunjung ke rumahmu.

Planning yang kamu lakukan untuk satu hari itu akan berfungsi sebagai panduan sehingga kamu lebih produktif dan menghindari overtime saat melakukan tugas, aktivitas dan rencanamu. Selain itu kamu tidak akan lagi bengong dan bingung mencari hal apa yang harus kamu lakukan, bukan?

2. Tidak Mudah Lelah

Advertisement

Kegiatan yang menumpuk dan waktu yang terbatas sama sekali bukan pasangan yang serasi. Jika kamu tidak mengatur waktumu mulai dari sekarang, maka suatu ketika tubuhmu pasti akan menjerit protes. Entah dengan mengirimkan sinyal stres, uring-uringan dan emosi tidak stabil atau jatuh sakit hingga kamu harus bedrest selama beberapa hari.

Malas banget kan kalau harus tiduran tanpa daya di kasur cuman karena kecapekan?!

3. Lebih Santai dan Tidak Mudah Stres

lebih jarang stres via onwardstate.com

Sudah pasti jika kamu bisa mengatur waktumu dengan baik, kau akan lebih jarang stres dibandingkan jika kamu sama sekali tidak mengatur waktumu. Dapat mengatur waktu dengan baik itu berarti kamu akan memiliki deadline yang lebih sedikit, terhindar dari buru-buru dan kepanikan.

Siapa sih yang pengen selalu dikejar-kejar deadline?

4. Bisa Memiliki Waktu Luang

waktu luang via farm8.staticflickr.com

Pasti ada suatu ketika kamu masih belum bisa mengatur waktumu dengan baik, waktu luang untuk dirimu sendiri terasa sangat sulit hingga kamu berharap satu hari itu seharusnya lebih dari 24 jam. Kerjaan kantor nggak kelar-kelar, yang bikin kamu lembur tiap harinya, rapat dengan klien yang baru selesai jam 11 malam, atau macet di jalan yang bikin kamu emosi.

Dengan perkiraan dan manajemen waktu yang baik, kamu pasti akan mendapatkan waktu luang untuk dirimu sendiri yang sebelumnya terasa sulit untuk didapat.

5. Dapat Menyelesaikan Lebih Banyak Hal

Dapat menyelesaikan lebih banyak hal via www.dumblittleman.com

Dapat mengelola waktu dengan baik juga akan membuatmu bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan. Hal ini karena kamu bisa melakukan skala prioritas kerja dan bisa membedakan mana hal yang penting untuk dikerjakan dan mana hal yang kurang penting dan bisa ditunda.

Ini juga berguna untuk mencegahmu membuang-buang waktu dan menunda-nunda pekerjaanmu. Tidak jarang lho waktu kita tiba-tiba habis dengan mantengin TV, ngobrol di telepon, atau cuma sekadar tidur dan bermalas-malasan.

6. Memiliki Hubungan Yang Lebih Baik Dengan Orang Lain

punya hubungan lebih baik dengan orang lain via media.giphy.com

Kadang secara tidak sadar, kita sering mengabaikan orang terdekat kita seperti pasangan, orang tua atau keluarga karena kita terlalu tenggelam dalam pekerjaan dan aktivitas kita atau mungkin kita berkonflik dengan rekan kita hanya karena kamu sedang bad time di hari itu.

Mengelola waktu dan aktivitasmu adalah salah satu cara agar kamu terhindar dari bad time. Dengan ini kamu bisa lebih positif dan bahagia sehingga hubunganmu dengan orang di sekitarmu juga menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

7. Bangga Pada Dirimu Sendiri

Bangga pada dirimu sendiri via s3.amazonaws.com

Mengelola waktumu dengan membuat daftar rencana kegiatan akan memberikan kesempatan bagimu untuk melakukan kroscek dan mengkaji ulang harimu untuk tahu hal apa saja yang telah selesai kamu lakukan. Secara psikologis, tahu bahwa kamu bisa menyelesaikan sesuatu akan membuatmu merasa berguna dan merasa bangga pada dirimu sendiri.

Jadi guys, banyak kan keuntungan yang bisa kamu dapetin kalau kamu bisa mengelola hidupmu dengan baik? Mulai sekarang jangan buang-buang waktu lagi ya?! Yuk bikin manajemen waktu yang baik biar hidup juga ikutan lebih baik lagi 🙂