Indonesia harus memiliki lebih banyak entrepreneur atau pengusaha. Bayangkan saja, jumlah pengusaha kita di tahun 2014 baru sebanyak 1,56% dari jumlah penduduk produktif. Padahal jumlah pengusaha yang ada di dalam sebuah negara idealnya adalah sekitar 2 hingga 4%.

Tapi memang sih, jadi pengusaha itu adalah pekerjaan yang susah-susah gampang. Berbeda dari karyawan yang cukup bermain dengan aturan kantor, seorang pengusaha harus merancang segala sesuatunya sendiri. Mulai dari ide bisnis yang ingin ditekuni, bagaimana melakukannya, hingga merencanakan agar bisnisnya bisa berkembang dan diterima masyarakat.

Nah, karena menjadi pengusaha itu susah-susah gampang, kali ini Hipwee akan berikan beberapa hal yang harus kamu ingat saat kamu ingin membuka usaha dan menjadi seorang pengusaha yang sukses. Penasaran ‘kan apa aja? Yuk, langsung disimak aja yuk…

1. Seorang Pengusaha Sukses Selalu Yakin Bahwa Cepat Atau Lambat Setiap Perjuangan Pasti Memberikan Hasil yang Sepadan. Sementara Berdiam Diri Hanya Akan Memberinya Kerugian

Yang usaha dulu dengan baik dan rajin via 3.bp.blogspot.com

Saat memutuskan menjadi pengusaha, secara tidak langsung kamu telah “terikat kontrak” untuk membuat hal-hal yang terlihat mustahil dan tidak mungkin menjadi mungkin dan bisa diusahakan. Semangat inilah yang biasanya menjadi motivasi para pengusaha sukses untuk meraih mimpi-mimpinya.

Advertisement

Mereka tahu bahwa apapun yang mereka usahakan tidak akan berakhir sia-sia. Mereka paham saat kamu berusaha, akan selalu ada hasil yang bisa kamu ambil dan kamu petik.

2. Semua Masalah Dihadapi Dengan Biasa Saja. Mereka Percaya Tak Ada Problem yang Tidak Dibarengi Jalan Keluarnya

selau ada jalan selama masih mau mencoba via 3.bp.blogspot.com

Awal karirmu menjadi seorang pengusaha memang tidak akan pernah mulus. Selalu akan ada kerikil tajam hingga batu besar yang menghadang jalanmu. Jatuh bangun dan kegagalan bisa menjadi kawan yang harus kamu akrabi.

Namun yang membedakan pengusaha sukses dengan yang belum adalah kegigihan mereka untuk mencoba bangkit dari kegagalannya. Kegagalan demi kegagalan mengajarkan mereka untuk kuat dan kreatif dalam melihat berbagai solusi, serta merancang jalan keluar untuk masalah-masalah yang menghadangnya.

3. Optimisme yang Dimiliki Berimbang. Bisa Mendorongnya Mencapai Tujuan, Tapi Tak Membuatnya Pongah Seperti di Atas Awan

selalu optimis hadapi tantangan via fbcdn-sphotos-d-a.akamaihd.net

Sikap optimis memang kadang bisa menjadi pisau bermata dua yang bisa menghancurkan usahamu. Menjadi pengusaha yang tak memiliki rasa optimis tidak akan pernah membuatmu bisa sukses, namun terlalu optimis juga akan membuatmu tidak realistis dan riskan untuk gagal.

Rasa optimis ini bisa diibaratkan sebagai bahan bakar yang mendorong dan memberikan mereka keyakinan untuk bisa mengatasi masalah-masalah yang akan menghadang mereka. Nah, mulai belajar optimis dong!

4. Mereka Paling Enggan Diperintah. Dalam Segala Hal Ia Punya Cara Sendiri Untuk Berbenah

nggak bakal tahan diperintah via 1.bp.blogspot.com

Salah satu tanda kalau kamu adalah calon seorang pengusaha adalah kamu tidak akan tahan diperintah-perintah. Ini terjadi karena kamu lebih sering memiliki standar sendiri tentang apa yang sedang kamu lakukan. Kamu melakukan segala hal dengan caramu sendiri yang mungkin saja berbeda dengan standar dari bosmu. Ini yang membuatmu jengah, keluar, dan mendirikan usaha sendiri.

Istilah bosan jadi pegawai, ada ‘kan?

5. Aturan Formal Ala Korporasi Membuatmu Jengah. Kamu Merasa Bisa Melakukan Lebih Banyak Hal Jika Tak Ada Hierarki Perintah

tidak tahan pada aturan-aturan via 2.bp.blogspot.com

Jika perintah langsung dari bos saja bisa membuat mereka jengah, apalagi dengan aturan-aturan tertulis di kantor?

Para orang yang memang berjiwa entrepreneur memang bisa menaati peraturan kantor, tapi seringnya hal ini hanyalah sekadar memenuhi formalitas belaka. Bagi mereka, aturan-aturan yang dibuat oleh orang lain tidak akan pernah berlaku bagi mereka — kecuali kalau aturan-aturan itu sesuai dengan aturan dan standar tinggi yang mereka miliki.

Mereka memiliki aturan yang mereka buat sendiri, dan mereka berjalan dengan cara mereka sendiri. Berada dalam aturan-aturan yang mengikat tak ubahnya seperti berada dalam sebuah kotak yang tak akan pernah membuat mereka betah.

6. Keberhasilan Tidak Membuat Mereka Berpuas Diri. Mereka Selalu Ingin Berbuat Lebih Baik Lagi

tak mudah puas, jeli melihat kesempatan dan berani ambil resiko via 3.bp.blogspot.com

Pengusaha yang sukses adalah mereka yang tidak mudah puas, tapi tentu saja bukan dalam artian sombong.

Bagi mereka yang sukses, kata ‘sukses’ itu sendiri belum tentu mereka akui. Mereka selalu merasa hal-hal yang telah mereka lakukan sebenarnya bisa dilakukan dengan lebih baik lagi. Mereka selalu haus akan pengembangan diri sehingga tak akan ragu untuk mencoba hal baru, melihat kesempatan dan mengambil risiko.

Nah, jadi itu tadi 6 hal yang harus kamu ingat-ingat saat kamu mau membuka usaha dan berniat menjadi pengusaha sukses. Yuk mulai gerak, terapkan dan berani ambil risiko, ingat dong, sukses itu adalah bonus hanya bagi mereka yang mau berusaha. Semoga sukses ya, guys!