Banyak diantara anak-anak muda jaman sekarang terlihat enjoy dengan hobi mereka. Tak jarang pula mereka bisa menghasilkan uang dari hobi yang ditekuni. Seperti Raditya Dika yang hobi menulis blog dan akhirnya menciptakan buku kisah hidupnya sendiri dan banyak pula penyanyi yang berawal dari hobi yang akhirnya menjalaninya sebagai profesi yang menghasilkan banyak uang. Atau pemuda yang hobi fotografi yang akhirnya menjadi fotografer profesional.

Pasti sempat terbayang di benakmu betapa menyenangkannya menghasilkan uang dari hal yang sangat kita suka , dan mungkin rasanya akan ringan berjuang di bidang yang kamu suka. Tertarik untuk mencari hobi untuk ditekuni? Kamu juga bisa lho berusaha dari sekarang.

1. Jangan hanya berdiam diri. Carilah kegiatan sebanyak-banyaknya! Karena hobi tak akan datang sendiri

Mencoba banyak kegiatan baru via www.fansshare.com

Jika sampai saat ini kamu belum menemukan minat dalam bidang apapun, mungkin itu karena kamu belum berusaha untuk mencarinya. Menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan akan membantumu menemukan apa yang sebenarnya kamu sukai. Karena jangan berpikir bahwa minat akan datang dengan sendirinya. Pernah dengar istilah ‘bakat terpendam’? Hal ini memang sungguh ada jika kamu tak berusaha menggali bakatmu. Kenyataannya walaupun kamu sudah mempunyai bakat dalam suatu bidang tapi kamu tidak mencoba menggali dan menemukan bakatmu, maka itu hanya akan terpendam seterusnya di dalam dirimu.

Cobalah setiap peluang pengalaman baru yang datang padamu. Coba tanyakan pada dirimu sendiri “sebenarnya apa sih yang aku suka?” lalu coba semua hal untuk mengeksplor bakatmu. Orang-orang yang menghasilkan uang dari hobinya pasti diawali dengan melakukan apa yang mereka suka.

2. Awali dengan membuat daftar hal atau kegiatan yang ingin kamu lakukan paling tidak sekali dalam seumur hidup

Advertisement

Membuat list via shawnmckenzie.net

Untuk menuntunmu agar lebih mudah menemukan minatmu, kamu bisa membuat daftar yang berisi hal-hal apa saja yang sangat ingin kamu lakukan. Bisa hal yang sudah pernah kamu lakukan sebelumnya atau hal baru yang sangat ingin kamu lakukan paling tidak sekali dalam seumur hidupmu. Sebutkan kegiatan sebanyak-banyaknya. Bisa berupa belajar make up profesional, berlatih slalom mobil, belajar surfing, paralayang, belajar bahasa asing, atau belajar teknik menggambar manga yang baik.

Dari sekian banyak hal yang sudah kamu daftar, kamu akan bisa menilai mana yang ingin kamu lakukan terlebih dahulu dan paling bisa dilakukan saat ini juga. Misalnya berlatih teknik menggambar bisa kamu mulai sekarang juga karena hanya tinggal melihat tutorialnya di internet, berbeda dengan belajar surfing yang hanya bisa kamu lakukan jika kamu ke pantai.

3. Biasakan diri untuk selalu mencoba hal baru setiap minggu. Kebiasaan mencoba hal baru yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya akan membantumu dalam menemukat bakat terpendam

Berlatih ice skating via www.pinterest.com

Dari daftar kegiatan yang sudah kamu buat sebelumnya, bisa menjadi acuanmu untuk selalu melakukan hal baru setiap seminggu atau dua minggu sekali. Minggu ini, kamu akan belajar bahasa asing, lalu dua minggu kemudian kamu belajar memasak, dan sebagainya. Kebiasaan ini akan membawamu pada hal yang paling kamu suka. Selain itu juga, kamu bisa menambah terus pengalaman dalam hidupmu tentang berbagai hal. Lagi pula, hidup hanya sekali, guys. Jadi, isilah hidupmu dengan pengalaman akan kegiatan yang akan memberimu pelajaran.

4. Terus kembangkan dan fokus pada apa yang kamu kerjakan. Sampai kamu benar-benar menemukan kenyamanan

Fokus pada yang kamu sukai via wewerelovers.blogspot.com

Suatu saat kamu melakukan suatu hal. Kamu akan tau bahwa kamu telah menemukan apa minatmu yang sebenarnya saat hal tersebut selalu ingin kamu lakukan, pelajari, dan kamu merasa senang saat melakukannya. Pada tahap ini, fokuslah pada yang kamu suka. kamu juga bisa meminta saran pada orang yang sudah lama menekuni hobi tersebut dan bagaimana mereka sukses di bidang itu, apa saja kesulitan dan tantangan yang dihadapi, dan bagaimana cara mengatasinya. Jika kamu sudah menguasai bidang ini, carilah jalan agar hobimu bisa menjadi profesi yang menghasilkan. Ikutilah kontes dan perlombaan untuk membuktikan kemampuanmu, atau tawarkan hasil pekerjaanmu pada pihak yang bisa menyalurkan hasil karyamu itu.

5. Hobi yang bisa ditekuni sebagai pekerjaan tak akan kamu temukan dalam semalam. Tapi ini sejalan dengan banyaknya pengalaman yang akan datang

Nikmati hidupmu via apenas-um-sorriso.blogspot.com

Walaupun hal-hal yang sudah kamu coba selama ini belum ada yang berhasil menarik minatmu kearah sana, tapi kunci dari kesuksesan dalam hidup adalah tak berhenti belajar dari pengalaman baru setiap harinya. Semakin banyak hal baru yang kamu eksplor, semakin banyak pula pintu kesempatan baik yang terbuka untukmu. Bukan tak mungkin kamu akan menemukan profesi yang menghasilkan dari pengalaman yang sudah kamu jalani selama ini.

Tetap isilah hidupmu selagi masih muda dengan segala macam kegiatan dan pengalaman yang menarik. Berilah makna pada setiap detik yang terlewat di hidupmu.

Sebenarnya, kunci dari pencarian minat dan hobi adalah dengan melakukannya. Jika kamu belum melakukannya, maka kamu tidak akan tau bahwa kamu sebenarnya kamu menyukai hal tersebut.