Halo fresh graduate atau pekerja entry level yang gajinya masih 2 jutaan! Tenang, duniamu nggak akan datar-datar aja kok walau gajimu belum bisa membuat dompetmu kembung. Selalu ada banyak jalan untuk menikmati hidup, tergantung bagaimana kamu mengaturnya. Dua juta mungkin bisa jadi uang makan saja, tapi bisa pula jadi segalanya. Semuanya ada di tanganmu guys!

Karena hidupmu bukan cuma tempat kerja dan kost aja, anggaranmu nggak boleh cuma makan, kost, dan transport. Seberapapun angka yang terkirim di ATM-mu tiap bulannya, kamu tetap berhak menikmati kebahagiaan, dan tips anggaran ini akan memberimu jalan.

1. Bagi uang gajimu menjadi minimal 8 bagian,  dari mulai uang makan sampai buat pacaran

Buat bagian-bagian yang jelas via techdissected.com

Selain untuk makan, kost, dan transportasi, anggaranmu juga harus dibuat untuk kebutuhan lain seperti untuk pacaran, hobi, makeup, kondangan, tabungan, dan traveling. Selain kebutuhan, jangan lupa membuat anggaran untuk keinginanmu juga, karena setiap orang selalu punya keinginan khusus kan tiap bulannya. Daripada nggak terkontrol lebih baik dibuatkan anggaran khususnya.

2. Buat angka anggaran sedetail mungkin dan sesuaikan dengan kebutuhan bukan keinginanmu

Harus sedetail mungkin ya! via micpublishing.co.id

Advertisement

Jangan cuma berupa perkiraan saja, akan lebih baik jika kamu sudah melakukan survei sebelum membuat anggaran. Misalnya melihat informasi harga di supermarket, warung makan terdekat, harga tiket, dan lainnya. Jadi anggaranmu bisa lebih realistis dan tidak menyimpang terlalu jauh di akhir bulan nanti.

3. Nah kamu yang masih belum kebayang, coba deh lihat contoh anggaran untuk satu bulan ini

Makan                        Rp500,000
Kost                             Rp500,000
Kebutuhan bulanan Rp150,000
Transportasi              Rp150,000
Traveling                    Rp200,000
Tabungan                   Rp100,000
Hobi                            Rp100,000
Pacaran/hangout     Rp200,000
Keinginan                  Rp100,000

Untuk makan kamu wajib memasak nasi sendiri agar bisa lebih murah, untuk lauk dan sayurnya bisa beli atau masak sendiri bergantung pada kesibukanmu. Pulsa, makeup, alat mandi, dan lainnya masuk ke kebutuhan bulanan. Sementara anggaran hobi bisa kamu gunakan untuk membeli buku, nonton film, acara musik, dan lain sebagainya.

4. Jika anggaranmu nggak cukup karena darurat, kamu bisa HUTANG  ke anggaran yang lain

Hutang lho ya! via gogirlmagz.com

Misalnya bulan itu kamu ada dua kondangan yang sebelumnya kamu masukkan ke kebutuhan bulanan, karena melebihi Rp150,000 kamu bisa berhutang ke anggaran lain dan dibayar bulan depannya atau meminta anggaran tersebut. Konsekuensinya kalau kamu meminta anggaran lain misalnya anggaran travelling, artinya kamu tak boleh travelling bulan ini.

5. Kalaupun tak ada pengeluaran di bagian tertentu, masuknya ke tabungan ya, bukan jajan!

Nabung…. nabung … via debtroundup.com

Bulan ini misalnya kamu absen pacaran karena pacarmu sedang ke luar negeri, nah uang Rp200,000 harus masuk ke tabungan, bukan buat jajan atau berfoya-foya! Ingat, ke depan kebutuhanmu akan lebih banyak dan kamu butuh tabungan. Pengen bisa nyicil rumah juga kan?

6. Jangan terlalu banyak memiliki uang cash, setelah gajian ambil seperlunya saja

Cash-nya secukupnya aja via nasikhudinisme.com

Besaran jumlah uang yang ada di dompet akan menggodamu untuk segera membelanjakan uang-uang itu. Karena itu begitu gajian jangan ambil banyak-banyak, cukup ambil seumlah uang yang harus kamu bayarkan segera misalnya untuk membayar kost dan sebagian untuk makan dan transportasi.

7. Manfaatkan semua kesempatan berhemat dari ambil diskon hingga menghindari ATM bersama

Jangan sampai terlewat! via alleywatch.com

Memanfaatkan diskon, sale, bazar murah, atau promosi apapun sangat penting, jangan sampai kamu melewatkannya. Dan hindari hal-hal yang memotong uangmu tanpa kamu sadari misalnya degan mengambil uang di ATM yang bukan bank aslimu seperti ATM bersama atau transfer antar bank. Hati-hati aja sih…

8. Terakhir: niat itu nggak cukup! Kamu harus tega pada dirimu sendiri!

Hukum dirimu kalau melanggar! via lolading.com

Kalau ditanya siapa yang ingin punya anggaran yang bagus pasti semua orang menginginkannya, tapi masalahnya selalu pada bagaimana menerapkannya. Nah kamu harus tega dulu pada dirimu untuk hidup apa adanya dan jangan segan menghukum dirimu sendiri jika menyalahi aturan anggaran yang telah kamu buat.

Ternyata hidupmu tetap bisa wajar dan bahagia kan walaupun gajimu masih dua jutaan? Intinya adalah sejuah mana kamu bisa mendisiplinkan dirimu untuk menerapkan anggaran yang sudah kamu buat, kamu bisa menggunakan cara memisah ATM atau dompet atau apapun untuk mengamankan rencana anggaranmu.