Dalam hal menyusun CV, yang terpenting adalah bagaimana kamu ‘mengemas’ dirimu dengan baik. Dengan kata lain, kamu dituntut untuk berkreasi supaya CV-mu menarik di mata HRD dan nggak begitu saja berpindah ke tempat sampah. Nah, berikut ini 12 CV yang bisa kamu jadikan referensi, biar kesempatanmu untuk dipanggil wawancara meningkat 2 kali lipat. Ada yang ditaruh dalam kotak donat, sampai yang niat banget dalam bentuk video game. Hmm, totalitas banget ya, Guys!

1. Biar nggak langsung dibuang ke tempat sampah, coba deh selipkan CV-mu dalam kotak makanan. Pasti HRD-nya mikir dua kali sebelum buang makanan

Ea! Link CV-nya ada dalam kotak donat via Wolipop%20-%20Detik.com

Seorang cowok asal Lithuania Lukas Yla berinisiatif untuk bikin CV yang nggak biasa. Dia yang baru aja pindah ke San Fransisco demi mewujudkan mimpinya untuk bekerja di industri teknologi di Amerika Serikat tersebut, sengaja menyelipkan link CV-nya dalam kotak donat. Dengan caption yang menyentil HRD perusahaan tujuan yakni most resumes end up in trash. Mine in your belly. Usaha Lukas ternyata nggak sia-sia karena dari 40 kotak donat yang ia antarkan ke sekitar 10 perusahaan, setidaknya ia mendapat 10 panggilan wawancara. Trik yang bisa dicoba nih!

2. Sekali-kali kita manjakan HRD yang membaca CV kita dengan bikin sesuatu yang nggak membosankan dengan melamar pakai video game

CV yang nggak membosankan via www.socialtalent.co

Adalah Robby Leonardi yang niat banget ngelamar pakai video game. Robby sengaja bikin CV yang nggak membosankan karena dia paham betul perasaan HRD yang kadang bosan dan capek karena terlalu banyak membaca rekam jejak para pelamar. Konsep video game rancangan Robby adalah ala Mario Bros. Jadi, ketika kamu main game CV bikinan Robby, saat kamu menjalankan level demi levelnya, sesungguhnya kamu tengah membaca pengalaman dan pencapaian Robby. Saat kamu bermain ke bawah air, kamu diajak untuk mengenal skill-nya Robby. Sementara saat kamu tengah menangkap balon udara, kamu bakal tahu award apa aja yang udah pernah dimenangi Robby.

3. Sebelum infografis populer, Elliot Hasse udah duluan bikin CV dalam bentuk tersebut

Advertisement

CV model infografis via www.businessinsider.co.id

Jauh sebelum populer seperti sekarang, Hasse udah bikin CV dalam bentuk infografis dari sejak beberapa tahun silam saat masih kuliah. Meski awalnya ia merasa beresiko melamar dengan CV berbentuk infografis, tapi tanpa diduga berhasil menjadi tren dan menyebar via dunia maya. Pelajarannya: jangan takut menciptakan hal-hal baru.

4. Cowok ini mengirimkan CV berkonsep vintage ke studio animasi Pixar. Apa yang dia gambarkan dalam CV-nya itu menceritakan pengalamannya

Begini isi notebook-nya via www.socialtalent.co

Brian Moose mengemas dirinya dalam CV berkonsep vintage yang berisi notebook. Dalam notebook tersebut ia menceritakan pengalaman, skill, dan visinya dalam bentuk gambar. Bisa dicontoh nih, buat kamu yang berniat melamar ke sejumlah studio animasi.

5. Berkat CV ala mesin pencari ini, Eric Gandhi berhasil dapat tawaran wawancara di Google! #Warbiyasa!

CV ala Google yang bikin Gandhi dapat tawaran bekerja di Google. via www.socialtalent.co

Eric Gandhi yang berkeinginan untuk bekerja sebagai web designer, membuat CV yang berkonsep beda. Yup, jadi ketika kamu mengetik beberapa kata kunci di Mbah Google seperti creative+hard-working+talented dan beberapa kata lainnya, maka akan nama Eric Gandhi. Mantep banget kan? Beruntungnya, seorang karyawan Google yang menemukan CV uniknya lantas menawarinya pekerjaan di Google dan mengantarkannya pada undangan wawancara. Tuh, daripada ribut melulu tentang caption sungai bersih karena Ahok, mending kamu cari tahu cara merancang caption tersebut bagaimana. Biar bisa kamu manfaatkan untuk melamar pekerjaan.

6. Kalau CV dalam bentuk kertas mah udah biasa. Coba deh kirim CV dalam bentuk kain, beda dari yang lain!

CV dalam bentuk kain. via www.socialtalent.co

Buat kamu yang ingin bikin CV yang beda tapi bingung bagaimana caranya, kamu bisa berkreasi dengan bikin CV berbahan kain. Seperti hasil karyanya Melissa Washin di atas. Supaya HRD yang melihat CV-mu nanti nggak akan tega membuangnya ke tempat sampah. Karenanya pilihlah kain yang warna dan motifnya catchy tapi tetap nyaman untuk dilihat.

7. Praktis dan bisa dilihat oleh banyak orang, adalah nilai lebih kalau kamu bikin CV dalam bentuk video interaktif! Yuk, dicoba!

Adalah Graeme Anthony yang berinisiatif untuk bikin video dalam bentuk video interaktif. Anthony sengaja bikin video dengan menyertakan about me, portfolio,serta contact. Jadi, kalau kamu ingin tahu lebih jauh pengalaman Anthony, tinggal kamu klik aja about me. Kalau kamu tertarik ingin mengundang wawancara Anthony, tinggal klik deh contact. CV a la Anthony ini terbilang praktis dan gampang untuk disebarluaskan, sehingga peluangmu untuk dapat panggilan interview lebih besar. Setidaknya video ini udah mencapai 400 ribu views di Youtube. Kece abiees!

8. Bikin CV dengan gambar pakai pensil, meski terkesan di luar kaidah, tapi boleh juga untuk dicoba!

Meski terkesan di luar kaidah, tapi tetep terlihat catchy ‘kan? via www.socialtalent.co

Mungkin kamu ragu untuk bikin CV dengan konsep seperti ini. Khawatir di luar kaidah dan dianggap nggak niat. Tapi, buat kamu yang melamar sebagai illustrator, CV model begini juga terlihat menarik untuk dilihat. Tunjukkan bahwa kamu memiliki kemampuan dasar yang dibutuhkan dalam pekerjaan tersebut. Setuju nggak nih?

9. Salah satu cara PDKT paling efektif adalah lewat ‘perut’. Yang namanya manusia itu pasti lemah kalau disogok makanan. HRD juga manusia, jadi pasti leleh kalau dikasih cokelat.

CV yang tertera dalam bungkus cokelat via www.businessinsider.co.id

Kamu bisa lho berkreasi dengan bikin CV yang berkonsep bungkus cokelat. Jadi, di bungkus cokelat tersebut bisa kamu cantumkan skill, pengalaman, dan juga personality-mu seperti apa. Dijamin deh, bakal bikin HRD berdecak kagum.

10. Buat CV-mu menarik dari kejauhan dengan konsep poster jadul berikut ini!

CV dalam bentuk poster jadul. via www.businessinsider.co.id

Nggak jauh beda dengan CV kebanyakan, konsep CV satu ini juga tetap memungkinkanmu untuk mencantumkan skill, award, hingga pengalamanmu. CV berbentuk poster punya Kelly Weihs tersebut, berhasil mengantarkannya pada perusahaan tempatnya bekerja sekarang.

11. Ternyata scrapbook nggak hanya cocok jadi kado untuk anniversary atau ulang tahun aja, tapi juga bisa dijadikan konsep untuk bikin CV. Kayak satu ini nih!

Resume berkonsep scrapbook via Pinterest

Buat kamu yang berniat untuk melamar ke industri media atau kreatif, coba deh konsep scrapbook dalam CV-mu. Biar berkesan playful dan mengesankan kalau kamu pribadi yang kreatif, dinamis, dan ceria. Untuk konsep CV satu ini, kamu harus pintar-pintar milih warna yang catchy ya!

12. Yang terakhir ini agak maksa sih. Pernah ada seseorang yang melamar ke Google dengan menyelipkan CV dalam sepatu. Walau nggak diterima, tapi setidaknya itu usaha yang oke punya!

Kamu bisa selipkan CV dalam kotak sepatu yang ditaruh di depan pintu perusahaan idamanmu via Pinterest

Pernah ada pelamar yang nekat mengirim sepatu pada Laszlo Bock Head of People Operations-nya Google. Dalam sepatu itu diselipkan resume dengan maksud supaya si pelamar bisa menginjakkan kakinya di Google. Hmm.. sayangnya cara ini nggak berhasil. Tapi, nggak papah kok. Percobaan yang oke. Setidaknya pelamar itu sudah berusaha!

Semoga 12 contoh CV unik di atas bisa kamu jadikan referensi nih, Guys! Terutama buat kamu para jobseeker yang tengah berjuang mendapatkan pekerjaan impian. Semangat berkreasi!

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!