Seiring perkembangan zaman, mencari uang tidak harus dengan kerja kantoran. Datang jam delapan pulang jam setengah lima dan harus memakai kemeja. Internet dan dunia digital menyediakan banyak peluang untuk kamu yang ingin kerja sambil senang-senang. Hanya tinggal klik-klik di laptop ataupun ponsel pintar, uang bisa berdatangan. Selain olshop, menjadi blogger atau vlogger juga cukup menjanjikan. Mulai dari menerima endorse-an sampai peluang untuk ikut project-project menjanjikan. Selain ketenaran, peluang penghasilan juga bisa kamu dapatkan. Tapi tentu saja, sebelumnya kamu harus punya followers ribuan.

Kawula muda pasti bertanya-tanya, apa sih yang membuat nama selebgram seperti Awkarin dan Anya Geraldine begitu berkibar? Followernya semakin bertambah hingga ribuan, sementara kamu yang upload foto sehari lebih dari lima kali, follower nambah pun hanya sekali-sekali. Apakah kontennya memang luar biasa? Mendidik dan menginspirasi kaum muda untuk berkarya? Atau karena gaya beraninya yang tak tanggung-tanggung melukiskan kehidupan anak muda yang bikin geleng-geleng kepala? Atau curhat kisah cinta yang jujur dan buka-bukaan (sekaligus buka baju beneran)?

Tapi apa iya, kamu juga harus seberani mereka supaya followermu berjuta-juta?

Tentu saja tidak. Masih banyak blogger dan vlogger yang bisa terkenal tanpa harus mengumbar-umbar apa yang seharusnya tidak diumbar. Nah kali ini Hipwee akan memberikan cara agar poplaritasmu di media sosial meningkat, tanpa harus ‘berani’ seperti kedua seleb tadi.

1. Untuk menuruti dunia hiburan, buat konten yang sederhana. Orang tak perlu berpikir keras untuk mencernanya

Keep simple via www.youtube.com

Advertisement

Sebagian besar orang menggunakan akun media sosialnya seperti Instagram, Twitter, dan Youtube untuk mencari hiburan. Setelah bekerja dan untuk menghilangkan penat. Karena itu, usahakan kamu membuat jenis konten yang sederhana dan mudah dipahami. Namun ini tidak berarti kamu hanya boleh mengunggah konten yang receh dan tidak ada gunanya. Isu yang berat tetap bisa kamu sampaikan asalkan dikemas dengan sederhana dan mudah dicerna.

Dengan demikian orang juga tak perlu berpikir keras untuk mencernanya. Misalnya kamu vlogger, kamu bisa mengangkat persoalan sehari-hari dengan gaya sehari-hari pula. Selain lebih mudah, juga lebih ‘kena’. Sebagai referensi, kamu bisa melihat channel FightMediocitry, yang menyampaikan review buku dengan ilustrasi, sehingga lebih mudah dimengerti. Kata kuncinya adalah: sederhana.

2. Jangan takut untuk berbeda. Karena kalau hanya meniru yang sudah viral sebelumnya, lalu apa istimewanya?

Intan Kemala, selebgram yang berani tampil beda via www.youtube.com

Terinspirasi tidak sama dengan menjiplak habis-habisan. Boleh saja kamu merasa terinspirasi oleh seorang selebgram yang kamu rasa keren banget, namun bukan berarti kamu harus meniru semua gayanya mentah-mentah. Kamu harus berani tampil beda dan menunjukkan trademark-mu sendiri. Karena kalau kamu meniru habis-habisan, apa istimewanya?

Sesuatu yang sedang tren tak harus kamu ikuti, karena untuk menjadi trendsetter selanjutnya, kamu justru harus membuat tren tandingan. Kamu bisa mencontoh selebgram keren Intan Kemala Sari, yang berani mendobrak standar kecantikan awam. Selama ini selebgram cewek identik dengan dia yang cantik, putih, mata besar, kurus seperti model, dan menyingkirkan perempuan yang memiliki badan besar atau fisik berbeda. Namun Intan Kemala membuktikan bahwa asalkan bisa menerima dirinya sendiri, setiap orang bisa keren dengan caranya sendiri.

3. Dunia modern yang melelahkan haus akan hiburan dan motivasi. Kamu yang bisa membuat tawa ataupun menginspirasi, pasti dicari

Buat konten yang menghibur via blazepress.com

Bila mengamati gejolak media sosial saat ini, ada dua kategori yang bisa menghasilkan banyak follower. Yang pertama adalah akun-akun yang menyuguhkan konten hiburan. Di Twitter, akun seperti @9gag atau akun-akun para Standup komedian banyak memiliki pengikut karena setiap postingannya bisa mengundang tawa. Kedua, adalah akun-akun informatif yang menyuguhkan motivasi dan inspirasi. Mulai dari inspirasi traveling hingga lifegoals yang sering membuat iri.

Dengan bergerak di dua kanal tersebut, orang bisa mudah jatuh hati. Karena tidak disangkal, bahwa dunia selalu butuh cadangan hiburan untuk mengusir lelah, serta motivasi yang menumbuhkan harapan. Kan kerennya semakin berlipat-lipat, bila kamu bisa populer dengan menyuguhkan hal-hal yang bermanfaat.

4. Ciptakan satu ciri khas yang unik dari setiap postingan. Agar orang mudah menjadikanmu sebagai rujukan atas sebuah persoalan

dr. Evan Antin via www.instagram.com

Untuk menjadi tenar, kamu tidak harus tahu segala hal. Di dunia ini banyak sekali isu-isu yang bisa dibicarakan bersama. Namun kamu tak harus memaksa bila memang bukan kapasitasnya. Daripada begitu, kamu justru harus mengukuhkan ciri khasmu sendiri. Ketika kamu ingin menyuguhkan sesuatu yang bisa dinikmati banyak orang, kamu harus menentukan apa nih yang kamu ingin suguhkan. Konsisten dengan apa yang kamu jalani akan memudahkan netizen untuk mengingatmu. Sehingga kelak ketika orang ingin mencari sesuatu, dia bisa langsung merujuk ke kamu.

Aku lagi pengin traveling nih. Kalau ke Jogja enaknya ke mana ya?
Oh, kamu lihat di akunnya si itu aja. Dia khatam banget tuh kayaknya sama spot-spot wisata di Indonesia.

Kamu bisa meniru akun Instagram dr. Evan Antin (@dr.evanatin), yang mengisi Instragamnya kegiatan sehari-harinya di Rumah Sakit Hewan, sekaligus memperkenalkan hewan-hewan unik kepada followersnya. Karena konten yang informatif ini membuat followernya mencapai 529K walaupun si dokter tidak mesti update sehari sekali, ya selain karena dia dokter yang tampan dan penyayang binatang. Hehe

5. Kualitas konten yang bagus tetap membantu. Video, foto, ataupun tulisan yang mewakili netizen akan menjadikan akunmu idola bersama

Suguhkan kualitas yang bagus via visualstandpoint.com

Yang tak kalah penting dari ciri khas adalah kualitas. Selain harus punya ciri khas yang unik, kamu juga harus memastikan kontenmu memang berkualitas. Bila kamu mengupload foto, kamu harus memastikan foto itu layak diupload. Meski tak harus penuh nilai seni, setidaknya bukan hanya sekadar foto selfie. Bila kamu menulis di blog pribadi, kamu harus memastikan tulisanmu layak dikonsumsi, mulai dari isi sampai gaya penulisan. Dan bila kamu bermain-main di Youtube, pastikan kamu membuat konten yang bisa dinikmati baik dari segi materi ataupun teknis pengambilan gambar. Dengan konten yang bagus, otomatis kamu sudah punya nilai jual. Tinggal memoles saja, bagaimana agar ‘jualanmu’ semakin dikenal dan menjadi pilihan pertama.

6. Popularitas di dunia maya harus diimbangi sosok diri di dunia nyata. Semakin aktif kamu di realitas, semakin mudah kamu menebar pesona

Aktif juga di dunia nyata via www.swimba.org

Mengimbangi keaktifanmu di dunia maya dengan keaktifan di dunia nyata juga akan sangat membantu. Followersmu di dunia maya pasti penasaran dengan sosok dirimu yang sesungguhnya. Karena itu, personal branding yang nyata harus dibangun juga demi mengimbangi popularitas dunia maya.

Kamu bisa mengikuti berbagai komunitas, atau menjadi relawan di berbagai event. Kamu bisa sekadar berpartisipasi saat ada diskusi (kemudian kamu check in atau livetwit di medsos mengenai event yang kamu ikuti). Dengan aktif di banyak komunitas dan kegiatan, kamu juga akan semakin dikenal banyak orang. Sekarang apa yang kamu suguhkan bukan hanya gambar-gambar dan tulisan di dunia maya, melainkan juga kontribusi nyata di dunia nyata.

Banyak cara untuk menarik follower agar berlipat-lipat ganda. Kalaupun ada yang memilih gaya ekstrem seperti Awkarin dan Anya Geraldine, kamu tak harus mengikuti. Kamu punya gaya sendiri. Pandai-pandai menggali potensi akan sangat membantumu mengembangkan diri.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!