Zaman memang sudah semakin canggih, nggak perlu lagi namanya mencetak foto lalu menyimpannya dalam sebuah album. Kita tinggal menyimpannya dalam kartu memori atau kalau tidak ingin hilang. Dan yup, tinggal diunggah saja deh ke internet. Entah itu ke media sosial maupun alat penyimpanan semacam Google Drive. Semuanya serba mudah dan menyenangkan karena kita juga bisa berbagi foto-foto kita dengan orang lain.

Padahal kecanggihan dunia digital nggak sesempurna itu, lho. Ada banyak hal yang lebih indah kalau kita buat klasik saja, namun tetap berasa kenangannya. Dan nyatanya, banyak cara kok untuk membuat setiap fotomu itu menjadi memorable; dari mulai mecetaknya di mug, botol sampai kayu, Hipwee Tips punya rangkuman lengkapnya untukmu! Kira-kira seperti apa saja bentuknya, ya?

1. Kamu yang suka bawa botol minum kemana-mana, coba cetak foto kenanganmu di sana. ‘Greget’ dan unik gitu rasanya

Mencetak foto di botol minuman bisa kamu lakukan dengan menggunakan alat pencetak khusus. Biasanya ada toko-toko kreatif yang punya alat-alat itu lengkap dengan persediaan botolnya. Jadi kamu tinggal pesan untuk mencetak fotonya saja.

2. Punya foto pemandangan yang bagus? Jangan cuma disimpan doang! Coba cetak jadi tatakan gelas seperti ini

Tatakan gelas via classicwoodprints.com

Advertisement

Kebetulan kamu hobi memotret dan punya beberapa koleksi foto-foto yang bagus? Sayang banget kalau cuma disimpan doang di HP atau laptop. Lebih baik kamu cetak saja di atas barang-barang yang sering digunakan seperti tatakan gelas. Sekalian pamer, kalau kamu pernah memotret objek keren kepada tamu-tamumu 🙂

3. Biar lebih kokoh dan klasik, mencetak fotomu di atas kayu adalah solusi yang cerdas dan ciamik!

Cetak foto di atas kayu? Memang bisa? Bisa kok, karena sekarang sudah ada alatnya. Kalau kamu punya foto yang sangat istimewa dan ingin mengabadikannya dalam bentuk-bentuk spesial, kayu bisa jadi salah satu pilihan terbaik karena benar-benar masih anti mainstream. Fotomu pasti akan jadi yang paling unik di antara yang lain.

4. Mencetak foto nggak harus melulu di benda-benda yang terlihat mewah. Misalnya, paralon sederhana yang bisa membuat footmu terlihat ‘wah’

paralon via wikihow.com

Tak pernah terpikir di benak kita ‘kan kalau paralon bisa jadi media cetak foto yang menarik?

Setelah dicetak di atasnya, paralon itu bisa jadi hiasan di dalam rumah, entah itu vas maupun yang lain. Makin terbukti deh kalau barang-barang bekas tetap bisa menghasilkan sesuatu yang berkelas!

5. Ibarat setiap kenangan yang selalu terpatri dalam hati, mengabadikan fotomu di badan mug akan membuatnya lebih berarti 🙂

Mainstream sih. Tapi, tetap banyak yang suka kok mencetak foto dengan cara ini 🙂

Mug memang masih jadi media favorit untuk mencetak foto karena hasilnya memang bagus dan harganya pun terjangkau. Alat untuk mencetak foto di atas mug pun cenderung mudah ditemukan dibandingkan media yang lainnya. Sudah pernah coba nyetak foto di mug?

Kalau kamu kesulitan cari ide-ide bentuk mug, coba cek di Inpirasi Mug, yuk!

6. Bahan yang paling kuat alias nggak mudah pecah itu logam. Kabar baiknya, kamu bisa pakai untuk mencetak foto juga

Logam via metalprints.org

Foto yang dicetak di atas logam tidak akan mudah pecah dan cenderung lebih awet dibandingkan dengan bahan yang lainnya. Hasilnya pun terlihat lebih jelas seolah dicetak di atas kertas. Kalau dijadikan hiasan, hasilnya juga nggak kalah elegan meski dipajang tanpa frame sekalipun. 🙂

7. Nggak ada yang lebih elegan dari kaca untuk urusan mencetak foto. Hasilnya? Pasti pajang-able di rumah masa depanmu nanti

Kaca via designtos.com

Beningnya kaca membuat foto yang kamu cetak di atasnya jadi terlihat sangat mewah dan tampak bagus saat dipajang di rumahmu nanti. Nggak cuma enak dilihat oleh orang lain, kamu pun pasti akan terpuaskan dengan kenangan yang berhasil kamu abadikan dengan manis seperti ini.

8. Ini yang paling aplikatif; mencetak foto terbaikmu di atas case HP. Berguna dan bisa dibawa kemana-mana juga

Phone case via shopee.co.id

Kalau mau pakai cara ini, jangan pakai foto alay atau yang senonoh, ya! Hihi…

Sekarang bisa pesan case HP-mu dengan foto-fotomu sendiri, karena jasa pemasangannya sudah banyak. HP-mu akan terlihat lebih kece dan kekinian, yang paling penting HP-mu akan jadi lebih beda dari yang lain.

9. Pasang foto di bantal juga nggak kalah unyu, karena setiap akan tidur hanya akan ada kamu dan kenanganmu!

Bantal via smartphoto.co.uk

Yang kamu abadikan nggak harus selalu foto sendiri, tapi bisa juga foto perjalanan atau bersama orang-orang terkasihmu. Tujuannya biar kamu bisa ingat lagi kenangan-kenangan terbaikmu saat akan tidur, siapa tahu bisa terbawa lagi sampai ke mimpi. Lumayan ‘kan bisa mengobati rindu?

10. Masih ingat liontin klasik yang kalau dibuka ada fotonya? Kenapa kamu nggak coba bikin ini jadi tren lagi?

Liontin via youtube.com

Dulu kamu mungkin sering menemukan liontin yang isinya adalah foto orang tercinta, dan umumnya adalah pasangan kita. Sekarang sudah jarang ditemukan, padahal ini sweet banget, lho! Kenapa kamu nggak coba bikin ini jadi tren lagi? Tinggal cetak fotomu dengan cara diperkecil lalu simpan di dalam liontin yang kamu pakai dekat dengan dengan detak jantungmu. Manis banget nggak sih? :’)

Terinspirasi ingin mencetak foto dengan bahan nomor berapa nih, guys?

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!