Punya barang bekas bukan berarti membuat rumahmu berantakan. Karena ternyata, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan dari barang-barang itu, salah satunya botol plastik dan kaleng bekas dijadikan tempat multifungsi. Dengan dihias selucu dan sekreatif mungkin sesuai selera, kamu bisa ciptakan suasana nyaman di rumah tanpa keluar banyak biaya.

Tanpa perlu repot beli yang baru, kamu dapat menggunakan botol air mineral dan kaleng bekas buat menyimpan barang-barang atau jadi organizer multifungsi lainnya. Nah, biar kamu cepat dapat inspirasinya, simak 12 ide kerajinan tangan dari kaleng bekas dari Hipwee Tips berikut ini, yuk!

1. Bermodal kaleng susu bekas dan cat, pot bunga indah ini bisa memperindah tampilan teras rumahmu

Jangan dulu dibuang, kaleng bekas susu bisa kamu gunakan sebagai pot tanaman. Tinggal kamu bersihkan, lalu dicat dengan warna kesukaan, dan jangan lupa diberi hiasan (misalnya berupa pita). Dijamin deh bikin tampilan pot tanamanmu dan terasmu makin menarik!

2. Bosan dengan tempat sendok dan garpu yang berbahan plastik desain itu-itu saja? Coba deh bereksperimen dengan kaleng bekas ini

percantik dapur kamu via ecologiahoy.net

Advertisement

Meski dapur berada di belakang, jangan biarkan tampilannya selalu berantakan! Agar tampilan dapur jadi rapi dan enak dilihat, kamu bisa gunakan kaleng bekas yang dilapisi rend atau kain flanel supaya desainnya makin unik dan kreatif. Tinggal lilit dan dilem, jadi deh tempat sendok anti mainstream!

3. Siapkan kaleng bekas yang dililit kertas kado, lalu ucapkan selamat datang pada tempat pensil lucu nan serbaguna di kamarmu

sederhana! via id.pinterest.com

Kaleng memang juaranya jadi tempat serbaguna. Selain peralatan dapur, kamu bisa manfaatkan kaleng bekas sebagai tempat meletakkan alat tulis dan alat gambar. Tanpa harus mengecat, kamu bisa menghias kaleng bekas dengan menempeli kertas kado bermotif sesuai selera.

4. Biar nggak pusing menyimpan kaos kaki, kamu bisa menatanya dalam kaleng yang ditempel miring di dinding seperti hanger ini

kaos kakii via www.houselogic.com

Jika kamu termasuk orang yang ceroboh menaruh kaos kaki dan jadi sulit mencarinya saat mau pakai, coba deh simpan dalam kaleng bekas. Caranya gampang banget! Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Kumpulkan kaleng bekas dengan ukuran sama, lalu bersihkan.
  • Siapkan papan kayu (pilih yang gampang buat digantung) sebagai alas kaleng bekas saat ditempelkan nanti.
  • Lalu, rekatkan kaleng bekas pada papan kayu dengan lem yang kuat.
  • Jika sudah pasang papan kayu yang telah ditempeli dengan kaleng bekas di tembok pakai paku.
  • Lipat kaos kaki dan masukkan ke dalam kaleng bekas.

5. Kaleng sarden atau kornet pun nggak mustahil dijadikan tempat lilin yang indah dan romantis seperti ini

lilin via faithtap.com

6. Kamu cuma butuh kaleng susu, paku, pilok dan lilin untuk menciptakan suasana layaknya Hallowen di rumah

nuansa romantis via inhabitat.com

lucu! via pinterest.com

Usahakan pilih kaleng susu yang agak lunak supaya mudah dibentuk serta dilubangi dengan paku, ya!

7. Nggak cuma bagus buat gatungan outdoor, kreasi kaleng susu satu ini juga bagus buat hiasan resepsi atau ulang tahun

kaleng buat nikahan via crafthubs.com

lucunya… via crafthubs.com

Pesta pernikahan dengan hiasan hasil kreativitas sendiri bisa dibilang adalah impianmu. Apalagi kalau resepsinya outdoor, kamu bisa pergunakan kaleng belas sebagai hiasan di lokasi acara. Caranya bikinnya gini nih:

  • Kumpulkan beberapa kaleng bekas, lalu bersihkan.
  • Siapkan beberapa karton, spidol, dan kertas yang digunakan untuk melapisi kaleng.
  • Kamu bisa tempelkan karton ke badan kaleng dengan lem. Lanjutkan dengan kertas dan spidol untuk menggambar atau menulis kata-kata unik pada karton yang udah ditempel di kaleng bekas.
  • Kalau udah tinggal dilubangi setiap kaleng, lalu dipasang benang untuk digantung pada pohon di lokasi.

8. Jika tadi lilin, kamu juga bisa gunakan kaleng bekas buat rongga lampu baca

Walau sekarang sudah banyak lampu-lampu berdesain modern, kamu tetap membutuhkan lampu belajar unik di meja belajar atau kerjamu supaya makin semangat menggali ide-ide gila!

9. Jika jumlah pensil, spidol atau ATK-mu yang lain cukup banyak, kaleng susu bekas bisa jadi solusi untuk merapikannya

jadi mudah mau ambil apapun via www.shelterness.com

Jika kaleng bekasmu cukup banyak, satukan saja semuanya dengan menempel dan buat bentuknya seperti piramda. Namun, sebelumnya kamu harus mengecat kalengnya dulu supaya warnanya nggak membosankan. Setelah itu, terserah kamu deh mau meletakkan jenis alat tulis kantor (ATK) apapun di dalam kaleng sesuka hati.

10. Kaleng bekas juga bisa lho buat tempat makanan atau bahan-bahan dapur. Asalkan dibersihkan dulu, ya

harus dibersihkan dulu tapi ya via www.onecrazyhouse.com

Misalnya punya kaleng bekas susu yang nggak dipakai lagi, kamu bisa pakai buat menaruh berbagai jenis makanan di dalamnya. Cara buatnya? Gampang!

  • Hias kaleng dengan kertas kado motif apapun sesuai selera.
  • Jangan lupa tuliskan jenis makanan yang di simpan di dalam kaleng pada atas kertas yang ditempel.
  • Kemudian, kamu tinggal menutupnya, lalu jadi deh tempat bahan dapur yang unik dan nggak biasa!

11. Tingal melingkarkannya saja, kaleng bekas bisa membuat bando dan aksesorismu rapi seketika

Buat para cewek, kini nggak usah pusing lagi buat menaruh koleksi bando. Dengan menghias kaleng bekas sesuai selera, kamu bisa melingkarkan bando pada kaleng bekas yang telah dihias. Untuk bagian dalamnya, kamu bisa memanfaatkannya buat tempat bros atau pin biar makin hemat tempat.

Sekarang kamu nggak perlu bingung lagi menyiasati tumpukkan kaleng bekas di rumah. Baik itu kaleng cat, susu, atau kaleng bekas minuman bisa kamu sulap jadi organizer serbaguna. Dengan membersihkan dan menghias secantik mungkin, kini tinggal bilang say good bye deh sama tumpukan kaleng bekas! 🙂