Kamu boleh masih tinggal bersama orangtua, menetap di kost, atau malah sudah punya rumah sendiri. Atau kamu masih berangan-angan memiliki rumah sendiri meski kondisi tabungan terbatas? Apapun kondisimu sekarang — satu yang pasti, dengan sedikit kreativitas semua bisa diatasi.

Kali ini Hipwee khusus mengumpulkan berbagai trik dekorasi yang murah, namun ampuh menciptakan kesan mewah untuk rumah dan kamar kostmu. Penasaran trik dekor macam apa yang bisa kamu coba? Yuk, kita lihat sama-sama 🙂

1. Memainkan lighting jadi cara paling mudah demi menciptakan kesan mewah

Ubah lightingmu agar rumah terlihat lebih mewah via www.hgtv.com

Permainan cahaya akan membantu mengubah suasana ruanganmu. Yang tadinya gloomy jadi berkesan lebih terang dan tentunya elegan. Tentukan saja kesan sepert apa yang ingin kamu ciptakan.

  • Kesan elegan: pilih lampu bergaya victorian, lengkapi dengan bola lampu berwarna kuning
  • Kesan minimalis: gunakan bola lampu berwarna putih dengan rangka lampu dari metal berwarna monochrome
  • Kesan muda dan beda: pilih bola lampu warna-warni, dengan rangka lampu dekoratif beraneka bentuk

2. Untuk menyiasati ruang sempit, tambahkan ornamen kaca yang cantik

Advertisement

Kaca membuat ruanganmu lebih luas via www.thehunt.com

Terkadang kita ingin punya ruang yang lapang dan lega dilihat. Namun lahan yang terbatas membatasi segalanya. Akhirnya kita harus berdamai dengan ruang yang ada.

Tak perlu khawatir jika mengalami dilema ini — tambahkan saja ornamen kaca yang cantik di ruangan yang (kamu harap) terlihat lebih luas. Efek dari kaca akan membuat ruanganmu otomatis nampak lebih lapang.

3. Minta tukangmu melakukan double coat painting di kitchen set atau kabinet. Hasilnya lebih segar!

Double coat painting untuk hasil yang lebih segar! via centsationalgirl.com

Double coat painting adalah teknik pengecatan yang menggunakan 2 lapis cat di atas permukaan. Cara ini akan membuat warna cat terlihat lebih menyala. Objek yang di cat pun kelihatan lebih mewah. Tentunya lebih murah membeli cat lebih banyak dong daripada harus beli perabotan baru?

P.S: Kalau mau lebih oke, sebelum mulai mengecat awali dulu dengan base coat yang membuat warna cat lebih cerah dan bertahan lama.

4. Jangan melulu bermain dengan kabinet tertutup. Ciptakan ruang penyimpanan yang terekspos

Buat ruang penyimpanan yang terbuka macam ini via pinterest.com

Jika selama ini kamu selalu menyimpan barang di ruang tertutup, coba deh hilangkan penutupnya dan biarkan bagian bawah kabinet saja yang tersisa.

Cara ini membuat ruanganmu yang tadinya kaku berubah jadi lebih lapang, minimalis, dan terlihat lebih ‘muda.’

5. Gak ada dana buat mengganti kabinet penyimpanan? Upgrade saja handlenya dengan yang lebih elegan

Ubah pegangan kabinetmu untuk kesan yang beda via www.homedit.com

Mengganti handle kabinet, percaya atau tidak, sudah bisa membuat ruanganmu terasa berbeda. Kalau selama ini handle kabinetmu selalu klasik — ubah dengan yang minimalis. Jika selama ini warnanya tembaga, kamu bisa menggantinya dengan warna silver yang lebih sleek.

6. Menambahkan ornamen rotan akan membawa kesan rusty yang lagi naik daun itu

Easy peasy for rusty theme via thecraftymummy.com

Selalu tergoda melihat dekorasi di Pinterest atau Tumblr? Kamu bisa membawanya ke ruanganmu dengan menambahkan berbagai ornamen rotan. Contohnya saja boks penyimpanan atau keranjang pakaian. Kemudian lengkapi dengan sentuhan kain bermotif floral atau tartan.

7. Mengontrak rumah dengan bathtub yang warnanya jadul sekali? Buat jadi lebih elegan dengan mengecatnya sendiri

Jangan ragu untuk mengecat bathtubmu sendiri via www.diynetwork.com

Kamu masuk ke rumah kontrakan atau kamar kost baru. Inspeksi kamar mandi tentu jadi hal nomor satu. Semua sih berfungsi sempurna…kecuali…kenapa warna bathtubnya norak banget sih?

Hehe. Tenang, kamu bisa kok mengecatnya menjadi lebih netral demi terlihat lebih elegan. Di toko bangunan kamu bisa membeli kit lengkap untuk mengecat bathtubmu. Cek di sini untuk cara lebih lengkap plus hal yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan selama proses pengecatan.

8. Belum punya dana untuk mengecat seluruh rumah atau tembokmu? Awali saja dengan mengecat pintu

Jangan ragu untuk memulai semua dari…pintu via idlewife.blogspot.co.id

Sebagai bagian pertama yang dipandang mata, mendekorasi pintu bisa jadi pilihan tepat untukmu yang bermasalah dengan keterbatasan dana. Sembari menunggu tabungan cukup, bisa lah pintu dulu yang diubah penampilannya.

Bingung mau memlih gaya dekorasi pintu macam apa? Cek di artikel “9 Dekorasi Pintu Kamar” yang pernah Hipwee tulis ini.

9. Jadikan salah satu sudut tembok jadi tempat memamerkan memento pribadi. Kesan chic plus personal niscaya muncul dari situ

Chic no? Plus persona; via www.abate08.com

Terkadang kamu cuma membutuhkan satu sudut di kamar atau rumah demi menciptakan kesan berbeda. Salah satu caranya adalah dengan menjadikannya ruang khusus untuk memajan memento pribadimu yang unik.

Bingkai foto-foto absurdmu dari masa kecil, foto ‘aib’ ala anak gaul 90-an, sampai kenangan tiket nonton bersama pacar yang sekarang sudah jadi teman hidup yang halal. Gunakan frame minimalis, gaya victoria, atau floral print frame sesuai keinginanmu.

10. Mengecat sendiri sebagian lantai keramikmu membuatnya kelihatan beda. Tapi ini jelas butuh usaha….

Walau butuh usaha ini membuat ruanganmu kelihatan beda via kellysmoonlight.blogspot.co.id

Spoiler: untuk melakukan ini kamu perlu mencari cat yang bertahan lama di keramikmu. Jangan lupa menambahkan top coat. Lapisi juga bagian kiri-kanan lantai keramik dengan selotip kertas agar cat tidak ke mana-mana. Sabar. Sabar.

Cara selengkapnya dan cerita dari orang yang sudah melakukannya bisa kamu baca di sini.

11. Ganti tirai jendela untuk mengantarkan suasana baru ke ruanganmu

Renovasi jendela? Ganti saja dulu tiraimu via www.stylemotivation.com

Karena agak ribet ya harus renovasi jendela? Kalau begitu kenapa gak ganti tirai saja?

12. Ganti cat mu dengan warna netral. Kesannya akan lebih timeless nan elegan

Go to paint color via stylebyemilyhenderson.com

Ubah warna terang dalam ruanganmu jadi warna putih, kuning gading, atau bahkan abu-abu muda. Ruanganmu akan jauh lebih elegan dan berkelas dipandang mata.

Merenovasi rumah atau kamar kost adalah gabungan antara kreativitas, dana, dan ketelitian. Setelah tahu 12 kiat dekorasi ini mana yang segera mau kamu praktekkan?