Musim hujan selain membawa berkah juga terkadang bikin masalah. Mulai dari pakaian dan asesoris yang kebasahan hingga keluhan soal kesehatan. Nampaknya, kita perlu mempersiapkan diri baik-baik supaya makin siap menghadapi cuaca yang nggak menentu seperti sekarang ini.

Salah satu keluhan yang dialami oleh banyak orang adalah sepatu yang basah kuyup karena kehujanan, sehingga membuatnya menjadi mudah rusak. Untuk itu, perawatan terhadap sepatu penting untuk diperhatikan saat musim hujan. Agar sepatu yang kita pakai tetap awet dan bisa digunakan dalam segala aktivitas.

Berikut Hipwee Tips berikan cara-cara perawatan sepatu yang cocok dipraktikkan saat musim hujan. Bisa bikin anti air dan gampang kering, lho!

1. Buatlah sepatumu jadi anti air dengan teknik sederhana menggunakan olesan lilin lebah alias semir beeswax

jadi anti air via evetopmagazine.com

Memasuki musim penghujan, kita sering direpotkan oleh sepatu yang basah kuyup karena kehujanan. Repotnya lagi jika sepatu yang kebasahan adalah sepatu yang berbahan kanvas. Nah, kamu nggak perlu kuatir sepatumu akan basah karena kehujanan, karena dengan lilin lebah kamu bisa membuat sepatumu jadi tahan air.

Advertisement

Bahan yang perlu disiapkan:

  • Sepatu kanvas yang akan dijadikan anti air
  • Lilin lebah atau semir beeswax
  • Kain bersih
  • hair dryer

Langkah-langkahnya:

  1. Keringkan dan bersihkan sepatu terlebih dahulu dengan kain.
  2. Lapisi sepatumu dengan lilin lebah secara merata. Usahakan menggunakan sarung tangan karena lilin lebah yang menempel di tangan agak sedikit sulit dibersihkan.
  3. Keringkan dengan hair dryer kurang lebih selama 5 menit.
  4. Untuk mengetesnya, cipratkan atau siramkan air pada permukaan sepatu.

anti air dong via abi-rafdi.blogspot.co.id

Sangat mudah, bukan? Dengan cara ini, kerusakan sepatu akibat terkena air bisa kamu hindari karena sekarang sepatumu jadi anti air. Yippieee!

2. Jika terlanjur basah, sepatu harus dicuci dengan cara yang benar agar nggak makin rusak karena terlalu lembab

pake sikat dan baking soda

Terkadang pencegahan juga nggak berjalan sesuai yang diharapkan. Jika sepatu terlanjur basah karena lapisan lilin yang kurang kuat atau karena kelalaian, maka sepatu harus segera dicuci. Air hujan mengandung asam dan zat lain yang merusak tekstur sepatu dan menjadikannya berbau kurang sedap.

  • Sepatu yang terlanjur basah cukup direndam dalam air hangat dan sabun mandi atau sampo, jangan gunakan detergen karena kandungan zat di dalamnya terlalu keras.
  • Cukup gosok dengan sikat gigi atau diperas secukupnya, jemur dengan cara diangin-anginkan, hindari di bawah sinar matahari secara langsung karena bisa bikin gosong dan membuat sepatu jadi keras.

3. Untuk mempercepat proses pengeringan sepatu selain dijemur, kamu juga bisa menggunakan gumpalan kertas koran

masukkan gumpalan kertas koran via macgyverisms.wonderhowto.com

Permasalahan lain yang muncul adalah ketika sepatumu yang basah nggak kunjung kering karena sinar matahari yang jarang nongol. Padahal, sepatu yang basah ini bisa menimbulkan masalah baru yakni munculnya bakteri dan kuman serta baunya yang jadi nggak karuan.

Tenang, kamu masih bisa mengatasi masalah ini dengan menggunakan gumpalan kertas koran yang dimasukkan ke bagian dalam sepatu yang basah. Kertas koran bisa menyerap air dengan cepat sehingga teknik ini akan sangat membantu mempercepat proses pengeringan.

Ganti koran basah dengan koran kering, lakukan sampai nggak terasa kelembaban lagi pada kertas koran. Lalu jemur sepatu dalam keadaan berdiri agar udara bisa masuk ke segala arah. Atau. kamu juga bisa menggunakan kipas angin maupun hair dryer agar sepatumu cepat kering.

4. Berbeda dengan sepatu lainnya, sepatu berbahan kulit harus kamu perlakukan khusus

keringkan dengan spons via www.wikihow.com

Jika sepatumu terbuat dari kulit, jauhkan dari kompor dan peralatan lainnya yang mengeluarkan panas karena bahan kulit dari sepatu tersebut bisa menjadi keras atau kaku.

Saat sepatu kulit terkena air, lap dan keringkan segera dengan spons atau kain penyerap air lalu angin-anginkan. Bercak kotor dan percikan air becek pada sepatu kulit yang lengket bisa digosok lembut dengan amplas halus agar nggak melukai bahan kulit.

5. Meski dalam keadaan kering, sepatu juga harus tetap dijaga kebersihannya. Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk membuatnya tetap wangi dan nyaman saat dipakai

baking soda via indianfashionblog.com

Saat musim hujan, udara yang lembab kerap membuat sepatu rentan berjamur dan berbau kurang sedap. Untuk mengatasinya, kamu bisa gunakan kopi, beras, atau baking soda.

Masukkan salah satu bahan tersebut ke dalam tisu, kemudian masukkan ke dalam sepatu. Khusus untuk sepatu kulit, oles tipis sepatu dengan petroleum jelly atau vaselin. Setelah itu, semir sepatu seperti biasa.

vaselin untuk sepatu kulit via www.simplemost.com

Hindari menyimpan sepatu di ruangan yang lembab, agar jamur dan bakteri nggak cepat tumbuh di dalamnya. Tindakan pencegahan lain agar sepatu nggak berjamur adalah jangan pernah menyimpan sepatu kulit dalam plastik tertutup, apalagi bila sepatu tersebut sudah pernah dipakai karena biasanya akan menyimpan kelembaban yang memicu timbulnya jamur.

Jadi, nggak ada alasan lagi untuk mengeluhkan musim hujan ‘kan? Sepatumu kini sudah siap untuk menemani setiap langkahmu, meski guyuran hujan sedang sering-seringnya. Selamat mencoba, good luck!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya