Ada yang berbeda dari aktivitas belanja dari hari ke hari. Kalau dulu kita cuma punya sedikit pilihan di supermarket atau pusat perbelanjaan saja. Belanja artinya harus keluar rumah, pilih barang, sesekali tunggu diskon — baru deh bayar.

Tapi sekarang opsi ini udah makin banyak dan bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Juga kesediaan anggaran.

Karena sekarang belanja adalah aktivitas yang bukan cuma soal anggaran, tapi juga soal kecerdasan dan kecerdikan — Hipwee khusus menyiapkan trik penghematan belanja yang bisa kamu coba. Biar tetap santai walau akhir bulan tiba…

1. Sebelum mencomot barang, coba tanya pada dirimu. Ini cuma mau — atau memang perlu?

Ini butuh, atau enggak sih? via tumblr.com

Sebagai orang yang kadang suka lapar mata, kita memang mesti peka terhadap kebutuhan dan suasana hati kita. Karena kadang mood bisa jadi pencetus utama belanja terlalu banyak dan membeli barang-barang yang sebenarnya nggak begitu perlu.

Advertisement

Makanya, sebelum mengambil barang dan membawanya ke kasir ambil waktu 1-2 menit untuk berpikir dan bertanya pada diri sendiri. Sebenarnya kamu memang butuh barang ini, atau sekadar mau saja dan sejujurnya nggak begitu perlu?

2. Bawa uang 10 ribu saja kalau ke kantor atau ke kampus. Biar apa? Biar kalau teman-teman jajan kamu nggak tergoda

Udah. Ini aja via tumblr.com

Ya gimana mau tergoda? Gimana bayarnya coba? Hehe.

Sadar atau enggak, kebiasaan ‘ikutan jajan kalau temen juga jajan’ perlahan menggerogoti dompetmu. Sehari jajan 20 ribu, bisa habis 600 ribu sebulan. Masih bingung kenapa uangmu sering habis sebelum waktunya?

Galak deh sama diri sendiri. Bekali dirimu dengan uang 10 ribu saja tiap harinya. Uang ini adalah jumlah maksimal kamu boleh jajan di luar makan siang. Paling tidak dengan begini ikat pinggangmu akan tetap kencang.

3. Nggak ada salahnya jadi orang yang teliti. Bandingkan dulu harga sebelum memutuskan membeli

Pikir-pikir dulu sebelum beli via tumblr.com

Karena cari duit itu susah, mengeluarkannya juga (harusnya) perlu proses yang nggak mudah. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah jadi orang yang teliti dalam mengeluarkan uang. Ini bukan cuma soal mencatat semua pengeluaran saja lho. Tapi juga memastikan kalau barang yang kamu beli itu barang termurah yang ada di pasaran.

Cari duit itu susah, Bung! Harusnya duitmu nggak segampang itu dibuang-buang.

4. Penghematan itu nggak harus menyiksa. Bawa air putih ke mana-mana jadi cara paling painless yang bisa dicoba

Tapi nggak pakai galon juga… via tumblr.com

Ucapkan selamat tinggal pada es teh, es jeruk, sampai es teler yang sering kamu pesan setiap makan. Kalau mau hemat, nggak usah aneh-aneh deh. Cukupkan diri dengan memesan air putih setiap kali makan.

Cara ini bisa membuatmu berhemat ratusan ribu tiap bulan. Plus, tubuh yang lebih fit juga bisa kamu dapatkan.

5. Biasakan deh menabung barang 2 ribu – 5 ribu per hari. Buat simpanan kalau di akhir bulan uang mepet sekali

Tabungan receh. Saviour sejati via tumblr.com

Sediakan toples atau tabungan khusus untuk menyisihkan uang barang 2 ribu – 5 ribu per hari. Walau terlihat sepele, kebiasaan ini bisa menyelamatkan sekali. Saat di akhir bulan uang sudah kian menipis paling tidak ada 60 – 150 ribu rupiah yang bisa jadi cadangan. Simpel tapi lumayan, kaaan?

Dari 5 cara ini menurutmu cara mana yang paling bisa diaplikasikan? Ternyata nggak sulit kan buat menjaga keuangan tetap aman walau udah akhir bulan?