Motor pastilah butuh bahan bakar sebagai penggerak mesin. Tanpa bahan bakar, motor jelas tak bisa berfungsi sebagai kendaraan yang selalu menemanimu beraktivitas sehari-hari. Sayangnya, kita justru seringkali lalai pada kebutuhan utama si kuda besi ini. Entah lantaran teledor lupa mengisinya atau memang uang di dompet sudah tak bersisa sehingga membiarkan tangki motor kosong.

Padahal, kebiasaan membiarkan tangki motor kosong tak terisi bensin sebenarnya bisa berakibat fatal bagi tunggangan kita. Ancaman karatan, tangki menjadi kotor, hingga kemungkinan rusaknya komponen pada motormu pun bisa terjadi. Nah, supaya kamu bisa lebih perhatian pada motormu sendiri, simak dulu hal-hal berikut ini!

1. Kalau terlalu sering dibiarkan kosong, tangki motormu akan rawan karatan dan gampang bocor

kayak gini nih kalo tangkimu bocor karena karat via iwanbanaran.com

Pada dasarnya, komponen-komponen motor memang terbuat dari besi, termasuk bagian tangkinya. Kuda besimu ini secara harfiah memang banyak besinya (apalagi motormu keluaran dibawah 1985, yang motornya masih besi semua).. dan secara alamiah, memang namanya besi itu takut sama karat. Nah, kosongnya tangki bensin bisa bikin bensin menguap di dalam tangki ketika terkena panas matahari.

Akibatnya? Tangki bensinmu pun jadi mudah karatan. Kalo mudah karatan, maka isinya akan mudah bocor. Dan apabila hal tersebut sudah terjadi, siap-siap aja deh kemana-mana bawa sabun.

2. Tangki yang kosong juga jadi rumah bagi endapan kotoran. Jangan kaget kalau mesin motormu jadi gampang macet dan rusak

Advertisement

endapan dari tangki yang kotor, bakal keliatan ketika tangkinya dikuras via pertamax7.files.wordpress.com

Uap-uap yang ada karena tangkimu kosong, ketika dingin akan mengumpulkan kotoran-kotoran di dalam tangki dan akan mengendapkan kotoran tersebut, yang berpotensi mengganggu kinerja motor.

3. Lebih parah lagi, fuel pump – alat yang berfungsi mendistribusikan bensin ke seluruh mesin – milikmu berisiko rusak

penampakan fuel pump via tmcblog.com

Setelah indikator bensinmu rusak dan tangkimu berisi endapan kotoran tangki, kamu masih bisa lebih sial lagi. Di bawah tangki bensinmu, terdapat semacam perangkat yang bertugas mendistribusikan bensin ke mesin, dan nama perangkatnya adalah Fuel pump. Fuel pump ini kalau dicekoki endapan-endapan dari tangki tersebut, lama kelamaan akan mampet plus ngadat.

4. Seperti kanker, kerusakan ini bisa menjalar sampai ke karburator dan injektor, yang merupakan “ruang” pengapian motor.

kecil sih, tapi kalo rusak, bisa nangis kamu. via proud2ride.files.wordpress.com

Rusaknya fuel pump bahkan bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih fatal lagi, yakni bisa menjalar sampai ke pengapian (karburator atau injektor) Pengapian itu yang alat pembakar uap BBM agar diubah menjadi tenaga untuk menggerakkan mekanisme mesin.

Nah, kalau ruang bakarmu sudah “kena”, siap-siap aja…

5. Bensinmu jadi boros karena motor harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk membakar mesin-mesinnya

kalo ini, mana ya yang tenaganya ngempos? via a3.img.mobypicture.com

Ironisnya, kalau kamu malas mengisi tangki bensin karena takut boros, perilaku ini justru membuat konsumsi bensinmu boros dalam jangka panjang. Ini karena motormu membutuhkan tenaga ekstra (dari bensin) untuk membakar mesin-mesinnya. Kuda besi andalanmu yang senantiasa menemanimu kini menjadi lemah bak kurang hormon.

6. Ujung-ujungnya, kamu harus beli bensin berkali-kali dan mengganti banyak onderdil motor. Semua karena kamu malas mengisi tangki bensin!

dompetkuuuu…!!!! via lh3.googleusercontent.com

Tentu saja, dompetmu bakal garing nan kosong melompong. Akibat komponen motormu banyak yang diganti baru karena rusak. Tentunya, ini akan lebih mahal dari sekedar isi bensin.

Motor itu gak cuma dikendarai aja, tapi juga harus dirawat baik-baik. Toh ketika motormu rusak, kamu juga yang repot ‘kan. Yuk, mulai sekarang kita lebih memperhatikan tunggangan kesayangan kita. Salah satunya, dengan tidak membiarkannya terkapar terus-terusan tanpa bensin.