Siapa sih yang nggak suka udang? Rasanya yang gurih, teksturnya yang kenyal dan halus, serta baunya yang lebih lembut dibandingkan ikan membuat udang jadi favorit banyak orang. Saking enaknya hewan laut ini, bahkan mereka yang alergi biasanya menyesal karena nggak bisa menyantap sajian dari udang. Pun banyak banget olahan makanan yang berasal dari udang, mulai dari kerupuk sampai terasi. Semuanya mengukuhkan kelezatan hewan laut ini.

Nah, buat kamu yang biasanya cuma masak telur sama mie, coba yuk latihan memasak sajian-sajian berbahan dasar udang di bawah ini. Selain resepnya yang termasuk sederhana, rasa udang yang sudah enak dari sananya bakal bikin hasil masakanmu tetap bisa dinikmati walau kemampuan masakmu belum terlalu ahli. Ada macam-macam sajian lho yang bisa kamu buat dari udang. Yuk cek satu-satu, apa aja sih itu?

1. Resep wajib nomor pertama adalah udang goreng saus mentega. Selain gampang, sajian ini juga pasti enaknya

Udang goreng saus mentega via damndelicious.net

Siapa yang nggak tahu udang goreng saus mentega? Konsepnya yang sederhana bikin sajian ini terkenal di mana-mana. Wajar kalau ada banyak banget variasi resep untuk udang goreng Nah, kali ini, Hipwee ingin mengajakmu membuat sajian udang goreng saus bawang mentega. Ini dia resepnya!

Bahan-bahan:

  • 8 sdm mentega
  • 300 gram udang ukuran medium, tanpa kulit dan kepala
  • garam dan blackpepper secukupnya
  • 5 siung bawang putih, dipotong kecil-kecil
  • 2 sdm daun peterseli segar, potong kecil-kecil (opsional)
  • 1/4 cup kaldu ayam

Cara membuatnya:

Advertisement
  1. Lelehkan 2 sdm mentega di atas kompor dengan api sedang. Masukkan semua udang serta garam dan merica secukupnya. Aduk sesekali, biarkan sampai udang kemerahan (kira-kira 2-3 menit). Setelah matang, pindahkan udang ke mangkok.
  2. Di atas wajan atau teflon yang sama, masukkan 5 siung bawang putih, aduk sering-sering sampai harum (kira-kira selama 1 menit). Setelah harum, masukkan kaldu ayam dan masak sampai mendidih. Setelah kaldu mendidih, kecilkan api sampai setengah dari api semula — masak terus sampai 1-2 menit. Lalu masukkan sisa mentegamu ke atas penggorengan. Masak sampai menteganya cair dan menjadi saus lembut.
  3. Masukkan udangmu tadi ke dalam wajan. Aduk pelan-pelan sampai saus menteganya melumuri udang dengan sempurna
  4. Matikan api setelah udang terlumur saus dengan sempurna. Hiasi dengan daun peterseli untuk mempercantik hidangan. Yumm! Udang saus bawang mentega sudah siap untuk kamu makan.

Resep diolah dari Damn Delicious.

2. Hidangan yang tak kalah klasiknya: udang saus asam manis

Sajian udang asam manis lekat dengan kuliner Cina atau peranakan. Tapi sebenarnya, kamu bisa membuatnya sendiri kok. Jangan khawatir kalau kemampuan memasakmu masih selevel mie instan dan telur. Resep berikut ini cukup mudah untuk diikuti. Bahan-bahannya pun tidak macam-macam. Kamu pasti tidak asing lagi dengan nama bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat udang asam manis ini.

Bahan-bahan:

  • 450 gram udang, sudah dilepas kulit dan kepalanya
  • 2 sdm minyak goreng
  • 5-6 siung bawang putih, potong kecil-kecil
  • 5-6 lembar daun bawang, potong sepanjang 3/4 kelingking
  • (Untuk saus) 2 sdm saus sambal botolan
  • (Untuk saus) 2 sdm saus tomat botolan
  • (Untuk saus) 1/2 sdt gula pasir
  • (Untuk saus) 1 sdt minyak wijen
  • (Untuk saus) 1 sdm tepung maizena + 55 ml (1/4 cup) air
  • (Untuk saus) garam secukupnya
  • (Untuk rendaman udang) 1 sdm minyak wijen
  • (Untuk rendaman udang) 2 sdt jahe, potong-potong
  • (Untuk rendaman udang) 1 sdt gula pasir

Cara membuatnya:

  1. Masukkan semua bahan untuk rendaman udang ke dalam piring. Campurkan jadi satu, lalu masukkan semua udang ke dalam piring. Biarkan selama 15 menit sampai bahan rendaman meresap ke dalam udang
  2. Panaskan kuali/wajan dengan api sedang. Tambahkan bawang putih ke dalamnya, lalu masukkan udang. Masak sampai udang memerah (kira-kira 1-3 menit)
  3. Campurkan semua bahan saus jadi satu. Setelah merata, masukkan ke dalam kuali. Masak sampai sausnya jadi sekental yang kamu inginkan. Tambahkan garam secukupnya.
  4. Terakhir, masukkan daun bawang dan aduk-aduk sampai maksimal 1 menit
  5. Jadi, deh! Udang asam manismu siap dimakan. Mudah, bukan?

Resep diolah dari The Culinary Journey Made Simple.

3. Buat bekal ke kampus atau kantor nanti, coba deh bikin tahu isi udang ini

Tahu isi udang via www.opensourcefood.com

Jangan cuma ngerti tahu goreng aja. Supaya keahlian memasakmu bertambah, coba deh bikin tahu isi udang ini. Untuk meembuatnya, kamu perlu:

  • 300 gram udang ukuran medium, buang kepala dan kulitnya
  • 1 pak tahu sutra (isi 3-4)
  • 1 putih telur
  • garam dan merica secukupnya
  • 1 sdt tepung kanji/maizena
  • 1 sdt kecap asin
  • 1 sdt minyak wijen
  • daun bawang (buang bagian putihnya, potong-potong)

Cara membuatnya:

  1. Campurkan udang, putih telur, garam dan merica ke dalam blender atau food processor.
  2. Cuci bersih tahu, keringkan, potong satu biji tahu jadi dua dengan potongan melintang
  3. Sayat sedikit bagian tengah tahu. Hati-hati supaya tidak benar-benar bolong. Taburi tepung kanji dan isi denngan campuran udang dan putih telur yang sudah kamu buat tadi
  4. Steam selama 5 menit
  5. Campurkan minyak wijen, kecap asin, dan daun bawang jadi satu, kemudian siram ke tahu isimu.
  6. Jadi deh! Selamat menikmati!

Resep dari Open Source Food.

4. Mungkin kamu belum bisa move on dari telur orak-arik. Biar tambah enak, kenapa gak tambahkan udang saja?

Udang telur urak-arik via foodpics.livejournal.com

Telur urak-arik plus udang adalah menu brunch yang mesti kamu coba. Bahan yang kamu butuhin juga kemungkinan besar sudah kamu miliki semua. Coba yuk resepnya!

Bahan-bahan:

  • 400 gram udang, kuliti dan buang kepalanya
  • 6 butir telur
  • 3 sdt minyak zaitun (kalau nggak ada, minyak biasa juga nggak apa-apa)
  • 2 siung bawang merah, potong kecil-kecil
  • 4 lembar daun bawang, potong-potong
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1 sdm kecap asin
  • Garam dan merica secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Panaskan wajan atau teflon antilengketmu dengan api medium. Tuang minyak zaitun. Saat sudah panas, masukkan semua udang dan goreng hingga berwarna pink
  2. Kocok semua telur, campur dengan minyak wijen dan kecap asin
  3. Besarkan api, lalu tambahkan telur dan bawang merah ke dalam wajan
  4. Masak dadar. Aduk-aduk supaya tidak ada telur yang lengket di dasar wajan
  5. Setelah telur jadi creamymatikan api, tambahkan garam dan merica, lalu sajikan!

5. Udang juga bisa bikin hidangan mie instanmu jadi gak biasa. Cobain yuk resep mie udang instan satu ini!

Mie instan plus udang via www.siamsizzles.com

Sering bikin mie instan? Udah, gak usah dijawab, Hipwee udah tahu kok jawabannya ;p Nah, supaya sajian mie instanmu nggak itu-itu saja, kenapa nggak coba resep mie udang instan berikut ini? Ini dia bahan-bahan yang kamu perlukan:

  • 1 bungkus mie instan rasa apa saja
  • 5 cabe rawit kering
  • 2 siung bawang putih, potong-potong
  • 1 sdm minyak ikan
  • 6-7 ekor udang ukuran medium, kupas kulitnya dan copot kepalanya
  • 5 butir cherry tomatoes
  • Sawi secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Rendam mie instan di air mendidih. Biarkan sebentar.
  2. Panaskan wajan dengan api besar, masukkan semua udang dan masak sampai hampir matang. Setelah hampir matang, kumpulkan udang di atas piring dan tiriskan sebentar. Lalu, masukkan bawang dan bumbu mie ke dalam wajan bekas udang — masak sampai 1 menit. Masukkan mie instan yang tadi sudah direbus di air mendidih ke dalam wajan. Masak mie instan bersama bawang dan bumbu mie. Aduk sampai semuanya tercampur rata.
  3. Setelah mie dan bawang tercampur rata, masukkan kembali udang yang sudah hampir matang tadi ke dalam wajan. Lalu masukkan juga cherry tomatoes, sawi, cabe kering dan minyak ikan ke dalam wajan.
  4. Tumis semuanya selama 1-2 menit, matikan api, lalu hidangkan di dalam mangkok! Mie udang kamu siap disantap, deh!

Resep diolah dari Siam Sizzles.

Setuju dong, kalau semuanya kelihatan enak dan menggoda? Nah, sekarang kamu mau coba bikin yang mana? 😀