Usia hanyalah angka. Berapa pun angka itu, nggak berhak menentukan seseorang untuk dibilang “sudah tua“. Pandangan seperti itu cuma bakal memenjarakanmu dalam rasa bersalah dan kecemasan lanjut usia. Di usia mendekati kepala tiga, kamu nggak boleh sedikit pun kehilangan semangat buat terus menikmati hidup ini. Kebahagiaan ‘kan hak segala bangsa!

Kali ini Hipwee Tips akan membagikan rahasia agar kamu bisa tetap muda dan ceria walau angka usiamu sudah mulai berbicara. Siapa sih yang mau menghabiskan sisa hidup dengan kegelisahan karena tak lagi bebas dan enerjik lagi seperti waktu muda dulu? Lupakan sejenak soal angka itu. Yuk simak pembahasan berikut baik-baik, dan jadilah muda lagi! 🙂

Pastikan setiap harinya kamu memberikan waktu untuk tubuhmu beristirahat dengan baik. Tidur teratur dengan durasi yang cukup adalah hal yang maha penting!

Bangun di pagi hari jadi semangat via confessionsofacolaaddict.blogspot.co.id

Beberapa hari kurang tidur saja sudah bisa membuat kantung matamu makin gembung dan mata pandamu tercetak dengan jelas. Daripada harus perawatan dengan skincare kesana-kemari buat menghilangkan bekasnya, mendingan kamu berikan waktu cukup untuk tidur. Sayangi tubuhmu, dengan demikian kamu akan makin sehat, makin fresh, dan makin kelihatan muda. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Medis Chicago menyimpulkan bahwa memotong waktu tidurmu dapat berdampak pada kadar glukosa dan fungsi endokrin. Dengan kata lain, makin jarang tidur makin banyak juga resiko terserang penyakit. Duh nggak mau kan sakit-sakitan sebelum tua?

Nggak kalah pentingnya, kamu harus rajin olahraga. Mens sana in corpore sano

Olahraga itu wajib via www.pantagraph.com

Advertisement

Selain bikin fisik kamu sehat, bergerak dan berolahraga otomatis menjaga mood-mu lho. Dalam tubuh yang sehat ada jiwa yang sehat ‘kan? Melakukan olahraga secara rutin bisa membuat kondisi jantungmu sehat. Dengan begini, berolahraga bisa membantumu memutar kembali jam biologismu. Bahkan orang yang berusia lanjut dan rutin berolahraga punya kondisi kesehatan yang lebih baik dari pada orang yang masih muda namun tidak aktif berolahraga. Hayo jangan males-malesan lagi!

Jaga kondisi stress-mu. Jangan paksakan kepala buat memikirkan hal-hal yang hanya akan membuatmu tertekan deh

Mending bercandaan bareng teman via www.runster.gr

Kamu pasti sudah hafal banget apa yang biasa membuat tidur malammu tidak tenang, apa yang bikin kamu resah dan gelisah nggak karuan. Nah mulai sekarang, berhentilah memikirkan hal-hal yang justru akan membuatmu stres sendiri. Yang perlu kamu tahu, di usiamu saat ini masalah pasti datang silih berganti dan semua pasti ada jalan keluarnya. Yang membuatnya berbeda adalah bagaimana kamu menghadapinya. Kalau kamu harus berlarut-larut pasti stres banget tuh. Jangan kebanyakan dipikir ya, Guys!

Makan-makanan yang banyak mengandung antioksidan membantumu awet muda dari dalam

Menggiurkan banget makanannya! via kimberlysnyder.com

Coba deh konsumsi makanan antioksidan. Antioksidan ini merupakan zat anti penuaan lho. Ada fungsi regulator sel yang bikin metabolismemu lancar dan dapat memproduksi kolagen yang bisa menghambat penuaan. Makanan yang mengandung antioksidan ini di antaranya adalah kacang-kacangan, buah, sayuran, teh, anggur merah, dan cokelat. Banyak juga yang percaya kalau kamu sering makanan secara mentah atau tanpa diproses goreng, panggang, tumis dan lain-lain akan membuatmu makin terlihat ‘alami’. Kalau kamu teratur konsumsi makanan sehat ini, dijamin deh kamu nggak akan dibilang muka boros atau dipanggil “buk” sama mamang-mamang.

Bersihkan gigi secara rutin. Siapa bilang ini nggak ngaruh?

Hayok yang rutin gosok gigi via mirror.co.uk

Dengan membersihkan gigi secara rutin setiap hari dan rajin memeriksakannya ke dokter, kamu bisa terhindar dari penyakit cardiovascular dan periodontitis yang disebabkan oleh bakteri pada kuman di gigi. Bahkan menurut beberapa penelitian kuman yang terdapat pada plak gigi bisa memasuki pembuluh darah dan menyebabkan iritasi sekaligus penyumbatan pembuluh darah. Wih ngeri kan tuh! Secara jasmani nggak sehat banget kalau kamu malas-malasan gosok gigi.

Jangan merokok! Kebiasaan burukmu ini harus dihentikan biar kamu terhindar dari berbagai macam penyakit

Kurang-kurangin sister… via greatfon.com

Sudah nggak perlu dijelasin lagi kan soal betapa bahayanya rokok? Selain bisa menggiring tubuhmu ke berbagai penyakit, rokok juga nggak baik buat kulitmu lho. Banyak kandungan bahan-bahan adiktif yang bisa bikin kulit keriput dan berjerawat. Apalagi nikotin juga bisa bikin gigimu kuning. Duh, jangan rusak keceriaanmu karena ketidakpuasan dengan penampilanmu sendiri ya!

Lakukan meditasi dan yoga. Kegiatan postif ini akan membuat kamu untuk selalu berpikir positif

Namaste! via Yoga.org.nz

Meditasi dan yoga bisa banget membantumu menenangkan pikiran. Orang yang rajin meditasi cenderung memiliki hormon stres yang rendah. Sehingga mekanisme adapatasi orang yang bermeditasi lebih bagus dari orang pada umumnya yang sama sekali tidak bermeditasi. Sebelas duabelas dengan meditasi, yoga juga merupakan metode olah tubuh yang ampuh sebagai penghilang stres. Gerakan-gerakan dalam yoga, dapat membantu meremajakan sistem pencernaan, sistem reproduksi, bahkan sistem kekebalan tubuh.

Jadi, siap menjelang usia tigapuluhan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya