Selain kulit wajah, rambut menjadi salah satu bagian tubuh yang termasuk ke dalam syarat fisik kecantikan cewek. Nggak heran, rambut kerap disebut sebagai mahkotanya para cewek. Meski rambut ini tertutup sekalipun karena pemiliknya berhijab, tetap saja rambut menjadi bagian tubuh yang dielu-elukan.

Nggak beda jauh dengan kulit wajah, rambut juga punya banyak permasalahan yang bikin penampilan jadi kurang maksimal.

Masalah pada rambut biasanya disebabkan karena perawatan yang kurang tepat. Selain itu, kondisi tubuh karena penerapan program diet yang keliru juga berpengaruh, sehingga bisa mengakibatkan rambut menjadi kusam, rapuh bahkan rontok. Faktor lainnya, adalah penggunaan bahan-bahan kimia yang berlebihan, pengguanaan hair dryer dengan suhu yang telalu panas juga berpengaruh pada kekuatan dan kesehatan rambut.

Nah, kali ini Hipwee Tips bakal bagikan resep minuman jus yang dipercaya dapat membantu menyuburkan rambutmu. Asal rutin, kilauan alami rambutmu nggak mustahil buat didapatkan!

1. Selain dibuat sayur makanan, bayam ternyata juga bisa dibuat jus untuk mengatasi kerontokan pada rambutmu

jus bayam via thegoodgreeff.com

Advertisement

Bayam kaya akan zat besi, mineral dan vitamin yang bermanfaat untuk kulit dan rambut. Khusus untuk rambut, bayam efektif mengatasi rambut gatal dan membantu proses pertumbuhan rambut. Sementara vitamin B-nya mampu mengembalikan kilaunya.

Blender segenggam bayam yang telah dicuci dengan segela air, tambahkan madu secukupnya. Saring dan peras. Lalu minum jus ini 2-3 kali seminggu.

Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan bayam merah karena punya zat besi yang lebih tinggi dibandingkan dengan bayam hijau.

2. Jus kiwi adalah sumber vitamin C dan antioksidan yang mampu melindungi folikel rambut dan merangsang pertumbuhannya

jus kiwi via www.1zoom.net

Sejenis buah beri yang berasal dari Selandia Baru ini kaya akan vitamin C yang berfungsi membentuk kolagen untuk memelihara kulit kepala serta meningkatkan kekebalan tubuh. Saat kekebalan tubuh kita baik, maka akan berpengaruh juga terhadap folikel rambut dan mendorong pertumbuhannya. Kiwi juga mengandung mineral seperti zinc, fosfor, dan magnesium yang memelihara warna alami rambut.

Ambil secukupnya buah kiwi, kupas dan cuci bersih. Blender hingga halus lalu jadikan jus kiwi sebagai minuman harian agar kekuatan rambutmu meningkat menjadi lebih baik.

3. Nggak diragukan lagi, kandungan vitamin dan mineral dalam lidah buaya punya manfaat untuk menyuburkan rambut secara alami

jus lidah buaya via www.vitacost.com

Lidah buaya punya kandungan vitamin dan mineral terutama zat acemannan yang membantu menyeimbangkan dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Imun tubuh yang bagus ini akan memperkuat dan mengurangi rambut patah. Enzim di dalamnya pun membantu memelihara dan melembabkan kulit kepala.

Ambil setengah batang lidah buaya, ambil dagingnya lalu cuci bersih. Blender dan minumlah jus ini sekali sehari.

4. Meski rasanya agak mengganggu, jus bawang merah dengan kandungan biotinnya juga bisa membantu pertumbuhan rambut dan mencegah tumbuhnya uban

jus bawang merah via www.marinmamacooks.com

Bawang merah yang biasa digunakan sebagai bumbu masak ternyata kaya akan biotin, vitamin B kompleks yang penting untuk pertumbuhan rambut. Seperti buah kiwi, bawang merah juga mengandung beberapa tembaga untuk mendukung pigmentasi atau warna rambut. Sedangkan antioksidan dan antibakterinya bisa menghilangkan infeksi pada folikel rambut sehingga akan mencegah kerontokan.

Campur bawang merah yang telah dicuci bersih dengan madu, blender hingga halus lalu diminum. Rasanya memang nggak enak, tapi khasiatnya jangan ditanya.

5. Kandungan vitamin C dalam jus jambu biji ditambah dengan antioksidan punya efek perlindungan terhadap kerontokan rambutmu

jus jamu biji via www.youtube.com

Jambu biji adalah salah satu sumber terbaik dari vitamin C, bahkan dua kali lipat lebih banyak dari buah kiwi. Jambu biji juga kaya antioksidan dan berbagai nutrisi yang berfungsi menjaga folikel rambut dan mempercepat proses pertumbuhan rambut.

Untuk hasil maksimal, kamu bisa mengonsumsi jambu biji baik dalam bentuk buah atau sudah berbentuk jus. Jika rambutmu rontok parah, daun dari jambu bisa direbus selama 20 menit dan digunakan untuk memijat rambut.

6. Mentimun memiliki enzim khusus yang mampu menguatkan rambut. Bonusnya, tubuhmu akan segar dibuatnya

jus mentimun via paleoaholic.com

Mentimun menjadi sumber yang baik dari silika, mineral yang ditemukan dalam jaringan ikat dan dapat membantu untuk mendukung pertumbuhan rambut. Enzim yang terkandung di dalamnya juga bisa mencegah rambut rontok dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala.

Ambil mentimun yang telah dicuci bersih secukupnya, blender hingga halus lalu minum teratur setiap pagi sebelum sarapan.

7. Bukan hanya digunakan sebagai bumbu masak, ketumbar bisa kamu diolah menjadi jus penumbuh rambut

jus ketumbar via www.youtube.com

Sama seperti bayam, ketumbar juga merupakan sumber zat besi yang dapat membantu untuk mencegah kerontokan rambut. Beberapa kandungan tembaga yang terdapat dalam ketumbar juga dibutuhkan untuk pigmentasi dan sebagai antioksidan

Kamu bisa gunakan ketumbar yang dihaluskan sebagai campuran ke berbagai minuman lain untuk perasa. Sedangkan daun ketumbar bisa dihancurkan dan diambil airnya, lalu gunakan pada rambut selama satu jam dan bilas dengan air dingin.

Zat-zat yang terkandung dalam sayuran, buah-buahan dan bahan makanan alami lain ternyata menyediakan nutrisi yang cukup untuk tubuh yang juga mendorong pertumbuhan rambut. Dengan mengonsumsinya secara teratur, kamu akan mendapatkan rambut lebat dan terhindar dari kerontokan. Bye-bye rambut tipis dan gampang patah…

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya