Teknologi secara tak langsung mengubah gaya hidup kita. Ponsel pintar dan kecepatan internet yang makin bisa diandalkan memang menjadikan hidup lebih mudah. Mencari informasi, belanja online, hingga mencari jodoh lewat internet juga bisa!

Belakangan, aplikasi dan situs pencari pasangan memang sedang gencar dipromosikan. Cara bertemu calon pasangan via dunia maya menawarkan kemudahan dan pengalaman yang berbeda.

Apakah kamu salah satu yang mau mencoba menjajal peruntungan mencari pasangan di dunia maya? Di artikel ini Hipwee akan menghimpun situs dan aplikasi yang bisa membantumu mendapatkan pasangan hati. Yeah, namanya juga usaha. Siapa tau jodoh ‘kan?

1. Setipe : Memberikan Rekomendasi Pasangan yang Sejalan Dalam Kepribadian

Menawarkan pasangan yang kepribadiannya sesuai via setipe.com

Setipe menawarkan konsep pencarian pasangan yang memiliki kepribadian yang sejalan denganmu. Jika kamu mendaftar di situs ini, di awal proses registrasi kamu diharuskan menjawab beberapa tes psikologi. Tujuannya, agar Setipe tahu karakter pribadimu sehingga bisa memberikan rekomendasi pasangan yang sesuai.

Advertisement

Tak berhenti sampai di situ, kamu juga diharuskan menjawab pertanyaan mengenai preferensi pasangan. Mau pasangan yang gaya hidupnya seperti apa, penghasilannya berapa, tinggal dimana, hingga urusan tinggi badan pun ditanyakan. Dari data yang dihimpun tersebut, Setipe kemudian akan memberimu rekomendasi pasangan yang sesuai.

Kamu dan calon pasangan yang setipe bisa memulai percakapan di ruang chat pribadi. Selanjutnya, semua keputusan ada di tangan kalian. Mau penjajakan lewat dunia maya dulu, temu darat, atau justru tak melanjutkan. Oh iya, Setipe menjamin kerahasiaan identitas yang diberikan pengguna padanya. Jadi tak perlu khawatir data pribadimu tersebar kemana-mana.

2. Perfect Match Jakarta : Solusi Buat Para Jomblo Jabodetabek

Solusi untuk jomblo profesional via pmjakarta.com

PM Jakarta adalah situs pencarian pasangan khusus untuk kamu yang tinggal di Jabodetabek. Untuk mendaftar di situs ini, kamu harus berusia minimal 27 tahun. Di awal proses registrasi, kamu akan mengisi form preferensi pribadi. PM Jakarta akan menanyakan hobi, kebiasaan, hingga nilai-nilai pribadi yang penting bagimu.

Barulah pada langkah kedua, kamu akan ditanya mengenai preferensimu terhadap calon pasangan. Apakah kamu menginginkan pasangan yang merokok, minum alkohol, berpendidikan minimal setara denganmu — atau kamu punya pilihan lain?

Situs ini termasuk salah satu situs pencarian pasangan yang premium. Sebab, aktivitasmu dengan sesama pengguna lain akan terus diawasi. Jika kamu bertingkah macam-macam, bukan tak mungkin kamu akan dikeluarkan dari situs ini oleh pihak pengelola.

3. Jomblo: Pengalaman Ala Facebook di Situs Pencarian Pasangan

Jomblo, menawarkan pengalaman ala Facebook via jomblo.com

Berbeda dari situs lain yang sejenis, Jomblo hadir dengan konsep “Jejaring Sosial Para Jomblo.” Sekilas, tampilan situs ini memang memiliki kemiripan dengan jejaring sosial Facebook. Ada fitur mencari teman, menambahkan teman, hingga pilihan untuk menyuarakan apa yang sedang kamu pikirkan lewat status.

Untuk mengetahui preferensimu terhadap pasangan, di awal proses registrasi kamu akan mengisi kolom tentang minatmu. Disini, kamu juga bisa memilih untuk masuk ke berbagai komunitas yang tersedia. Setelah melalui tahapan mendaftarkan diri, kini kamu bisa memilih pasangan sesuai dengan keinginanmu.

Jomblo memiliki situs penyaringan yang bisa menyeleksi pasangan berdasarkan minat, komunitas yang diikuti, penghasilan, hingga menemukan pasangan yang usianya sesuai dengan keinginanmu.

4. Tinder: Cukup Swipe Layar Ke Kiri dan Kanan Untuk Menentukan Kelanjutan Hubungan

Aplikasi pencari jodoh paling favorit saat ini via thenewdaily.com.au

Aplikasi untuk pengguna Android dan iOS ini belakangan sangat populer di kalangan anak muda. Tinder is the new Facebook and Twitter, begitulah ungkapan yang kerap muncul untuk menggambarkan menjamurnya pengguna Tinder.

Cara menggunakan aplikasi ini pun cukup mudah. Pertama, kamu harus menyambungkan akun Facebook-mu untuk login. Kemudian, Tinder akan memberitahukan pengguna Tinder lain yang lokasinya berada tak jauh darimu.

Saat foto mereka bermunculan, inilah saatnya kamu menggunakan jarimu untuk menentukan nasib. Geser layar ke kanan jika kamu menyukai pasangan yang ditawarkan, dan geser layar ke kiri jika kamu merasa tak sesuai.

Keunikan Tinder ada pada sistem “Match“. Pengguna harus memencet gambar hati di bawah foto pengguna lain yang membuatnya tertarik jika ingin memulai percakapan. Tapi, tidak akan ada notifikasi ke pengguna tersebut saat kamu me-“love” foto mereka. Saat dia yang kamu “love” fotonya juga memencet “love” di bawah fotomu, barulah match terjadi dan kalian bisa melanjutkan percakapan.

Tampilan yang ringan dan sleek, fitur menarik, dan privasi yang cukup terjaga membuat aplikasi ini makin meraup banyak pengguna.

Kamu bisa mengunduh aplikasi ini untuk iOS dan Android.

5. OKCupid: Buat Kamu yang Malas Mengisi Tes Kepribadian

User Interface OK Cupid via cdn.gottabemobile.com

OKCupid didesain untuk para jomblo yang enggan mengotak-ngotakkan diri pada tipe kepribadian tertentu. Aplikasi ini tidak mengharuskanmu menjawab pertanyaan di tes kepribadian, melainkan langsung mengumpulkan data dan preferensimu dari algoritma Facebook. Kemudian, OKCupid akan memberikan rekomendasi pasangan yang sesuai denganmu.

Fitur lain yang menarik dari OKCupid adalah fitur lokasi yang bisa menunjukkan siapa pengguna yang posisinya paling dekat. Jika kamu dan dia sama-sama tertarik, bukan tak mungkin kamu tak lagi harus makan siang sendirian di hari itu.

Jika tertarik, inilah pranala untuk mengunduh aplikasi ini di iOS dan Android.

6. HowAboutWe: Menawarkan Rencana Agar Tak Canggung Di Kencan Pertama

Tampilan how about we via www.digitaltrends.com

Kopi darat dengan orang yang baru dikenal via dunia maya terkadang membuat kita canggung. Bingung menentukan arah pembicaraan, bingung mau kemana, bingung harus melakukan apa bersama orang yang baru pertama kali ditemui. Aplikasi HowAboutWe memahami hal ini dan berusaha menawarkan solusinya.

Selepas kamu menemukan pasangan yang sesuai, aplikasi ini bisa memungkinkan kalian menentukan tempat yang ingin dituju. HowAboutWe memiliki fitur pembaca lokasi yang bisa memperlihatkan restoran, kafe, hingga bioskop yang bisa dikunjungi bersama. Tak ada lagi kata canggung di kencan pertama.

Ingin mengunduh aplikasi ini? Kamu bisa menemukannya secara gratis di App Store dan Play Store.

7. Coffee Meets Bagels: Selektif, Hanya Mengirimkan 1 Rekomendasi Dalam Sehari

Cocok bagimu yang selektif soal pasangan via www.digitaltrends.com

Jika kamu tak ingin aktivitasmu terganggu karena notifikasi aplikasi yang menawarkan calon pasangan, Coffee Meets Bagels layak dicoba. Aplikasi yang baru bisa diunduh oleh pengguna iOS ini menggunakan algoritma Facebook demi menentukan calon pasangan yang tepat untuk direkomendasikan padamu.

Setiap siang hari, Coffee Meets Bagels hanya akan merekomendasikan 1 orang yang bisa kamu jajaki kemungkinan hubungannya. Dengan cara ini, kamu yang tak punya waktu untuk terus melayani bombardir notifikasi tak perlu merasa terganggu.

Coffee Meets Bagels tersedia untuk diunduh secara gratis bagi pengguna iOS.

Kita tidak pernah tahu jalan bertemu pasangan akan dibukakan dari mana. Selagi bisa dan ada peluangnya, apa salahnya mencoba? Selamat membuka situs di atas dan selamat mengunduh aplikasi yang telah Hipwee rekomendasikan.

Semoga beruntung!