Saking banyaknya barang di rumah atau kamarmu, kamu suka dibuat pusing saat mau menatanya. Bingung mau mulai dari ruangan mana dan barang apa saja yang dirapikan. Inginnya memang setiap hari bisa bersih-bersih rumah, tapi apa daya kesibukkanmu mengalahkan segalanya. Di sisi lain, kamu pun butuh barang-barang baru yang harus segera dibeli. Mau nggak mau, rumahmu jadi penuh berbagai macam benda dan tanpa disadari banyak yang tak terpakai.

Dan kali ini Hipwee Tips udah menyiapkan cara-cara jitu biar rumahmu nggak gampang berantakan lagi dengan memanfaatkan barang-barang tak terpakai. Penasaran gimana caranya? Ini nih…

1. Gulung pakaian yang ukurannya kecil dan tipis biar nggak menghabiskan tempat dalam lemarimu

gulung-gulung deh via imgur.com

Cara satu ini memang biasa dilakukan saat kamu lagi menata koper untuk bepergian. Dengan kapasitas koper yang terbatas, kamu harus memutar otak atur pakaian agar nggak menghabiskan tempat. Oleh karena itu, kenapa tidak kamu terapkan juga pada penataan lemari pakaian di rumah?

Jika kamu nggak mau menata seluruhnya dengan menggulung, kamu bisa tetap mempertahankan bentuknya dengan melipat seperti biasa. Namun, untuk dalaman, kaos kaki, pakaian tipis dan ukuran-ukuran kecil lainnya bisa kamu gulung agar hemat tempat. Percaya deh bakal lebih banyak ruang kosong yang menunggu untuk diisi.

2. Daripada cetakan es batu-mu jarang digunakan, buat sebagai tempat aksesoris saja demi memperindah ruangan

Advertisement

tempat es batu via yourmodernfamily.com

Hanya bermodal lap basah untuk membersihkan permukaannya, kamu bisa langsung memakai tempat es batu tak terpakai sebagai organizer aksesoris. Nggak cuma rapi, hitung-hitung berhemat juga ‘kan?

3. Jangan biarkan koper-kopermu menumpuk di gudang! Tumpuk lalu manfaatkanlah sebagai tatakan serbaguna

kamar kamu jadi nuansa pastel via www.diys.com

Kalau di rumah ada beberapa koper yang jarang dipakai, ada baiknya coba kamu tumpuk lalu jadikan sebagai meja di dalam kamar. Di atasnya bisa kamu letakkan cermin, lampur tidur, atau catatan to-do list sehari-hari. Dijamin deh kopermu bukan lagi barang yang cuma bisa memenuhi tempat di dalam gudang!

4. Bukan cuma buat menjemur pakaian, tapi hanger juga bisa untuk merapikan dasi, handuk kecil, hijab, sampai kacamata

tinggal pilih deh via www.bobvila.com

Punya hanger yang menumpuk dan tak digunakan begitu saja? Daripada jadi barang mubazir, mendingan kamu pakai buat gantung dasi di kamar, handuk kecil di kamar mandi atau di dapur, gantung hijab, atau koleksi kacamatamu eh. Fungsinya hanger ‘kan bukan cuma untuk jemur baju atau gantung pakaian di lemari saja. Yuk ah keluarkan daya kreativitasmu!

Oh iya, pilih hanger yang warna atau bentuknya menarik ya biar lucu dilihat.

5. Jangan buang pengait tutup kaleng deh. Karena ternyata bisa dipakai untuk menggabungkan dua hanger sekaligus

gunakan untuk ini via www.brilio.net

Jika kamu hobi minum minuman kaleng coba dari sekarang simpan pengait tutupnya. Karena benda tersebut ternyata bisa bikin space lemarimu jadi lebih hemat, lho. Misalnya saja dengan mengaitkan 2 hanger, dengan begitu lemari kamu jadi nggak terlalu penuh dan lebih tertata.

6. Plastik pembungkus selimut atau bedcover bisa kamu pakai sebagai pengganti lemari pakaian. Atau buat menyimpan baju yang jarang kamu pakai lagi

jadi bermanfaat ya via www.brilio.net

Biasanya sih, kalau pengantin baru banyak menerima kado dari para tamu undangan berupa selimut atau bedcover. Nah, karena tempat plastiknya sayang banget didiamkan atau ditumpuk begitu saja, lebih baik kamu gunakan deh untuk menyimpan pakaian atau berbagai barang lainnya biar terlihat rapi.

7. Buatkan sekat-sekat dalam kardus untuk digunakan sebagai rak sepatu, daripada harus beli yang baru

rak sepatu via spusht.com

Kardus-kardus yang nggak terpakai bisa kamu gunakan sebagai rak menyimpan sepatu. Caranya sangat sederhana, yaitu:

  • Berdirikan kardus, lalu isi dengan sekat-sekat dari kardus juga
  • Buat sekat secukupnya (sekiranya muat berapa sepatu)
  • Letakkan sepatu yang paling berat di bagian bawah, sedangkan bagian atas adalah yang paling ringan

Selesai deh!

8. Suka susah menemukan kunci mana yang tepat saat buru-buru? Warnai saja dengan cat kuku pada bagian kepala kunci

tandai kuncimu! via jewelpie.com

Cara satu ini memudahkan kamu saat ingin mencari kunci. Biasanya, kamu menyimpan kunci pada satu kelompok gantungan dan itu bikin kamu repot saat harus buru-buru mencarinya. Supaya nggak ribet lagi, kamu warnai saja bagian kepala kunci dengan cat kuku. Pilih warna sesuai yang kamu mau, ya!

Kini nggak ada alasan lagi deh rumahmu masih berantakan. Karena dengan menerapkan 8 tips tadi, kenyamanan dan kerapian rumahmu akan senantiasa terjaga, meski kesibukanmu tiada tara. Selamat mencoba!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya