Kamar bukan cuma tempat kamu bisa melepas lelah setelah seharian beraktivitas. Di kamar kamu pun sering melakukan berbagai aktivitas, seperti belajar, menyelesaikan tugas, bermain game bareng teman, bahkan makan juga sering kamu lakukan di sana. Kamar tak lain adalah istana kecil buatmu. Pantas rasanya membuat hiasan kamar agar tempat kecilmu ini terasa nyaman.

Kenyamanan kamar nggak diukur dari besarnya saja, atau dari seberapa “wah” interiornya. Kamu juga bisa mendapat rasa nyaman itu dari hiasan kamar nan unik dan sederhana. Hiasan kamar ini juga bisa lho kamu buat sendiri dari barang-barang yang ada di sekitarmu. Ingin tahu kira-kira apa saja yang mudah kamu kreasikan? Yuk lihat!

1. Kamu pasti punya koleksi foto bersama keluarga, teman, atau foto traveling, bukan? Nah, wall of photo ini bisa kamu buat untuk menghias kamar

Memperhatikan tembok kamar yang polos, lama-lama kamu pasti bosan. Tapi bagaimana kalau di tembok kamarmu ada kumpulan foto-foto kenangan? Bukankah bisa membuat kamu lebih nyaman? Melihat wall of photo ini, kamu juga pasti senyum-senyum sendiri.

Jadi, tunggu apa lagi, yuk siapkan koleksi foto yang menurutmu paling baik, lalu selotip dua sisi (double tape), beberapa jepit jemuran kayu, dan tali nilon. Kemudian susun sesuai selera. Pastikan kamu kreatif dalam menatanya ya, supaya wall of photo jadi hiasan kamar yang nggak membosankan.

2. Kamu hobi belanja dan punya banyak tas belanjaan? Daripada tas ini dibuang, mending kamu sulap jadi hiasan kamar

Tas belanjaan dari bermacam brand numpuk di sudut kamar, membuat ruanganmu terlihat berantakan. Tapi, sayang rasanya membuang tas-tas ini. Nah, kenapa nggak mencoba mendaur ulangnya saja? Sekadar tas belanjaan bisa menjadi hiasan kamar yang elegan.

Advertisement

Ada dua pilihan cara untuk mengkreasikannya. Pertama, kamu bisa menambahkan bingkai sederhana yang bisa kamu beli dengan harga terjangkau. Sedangkan yang kedua, kalau kamu nggak mau banyak mengeluarkan modal, tanpa bingkai wall of shopping bags di kamarmu pun bisa tetap terlihat menyenangkan. Jangan lupa saat menyusunnya, kamu juga harus memperhatikan komposisi warna dan ukurannya ya!

3. Kaleng susu bekas yang didaur ulang jadi “rak” sederhana di dinding: kamarmu nggak cuma terlihat rapi, tapi juga lebih chic

Penak-pernik atau barang-barang kecil milikmu sering tercecer di kamar. Kadang saat membutuhkannya, kamu pun sulit mencarinya. Alih-alih mengeluarkan uang untuk mini container, kenapa kamu nggak buat rak sendiri yang fungsinya juga bisa sebagai hiasan kamar?

Nggak sulit untuk mewujudkannya, kamu cuma perlu menyediakan beberapa kaleng bekas susu, selotip besar, kardus yang dipotong memanjang, lalu kanvas bermotif. Lalu, sebelum kaleng kamu bungkus dengan kanvas bermotif, pastikan dalam dan luarnya sudah bersih. Setelah semua kaleng terbungkus, kamu bisa langsung menyusunya di potongan kardus. Dan rak sederhana yang chic siap menghias kamarmu.

4. Sendok nggak cuma buat makan. Kamu bisa mengubahnya jadi hiasan. Tambahkan cat warna-warni di atas sendok, lalu susun secara selang-seling

Kalau biasanya sendok cuma ada di dapur atau meja makan, sekarang kamu juga bisa memindakan sendok ke dinding sebagai hiasan kamar! Memang setelah itu sendokmu nggak bisa digunakan untuk makan lagi, tapi toh sendok-sendok cantikmu bisa menghadirkan pemandangan yang artistik.

Untuk membuatnya, selain sendok, kamu juga membutuhkan cat warna-warni yang bisa untuk stainless steel dan lem tembak. Warna cat yang kamu pilih juga sesuai seleramu, seperti misalnya yang bernuasa pastel. Lalu proses mengecatnya, cukup kamu lukis di kepala sendoknya saja. Dan, setelah cat benar-benar kering, mulai deh kamu susun selang-seling antara kepala sendok satu dengan yang lain di dinding kamarmu. Gampang ‘kan?

5. Jangan buang kotak tisumu, lebih baik kumpulkan lalu sulap jadi hiasan gantung di kamarmu

Setiap ingin tidur, kadang kamu memperhatikan langit-langit kamar. Biar pandanganmu nggak cuma mentok di langit-langit yang polos, kenapa nggak kamu taruh hiasan gantung di sana? Dan supaya lebih menarik lagi, kenapa nggak kamu buat sendiri hiasan kamarnya?

Caranya simpel kok. Bahan-bahan yang kamu perlukan cuma kardus tisu bekas, lem putih, tali nilon dan manik-manik berbentuk bulat.

Pertama, buatlah 12 pola rumah bergambar hati. Setelah itu, eratkan pola-pola tersebut dengan lem putih, supaya pola-pola itu melekat kuat kamu bisa menggunakan jepit jemuran. Setelah benar-benar merekat kamu bisa menambahkan tali nilon dan manik-manik bulat. Buat berapa gantungan seperti ini, biar hiasannya bisa lebih ramai. Dicoba ya!

6. Suka membuat origami, kalau gantungan bangau-bangauan sudah terlalu biasa. Kamu bisa memasukkannya ke dalam bohlam bekas loh!

Kalau menurutmu gantungan origami bangau-bangauan sudah sangat biasa. Coba putar otak, dan buat inovasi baru dari origami bangau seperti misalnya memasukkannya ke dalam bohlam bekas, demi hiasan kamar yang elegan dan menawan.

Nggak usah kawatir sulit membuatnya, kamu cuma butuh kesabaran untuk memasukkan origami bangau-bangauan ke dalam bohlam. Jangan lupa untuk berhati-hati supaya bohlamnya tidak ursak atau pecah ya! Setelah siap, bohlam isi bangau pun bisa langsung digantung. Terlihat lebih berkelaskan origami bangaumu.

7. Ide kreatif memang nggak ada matinya! Kancing baju pun bisa jadi hiasan berbentuk huruf

Kacing baju yang berwarna-warni emang imut kok! Apalagi kalau kamu bisa menyulapnya menjadi hiasan kamar yang atraktif. Modalnya juga sudah pasti nggak banyak, paling kamu cuma butuh bermacam-macam jenis dan warna kancing baju, dan lem tembak untuk menempelkannya. Jika sulit membentuknya menjadi huruf, kamu bisa terlebih dahulu membuat pola di dinding, baru setelah itu kamu menempelkan semua kancing mengikuti pola. Jangan takut gagal membuat hiasan kamar ini, karena memang mudah sekali!

8. Saku celana jeans bekas juga bisa kamu sulap jadi gantungan seperti bendera yang menghiasi tembok di atas tempat tidurmu.

Salah satu bukti kreativitas manusia yang nggak ada matinya, adalah hiasan kamar dari saku celana jeans bekas. Alih-alih menggunakan bendera berbahan kanvas, fanel atau jenis kain yang lain, kamu justru memanfaatkan saku celana jeansmu yang sudah tak terpakai. Tapi kalau saku celana jeansmu kurang banyak, kamu bisa menggantinya dengan menggunakan seluruh celana jeans bekasmu. Gunting saja semuanya seperti pola saku, setelah itu kamu jahit dengan tangan semua pinggiran pola sampai benar-benar menyerupai saku. Untuk mempermanis tampilan bendera denimmu, kamu bisa menambahkan pita berwarna sebagai pembatas.

Bagaimana, menarik ‘kan? Nggak perlu lama-lama memikirkannya, kamu tinggal pilih salah satu hiasan kamar yang kamu sukai, lalu praktikkan. Hiasan kamar yang sedap dipandang sudah pasti bisa membuatmu betah di dalam kamar seharian. Selamat mencoba ya!