Punya aktivitas yang selalu segudang? Meski sering merasa tak punya waktu untuk sarapan, kesibukan justru membuat sarapan ini tak boleh ditinggalkan. Jadi sarapan sehat apa saja yang bisa kamu bikin nggak pakai waktu lama? Di sini, akan dibahas menu-menu yang patut dicoba. Yuk lihat apa saja menunya!

1. Kamu bisa mengawali pagi sesederhana dengan merebus ubi

Twice Baked Sweet Potatoes; The Neelys via www.foodnetwork.com

Indonesia kaya akan umbi-umbian. Termasuk ubi. Ubi mengandung banyak karbohidrat dan serat alami yang baik untuk dijadikan menu sarapan kamu. Selain itu ubi juga mengandung banyak vitamin seperti B6, C, dan E. Tidak susah mengolahnya, bisa hanya direbus, digoreng atau sekadar dipanggang. Begini saja, ubi sudah bisa memberikan energi yang besar!

2. Oatmeal atau havermut instan juga bisa jadi pilihan selanjutnya

Oatmeal, makanan yang berserat tinggi. via silk.com

Sudah tidak diragukan lagi, oatmeal adalah makanan dengan peringkat pertama yang mengandung tinggi serat. Dengan serat yang bersifat sangat lama untuk dicerna oleh tubuh ini, tubuh kita akan punya cadangan energi yang bertahan lama. Oatmeal sangat cocok untuk dijadikan sarapan bagi yang sibuk dan tak sempat memasak makanan, karena energi yang didapat dari oatmeal sebenarnya lebih banyak daripada energi dari roti. Untuk meningkatkan rasa, bisa ditambahkan potongan-potongan buah pada oatmeal, seperti strawberry, berry atau pisang.

3. Buat yang mau berbeda, coba deh semangkuk Lime Greek Yogurt

Advertisement

Penambahan buah-buahan di greek yogurt akan meningkatkan cita rasa. via majasdiary.com

Kenapa harus Greek yogurt, kenapa gak yogurt biasa aja? Karena greek yogurt yang lebih creamy dan asam dari yogurt biasa ini menawarkan kandungan protein 2 kali lebih banyak daripada yogurt biasanya. Karena untuk kegiatan sehari-hari kita memerlukan banyak protein, yogurt ini cocok untuk mengawali hari beratmu, untuk penyajiannya yogurt dicampur perasan lemon secara merata baru kemudian disantap.

4. Smoothies juga cepat dibuat dan pasti lezat

Gunakan buah dan sayur segar untuk membuat smoothies yang sehat. via blog.bcbsnc.com

Mungkin ada yang gak suka kalau harus makan yogurt langsung, apalagi yogurt tawar. Untuk menyiasatinya, buat saja smoothies buah-buahan. Perpaduan yogurt yang banyak mengandung protein dengan buah-buahan yang kaya akan serat dan vitamin ini gak akan bikin tubuh kamu lemas seharian. Caranya dengan mencampurkan varian buah seperti stroberi dan bluberi, manga dan pisang, pisang dan apel, pisang dan strawberry dengan yogurt hingga halus.

5. Banana Oat Smoothie juga bisa jadi menu sarapan yang enak!

Banana oat smoothies, suplemen energi. via www.lifehack.org

Buah pisang merupakan salah satu buah yang mengandung karbohidrat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat saat sarapan, selai itu kandungan seratnya juga akan memberikan rasa kenyang lebih lama serta melancarkan sistem pencernaan tubuh. Bagi yang bosan dengan buah pisang bisa dicoba dengan banana oat smoothie ini. Caranya mudah cukup: haluskan oat dengan mixer, campurkan pisang, lalu tambah sedikit yogurt plan sehingga menunya siap diminum.

6. Toast Banana with Peanut Butter

Toast dengan peanut butter dan slice banana via www.buzzfeed.com

Menu yang bisa dibuat dengan pisang dan peanut butter ini adalah Toast Banana and Peanut Butter, perpaduan buah pisang yang kaya serat dan karbohidrat ditambah dengan peanut butter yang mengandung banyak protein dan lemak sehat ini juga bisa membantu kamu menambah energimu dan memberikan rasa kenyang yang lama. Menu ini gak ribet kok, cukup panggang roti dengan tingkat kematangan sesuai selera atau roti tawar biasa oleskan peanut butter dan tambahkan irisan buah pisang di atasnya. Dan toast banana siap memberikan energi penuh untuk tubuhmu.

7. Egg Scramble with Spinach Cheese

Scramble egg with spinach and cheese. via www.popsugar.com

Menu ini berbahan telur yang merupakan sumber protein yang paling mudah didapatkan, selain itu keunggulan telur adalah kandungan kolinnya yang dapat membatu kinerja otak. Jadi dengan sarapan telur manfaatnya banyak, bisa mencerdaskan otak sekaligus memberikan energi yang tahan lama untuk tubuh. Ditambah dengan bayam yang sangat kaya akan zat besi membuat menu ini sangat cocok untuk menambah stamina tubuh, cara pembuatannya seperti layaknya membuat scrambled egg biasa ditambahkan potongan sayur bayam di dalamnya dan cheese untuk menambah rasanya.

8. Boiled Egg and Tomato Sandwich juga bisa jadi menu sarapan enak penuh gizi!

Sandwich sehat via www.lifehack.org

Sandwich bisa dijadikan pilihan untuk menu sarapan yang mudah untuk dibuat karena tidak memakan banyak waktu, akan tetapi bukan sembarang sandwich yang dipilih. Penyajian sandwich kali ini terdiri dari potongan telur rebus, potongan tomat, bisa juga ditambahkan dengan selada untuk sayurnya. Kenapa dipilih telur, karena kandungan protein yang tinggi pada telur ditambahkan dengan serat, vitamin, dan antioksidan yang terkandung dalam tomat dan selada akan menambah energi yang bisa dihasilkan oleh tubuh setelah menyantap menu ini.

Pada dasarnya, sarapan yang dibutuhkan oleh tubuh kita adalah yang mengandung banyak protein, serat, dan karbohidrat agar energi yang tersimpan banyak dan cukup untuk beraktivitas seharian. Besok kamu mau sarapan dengan menu yang mana? Selamat mencoba, selamat memasak!