Istilah “rambutmu, mahkotamu” memang benar jika kita pahami lebih dalam lagi. Rambut yang sehat dan terawat tentunya membawa aura positif tersendiri bagi pemilik “mahkota” tersebut.

Nah, buatmu yang berjilbab, merawat rambut juga merupakan kewajiban, lho! Selain menjadi aset, rambut berjilbabmu yang terawat juga pertanda kamu merupakan pribadi yang teratur dan rapi. Simak sembilan cara mudah ini untuk merawat rambut berjilbabmu yuk…

1. Malas keramas? Iyuuh, nggak banget! Merawat rambut bisa dimulai dengan keramas teratur.

rambutmu, mahkotamu via bisikan.com

Rambut yang sehat dan berkilau tentunya dimulai dari kebersihan rambut itu sendiri. Keramaslah 2 hari sekali untuk menjaga rambutmu tetap bersih. Tapi, jangan keramas setiap hari ya, bahan kimia dalam shampoo juga bisa mengganggu kesehatan rambutmu.

2. Ketika berjilbab, usahakan rambutmu dalam keadaan kering. Rambut yang basah bisa jadi sarang ketombe, lho!

rambut basah sarang ketombe via m.infospesial.net

Advertisement

Keringkan dulu rambutmu setelah keramas atau basah, jangan langsung kamu pakaikan jilbab. Tempat lembab dan basah adalah tempat favorit bagi bakteri maupun kuman, khususnya bagi ketombe-ketombe nakal yang akan bersarang di rambutmu.

3. Potonglah rambutmu secara berkala. Apalagi jika rambutmu bercabang dan rapuh, jangan remehkan hal ini.

potong rambut berkala via creativeover.website

Memotong rambut secara berkala sangat membantu merawat rambut berjilbabmu. Minimal tiga bulan sekali, potonglah bagian bawah rambut yang rapuh atau bercabang, agar kondisi rambut berjilbabmu tetap stabil.

4. Jika rambutmu panjang, jangan mengikat rambut terlalu kencang. Kasihan pertumbuhan rambutmu.

ikatan kencang menghambat pertumbuhan rambut via bisikan.com

Bagi sebagian orang yang berjilbab, mengikat rambut yang semakin kencang adalah semakin baik untuk kenyamanan berjilbab mereka. Namun, hal ini sebaiknya dihilangkan, selain membuat kepala menjadi pening, mengikat rambut terlalu kencang juga menghambat pertumbuhan alami rambut, lho!

5. Pilihlah jilbab yang menyerap keringat, jangan asal bagus atau lucu saja.

bahan kaos lebih baik untuk jilbab via isukepri.com

Jika keseharianmu memakai jilbab dan berada di luar ruangan, pilihan jilbab yang tepat menjadi pekerjaan rumah buatmu. Kenapa? Karena jilbab yang menyerap keringat adalah yang kamu butuhkan. Jilbab berbahan dasar kaos sebaiknya menjadi pilihan utamamu.

6. Jilbab-jilbab warna soft juga membantu menyejukkan kulit kepalamu. Lho kok bisa?

warna soft bantu kulit kepalamu via vemale.com

Ingat! Merawat rambut juga berarti merawat kulit kepala, ketombe dan permasalahan rambut pada umumnya bermula dari kulit kepala yang tidak sehat. Pilihlah warna jilbab yang lembut dan terang dengan bahan dasar kaos agar kulit kepalamu terjaga kesejukannya.

7. Walaupun berjilbab, rambutmu jangan sampai luput dari sentuhan sisir. Nggak mau dong rambutmu kusut dan berantakan?

jangan lupa sisir rambutmu biar nggak kusut via noodeeandboo.com

Sebelum atau sesudah berjilbab, sisir juga merupakan penolong setiamu untuk mencegah rambut kusut atau rontok. Usahakan pilih sisir dengan “gigi” jarang agar rambut kusutmu cepat rapi tanpa membuat rambut indahmu “berguguran”.

8. Sesekali, gunakan masker rambut untuk mengembalikan elastisitas rambutmu, seminggu sekali sudah cukup, kok.

ternyata alpukat baik untuk rambut via ciricara.com

Saat weekend adalah saat yang tepat untuk memanjakan rambut berjilbabmu. Jika sempat, belilah alpukat atau pisang serta madu untuk masker alami rambutmu. Campurkan dan blender saja bahan-bahan tadi, diamkan sesaat dengan handuk hangat (seperti creambath di salon). Kalau tidak sempat, beli saja masker-masker rambut di supermarket, sudah banyak, kok masker yang sesuai dengan kondisi rambutmu. Coba praktekan dengan tekun dan konsisten ya, agar kondisi rambutmu tetap oke walaupun berjilbab.

9. Jangan lupa istirahatkan rambutmu. Setelah sampai di rumah, kamu bisa melepas jilbabmu.

rambut juga perlu istirahat via ciricara.com

Sesampainya di rumah, kamu bisa langsung melepas jilbabmu, lepas juga ikatan rambutmu. Ini sangat berguna untuk membiarkan rambut indahmu “bernafas” dengan lega.

10. Konsumsi makanan bernutrisi dan kaya vitamin E. Menjaga kesehatan rambut berjilbabmu dari dalam juga perlu.

vitamin E baik buat rambutmu via healthyetips.com

Kacang-kacangan, buah-buahan, ikan tuna atau salmon serta sayur-sayuran hijau sangat baik untuk kesehatan tubuhmu pun rambut berjilbabmu. Makanan kaya nutrisi ini dapat menyehatkan rambut dan mengurangi permasalahan pada rambutmu. Tentunya dengan olahan dan cara memasak yang sehat pula ya.

Jadi, mudah kan merawat rambut berjilbabmu? Jangan sampai rambutmu kusut dan lepek gara-gara tidak dirawat ya… Selamat mencoba!