Sepertinya takkan ada yang menyangkal kalau semangka itu salah satu buah tersegar dan mengandung banyak manfaat bagi tubuh. Warna buahnya yang menggoda pun selalu berhasil memperbaiki mood seseorang jika dia sedang dilanda kegalauan. Semangka sendiri mengandung beberapa macam vitamin termasuk vitamin A, B1, B6, dan yang paling menonjol adalah vitamin C. Selain itu, semangka juga mengandung asam amino sitrulin, asam spantotenik, tembaga, biotin, potasium, kalium, dan magnesium. Wow!

Di sini, tak hanya daging buahnya saja yang bisa kamu manfaatkan, tapi juga kulitnya. Manfaat dan segarnya pun sama. Penasaran apa saja?

1. Tak seperti kulit buah lain, kulit semangka bisa diolah menjadi keripik buah yang manis tapi tetap sehat

kulit ini bisa dibuat keripik via hubpages.com

Sama halnya dengan keripik buah lainnya, kulit semangka juga bisa dijadikan keripik. Cara pembuatannya juga nggak jauh beda dengan keripik buah.

Gunakanlah kulit semangka yang berwarna putih, sedangkan yang berwarna hijau bisa dibuang. Menggorengnya pun juga harus menggunakan vacuum fryer biaar hasilnya lebih renyah. Lebih lengkapnya, kamu bisa mencoba resep keripik kulit semangka di sini, ya.

2. Kulit semangka juga bisa jadi tatakan jeli semangka. Bentuknya pun sama seperti semangka aslinya 🙂

Advertisement

jeli semangka 🙂 via melekinternet.com

Kalau kamu ingin membuat jeli berbentuk semangka, kamu bisa menggunakan kulit semangka asli. Kamu nggak perlu repot mencari pencetak makanan berbentuk semangkanya karena kulit semangka itu bisa kamu gunakan sebagai wadah pencetak.

Tinggal potong semangka menjadi dua, kamu bisa ambil daging buahnya sampai tersisa kulitnya yang berbentuk mangkok. Setelah itu tuang jeli yang masih cair ke kulit semangka lalu tunggu sampai dingin. Jeli yang sudah dingin tadi kalau kamu potong akan berbentuk semangka, apalagi kulitnya memang asli. Sueger!

3. Kalau bosan dengan tumis yang itu-itu aja, coba deh buat tumis kulit semangka

Kulit semangka tumis via masakannusantara1.blogspot.co.id

Cara buatnya sama seperti tumis pada umumnya, tapi kali ini bahan utamanya adalah kulit semangka. Pakai bagian kuliat yang berwarna putih saja, buang bagian hijau karena teksturnya keras. Kamu bisa tambahkan udang atau bahan lain biar warnanya lebih rame. Rasa kulit semangka ini renyah dan segar.

4. Buat yang suka seni, kamu bisa ubah kulit semangka menjadi karya yang indah dan beguna. Dessert bentuk kura-kura, misalnya

Kura-kura semangka via www.caradesain.com

Kulit semangka kini bisa menjelma menjadi bentuk-bentuk lucu mulai dari daun sampai binatang. Kamu bisa kreasikan sesuka untuk membuat bentuk apapun. Kamu hanya memerlukan pisau yang ujungnya runcing untuk membantumu membuat bentuk. Nggak cuma itu, kamu juga bisa gunakan kulit yang sudah dibentuk tadi sebagai pengganti mangkok salad agar lebih menarik.

5. Biar nggak mainstream, kulit semangka juga bisa dibuat manisan. Nggak cuma lezat, olahan ini dijamin lebih sehat!

Manisnya… via www.langsungenak.com

Caranya gampang dan bisa kamu praktekkan di rumah, cukup pakai bagian putihnya saja. Rebus kulit semangka dengan gula, garam dan kulit lemon dalam api kecil. Aduk terus sampai kuahnya menyusut dan mengental. Kalau sudah kamu bisa tambahkan air lemon dan vanili agar ada rasa asamnya.

6. Nggak kalah bervitamin dari daging buahnya, jus kulit semangka pun luar biasa manfaatya

Ini jus kulit lho via www.artsmartiauxcombat.com

Nggak cuma buah semangkanya saja yang bisa dibuat jus, kulitnya juga. Lagi-lagi yang dipakai bagian putihnya ya, karena bagian hijaunya terlalu keras. Rasanya tidak berbeda jauh dengan jus daging buah semangka, hanya lebih padat. Kamu bisa tambahkan air lemon agar rasanya lebih segar.

7. Selain awet buat berhari-hari, acar kulit semangka bisa bikin kebutuhan akan buahmu tercukupi

Ini acar lho via via www.johnstoncountync.org

Kamu bisa gunakan kulit semangka sebagai pengganti mentimun untuk acar. Cara membuat acar kulit semangka juga nggak beda dengan acar timun. Lagi-lagi yang digunakan hanya bagian putihnya saja, ya. Rasanya tidak terlalu berbeda dengan mentimun, tapi teksturnya lebih renyah dan lebih segar.

8. Lebih aneh dan uniknya lagi, kali ini kulit semangka digoreng krispi. Wiiiiiih

Ini juga bisa digoreng via www.kimcheelicious.com

Kulit semangka yang penuh air juga bisa digoreng apalagi krispi. Tinggal dilumuri dengan telur, beri tepung, lalu goreng. Luarnya krispi tapi dalamnya tapi dalamnya masih terasa jus semangka. Rasanya dijamin unik, apalagi kalau kamu taburi dengan keju. Nyummmm!

9. Punya antioksidan tinggi, kulit semangka bagus untuk masker wajah agar terhindar dari dehidrasi

masker kulit semangka via ledisia.com

Kulit semangka memiliki antioksidan yang sangat baik untuk kulit, sehingga bisa meremajakan kulitmu dan menjaganya dari radikal bebas.

Kamu bisa menggosokan bagian putih pada kulit semangka ke kulitmu dengan gerakan memutar. Jika kulitmu sudah basah oleh air dari kulit semangka, diamkan selama 10 sampai 15 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih, nah kulitmu akan segar dan bersih.

atau bisa juga seperti ini…

Caranya jemur kulit semangka hingga kering.lalu haluskan. Setelah itu dapat dicampur dengan air atau paduan mentimun dan lidah buaya. Balurkan diwajah, kemudian diamkan sekitar 15-20 menit. Setelah menggunakan masker ini anda tentu akan merasakan kulit lebih kencang, lembut serta fresh. Penggunaan masker bisa dalam waktu 2 atau 3 kali dalam seminggu.

10. Tak perlu repot mencari wadah lagi, kulit semangka ini bisa dibuat menjadi mangkuk yang multifungsi

wah, jadi mangkuk via global.liputan6.com

Seperti yang banyak orang katakan, segala sesuatu yang alami itu jauh lebih aman dan menyehatkan. Sama seperti kulit semangka yang ternyata bisa kamu olah menjadi mangkuk serbaguna, bahkan bisa memperindah tampilan meja. Tak hanya sebagai wadah minuman saja, olahan makanan seperti nasi goreng atau nasi kuning pun bisa kamu sajikan di atas mangkuk kulit semangka ini. Wah, jadi ngiler ~~

Siapa yang menyangka kalau ternyata kulit semangka punya banyak olahan yang nggak biasa? Selain menyehatkan karena kandungan vitamin dan anti oksidannya, kulit semangka juga bisa menambah kreativitasmu. Selamat mencoba!

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!