Pernah nggak sih mengalami yang namanya lupa menyimpan barang atau lupa kalau punya janji sama teman? Kalau pernah, bisa jadi kamu termasuk orang yang pelupa alias punya daya ingat yang rendah. Kalau sekali-dua kali sifat pelupa ini masih belum terasa mengganggu. Tapi jika sifat pelupa ini terus-terusan terjadi, bisa-bisa berantakan segala aktivitasmu.

Tapi jangan khawatir, sifat pelupa itu pasti bisa diatasi, kok. Nah, di artikel ini Hipwee akan berbagi 9 tips sederhana buat membantu kamu yang pelupa!

1. Jika Kamu Merasa Mudah Lupa, Coba Visualisasikan Ingatanmu Dengan Menghubungkan Hal yang Harus Kamu Ingat Pada Sebuah Benda

kamu pelupa? visualisasikan ingatanmu via c2.staticflickr.com

Kamu merasa kesulitan buat mengingat nama orang atau hari ulang tahun teman? Coba deh visualisasikan ingatan kamu. Faktanya, 65% orang bisa belajar lebih mudah dan cepat dengan visualisasi.

Misalnya, kamu punya janji makan siang dengan teman pukul 13.00. Coba ingat dua hal yang lainnya, yaitu angka sial (13) dan ayam goreng. Cara ini efektif karena kasarnya, “angka sial” dan “ayam goreng” adalah jembatan ingatan yang memudahkan otak kita bekerja.

2. Setiap Ada Waktu Luang Coba Mainkan Game yang Melatih Otak

Advertisement

mainkan game yang melatih otak via l.yimg.com

Sudoku atau Crosswords adalah contoh game yang bisa merangsang dan melatih otak. Selain itu, ada juga Lumosity yang khusus diciptakan tim neuroscientist dari Amerika. Kabarnya, mereka yang memainkan game ini selama 10 jam akan bisa meningkatkan daya ingatnya hingga 97%.

Menurut Marcel Danesi yang menulis buku Extreme Brain Workout, bermain game di atas mampu mengaktifkan sinapsis di seluruh bagian otak manusia, termasuk daerah ingatan.

3. Gunakan Metode Cicero Untuk Mengelompokkan Barang-barangmu Berdasarkan Kategori

metode cicero buat kamu yang pelupa via i.huffpost.com

Metode Cicero adalah cara untuk mengingat berbagai item yang berbeda dengan mengelompokkan mereka ke beberapa kategori. Kasarnya, kamu akan mengingat secara kategori, bukan item. Ketika kamu lupa salah satu item, kamu bisa memanggil ingatanmu kembali dengan mengingat item-item yang lain di kategori yang sama.

Untuk melatih otakmu menggunakan Metode Cicero, bayangkan kamu berada dalam rumahmu. Lalu bayangkan kamu berada di sebuah kamar. Lihat benda-benda yang ada di kamar itu dan hapalkan urutannya. Nah, secara tak sadar kamu sudah mengelompokkan benda-benda itu ke satu kategori, yaitu “Perabotan dan Barang yang ada di Kamar X”. 

Lalu coba bayangkan benda-benda apa yang ada di dapur. Secara tak sadar, kamu akan mengelompokkan pisau, piring, dan alat-alat masak lainnya ke kategori “Perabotan yang ada di dapur”.

Ketika kamu lupa dimana kamu menaruh mug kesayanganmu, kamu tinggal mengingat kembali urutan item-item di kategori “Perabotan Dapur”. Ah, ternyata dalam ingatanmu item mug ada setelah item sabun cuci piring. Jadi, mug kesayanganmu itu pasti ada di dekat bak cuci piring.

4. Pakai Metode Baker-baker, Metode Untuk Mengingat Berdasar Kata Kunci

Dalam ilmu psikologi, metode ini dilakukan dengan cara membagi peserta penelitian menjadi dua kelompok. Masing-masing kelompok diperlihatkan gambar seorang pria. Satu kelompok diberi tahu bahwa nama pria itu Baker, sedangkan kelompok lain diberi tahu bahwa pria itu seorang pembuat roti (baker).

Ketika gambar ditampilkan dan peserta diminta untuk menyebutkan kata-kata terkait, maka kelompok yang tahu kalau pria itu seorang pembuat roti jadi lebih mudah menyebutkan berbagai kata. Pasalnya, ketika mengingat ‘pembuat roti’, maka mereka akan mengingat semua perlengkapannya seorang pembuat roti.

Untuk mengingat detail, cobalah membuat kata kunci, misalnya menggunakan nama tokoh. Misalnya, kamu bisa mengingat Einstein atau kisah hidupnya untuk mengingat isi teori relativitas. Atau jika ingin mengingat Jogja, kamu bisa mengingat angkringan dan Malioboro.

5. Jangan Sepelekan Tidur Siang. Tidur Siang Bisa Meningkatkan Daya Ingatmu

jangan lupa tidur siang via michaelhyatt.com

Nggak ada salahnya mengehentikan pekerjaanmu dan tidur siang setidaknya satu jam. Faktanya, tidur siang ternyata bisa meningkatkan daya ingat. Hal inilah yang disampaikan para peneliti dari NASA.

Selain itu, penelitian tahun 2008 juga menyebutkan bahwa aktivitas otak orang yang sudah tidur siang ternyata lebih maksimal daripada mereka yang tidak tidur siang.

6. Kalau Kamu Susah Mengingat Nama, Setiap Berkenalan Coba Ulang Nama Orang yang Kamu Kenal Itu 3 Kali

beri label nama via 37.media.tumblr.com

Presiden Amerika Franklin Roosevelt ternyata menggunakan metode ini. Ya, dia tidak pernah kesulitan mengingat nama-nama asistennya, selama lima periode dia menjabat sebagai presiden.

Ketika diperkenalkan dengan seseorang, Roosevelt akan mencoba mengulang nama itu tiga kali dalam hati, kemudian membayangkan bahwa nama itu tertulis di kening pemiliknya. Wow! Jika kamu termasuk orang yang sulit mengingat nama metode ini bisa kamu praktekkan. Akan lebih efektif lagi jika kamu membayangkan nama-nama itu tertulis dengan spidol berwarna favoritmu.

7. Luangkan Waktu 10 Menit Sehari Untuk Bermeditasi

meditasi 10 menit sehari via www.meditationinfortmyers.org

Nah, cara lain yang juga bisa kamu coba adalah dengan meditasi setidaknya 10 menit setiap hari. Penelitian University of California menyebutkan bahwa meditasi dapat menambah kapasitas ingatan dan membuang hal-hal yang kurang penting yang ada dalam pikiran kita.

Di 2012, penelitian MIT juga menyebutkan bahwa neural circuit bisa membantu ingatan menjadi lebih tahan lama. Neural circuit dipercaya dapat bekerja maksimal ketika otak sedang konsentrasi pada apa yang dilihat oleh mata atau ketika pikiran sedang fokus.

8. Bersahabat Dekatlah dengan Makanan yang Kaya Omega 3

konsumsi omega3 via www.worldfishing.net

Omega 3 banyak terkandung dalam makanan seperti salmon, tuna, kerang, kubis, biji labu, dan buah kenari. Bisa juga dalam bentuk suplemen instan. Nutrisi yang satu ini bermanfaat banget buat otak.

Pada 2012, University of Pittsburgh menemukan bahwa konsumsi omega 3 cocok untuk meningkatkan daya ingat orang dewasa. Sedangkan menurut penelitian University of Columbia, mengkonsumsi makanan tinggi lemak sehat ini juga dapat menurunkan resiko Alzheimer.

9. Sebagai Pejuang yang Sedang Berusaha Menolak Lupa, Kamu Harus Benar-benar Fokus Saat Diajak Berbicara

fokus, perhatikan baik-baik via blog.placeboeffect.com

Sebenarnya cara yang paling sederhana sekaligus paling sulit adalah memperhatikan dengan seksama ketika mendapat tugas atau sedang berbicara dengan orang lain. Gangguan membuat pikiran kita nggak fokus dan daya ingat menjadi lemah, akibatnya kita jadi gampang lupa.

Menurut Zaldy S. Tan, direktur Memory Disorders Clinic di Beth Israel Deaconess Medical Center, lupa itu tanda bahwa kita sedang sibuk. Ketika kita tidak memperhatikan dengan baik, maka ingatan itu tidak akan benar-benar kuat, dan kita akan kesulitan jika harus mengingatnya lagi.

Nah, sekarang, kamu bisa memulai melatih ingatanmu dengan mencoba mengingat hal-hal yang sudah disampaikan di atas.