Banyak orang bilang cewek itu punya kecantikan alami yang terlihat saat ia bangun tidur, tanpa make-up dan tanpa polesan.

Memang benar, saat bangun tidur, kulit wajah akan menampakkan tekstur aslinya. Pada saat kamu tidur terlelap di malam hari, metabolisme tubuh dapat bekerja maksimal termasuk untuk meremajakan kulit. Oleh karena itu, manfaatkan proses tidur di malam hari agar regenerasi kulit berlangsung lancar dengan kondisi kulit terbaik.

Kalau kamu ingin tahu bagaimana rahasia menjaga kulit agar tampak cantik menawan saat bangun tidur? Ikuti cara yang telah dirangkum Hipwee Tips berikut ini, ya!

1. Sebelum tidur, pastikan wajahmu terbebas dari kotoran dan sisa make-up. Rutinlah menggunakan pembersih dan sabun wajah yang sesuai jenis kulitmu

digosok lembut, ya.. via facemakeuptipsandtricks.com

Membersihkan wajah sebelum tidur berguna untuk mengangkat kotoran yang menempel pada wajah, terlebih jika kamu seharian memakai make-up.

Advertisement

Jika kamu berpikir menggunakan sabun wajah sudah cukup untuk mengangkat kotoran dan sisa make-up, kamu keliru. Sabun wajah nggak sebaik pembersih wajah atau make-up remover dalam membersihkan wajah secara menyeluruh.

Setelah dibersihkan, barulah kamu mencucinya dengan sabun wajah. Keringkan, lalu gunakan toner bila perlu untuk mengurangi minyak dan menutup pori-pori wajah. Atau, kamu bisa menggunakan masker wajah untuk mengganti toner. Cek langkah berikutnya, yuk!

2. Rutinlah mengaplikasikan masker wajah dengan bahan alami, khususnya bagi kamu yang punya masalah wajah berminyak

maskeran dulu via jessicamoyblog.com

Saat menjelang tidur adalah waktu yang tepat untuk mengaplikasikan masker di wajah. Kamu yang punya masalah minyak berlebih di wajah bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk dijadikan masker wajah.

Masker Tomat

  • Haluskan satu buah tomat segar.
  • Oleskan tomat halus secara merata di wajah dan diamkan selama 15 menit.
  • Bilas dengan air hangat sebelum kemudian dibilas lagi dengan air dingin agar pori-pori menutup.

Masker jeruk nipis

  • Belah jeruk nipis dan ambil sarinya.
  • Campurkan sari jeruk nipis dengan madu lalu oleskan merata pada wajah, biarkan selama 15 menit.
  • Bilas dengan air hangat sebelum kemudian dibilas lagi dengan air dingin agar pori-pori menutup.

Masket putih telur

  • Pisahkan putih telur ayam kampung, oleskan merata di wajah, biarkan selama 30 menit sampai kering.
  • Bilas dengan air hangat sebelum kemudian dibilas lagi dengan air dingin agar pori-pori menutup.

Nggak perlu setiap hari, kamu bisa memasker wajah 1-2 kali seminggu 🙂

3. Nggak masalah jika kamu mengkonsumsi daging, telur atau ikan, tapi jangan lupa jadikan sayuran sebagai menu wajib. Nutrisi dan vitaminnya punya banyak manfaat untuk kulit

hobiku makan sayur via lcimag.com

Mulai perbanyak konsumsi sayuran segar setiap hari. Mengkonsumsi sayuran yang segar nggak hanya bagus untuk kesehatan tubuh tapi juga bagus untuk asupan nutrisi kulitmu.

Sayuran yang masih segar akan menyuplai nutrisi dan vitamin yang penting bagi tubuh, sehingga kulit akan terjaga kesegarannya. Makanlah salad berupa kombinasi sayuran sehat yang baik untuk kulit seperti selada, tomat, kentang, wortel, mentimun, lobak dan lainnya.

4. Meski sepele, tapi kamu mesti perhatikan posisi tidur. Posisi tidur yang tepat mencegah kerutan wajah dan mata bengkak

jangan tengkurap via www.mondanite.net

Selain kesehatan tubuh dan pikiran, posisi tidur sedikit banyak juga akan mempengaruhi kesehatan kulitmu. Beberapa orang nggak menyadari jika kebiasaan posisi tidurnya kurang tepat.

Untuk mencegah keriput dan mata bengkak, usahakan untuk nggak membenamkan wajah ke bantal atau tidur dalam posisi tengkurap. Tidur menengadah dan miring adalah posisi yang bagus, dengan catatan jangan terlalu menempelkan wajah pada bantal ketika posisi miring.

5. Menjaga kebersihan sarung bantal menjadi penting, penggunaan sarung bantal berbahan sutera direkomendasikan

pakai bantal sutera via www.jasminesilk.com

Dalam rangka memperoleh kualitas tidur yang baik untuk tubuh, pikiran dan wajah, kamu perlu menjaga sarung bantal tetap bersih. Cuci secara berkala agar kotoran dan bakteri yang menempel nggak berpindah ke wajah saat kamu tidur. ‘Kan kalau nggak di cuci, jerawat bisa muncul di mana-mana, lho. Hiii…

Atau, gunakan sarung bantal berbahan sutera yang dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit dan rambut. Bahannya yang halus dan lembut nggak akan merusak tekstur kulit dan juga rambutmu.

6. Meski terdengar klise, minum air putih secara teratur ampuh membuat kulitmu nampak bersih dan sehat

minum air putih teratur via www.rd.com

Mungkin kamu merasa bosan untuk diingatkan perihal minum air putih. Air putih sangat penting untuk membantu kulit kita terlihat menakjubkan. Nggak hanya membuang racun dalam tubuh, tapi juga melembabkan kulitmu. Kekurangan air akan membuat kulit kering dan keriput.

Minumlah air putih setidaknya sebanyak 15 20 gelas per hari. Air putih akan membantu melancarkan penyebaran nutrisi bagi tubuh dan melancarkan sistem metabolisme tubuh. Semakin lancar metabolisme tubuh, maka akan semakin sehat dan bersih juga kulitmu.

7. Matikan lampu dan kondisikan agar ruangan tetap gelap untuk memaksimalkan proses regenerasi kulitmu selama tidur

matikan lampu via homeredesign.tech

Bukan sepele, tidur dalam kondisi gelap akan membantu tubuh menjalankan tugasnya sewaktu kita tidur. Pencernaan makanan, pembuangan racun, pembentukan sel-sel baru, hingga regenerasi kulit akan berjalan lancar. Selain itu, hormon melatonin atau hormon tidur yang dihasilkan tubuh ketika tidur juga akan berproses dengan semestinya. Yuk, matikan lampu saat tidur!

8. Biar kulitmu nggak melulu terpapar radiasi, membiarkan HP atau televisi menyala sebaiknya dihindari

jauh-jauh dari handphone deh.. via www.recode.net

Kebiasaan menggunakan ponsel dan menonton televisi sebelum tidur memang sulit ditinggalkan. Demi mendapatkan kulit sehat dan cantik saat bangun nanti, alangkah baiknya kamu matikan ponsel dan televisi paling tidak setengah jam sebelum tidur. Hal ini juga untuk menghindari paparan radiadi yang nggak baik bagi tubuh dan juga kulitmu.

Biarkan kamu mendapat jatah tidur yang cukup, yakni delapan jam dalam sehari. Pola tidur yang baik dapat berdampak baik juga bagi kesehatan kulitmu. Wajah akan senantiasa terlihat segar dan lebih bersih karena proses regenerasi kulit ketika tidur di malam hari nggak terganggu.

Detail dari dampak radiasi ini bisa kamu baca di sini, ya!

9. Terakhir, rilekskan pikiranmu dari apapun, kondisikan otakmu tenang dan bersiap untuk tidur nyenyak

rilekskan pikiran dulu via www.youtube.com

Otakmu adalah kunci dari segala aktivitas tubuhmu, nggak terkecuali saat kamu tidur. Usahakan kamu terbebas dari segala beban pikiran yang masih mengganjal dan mengganggu proses tidur. Otak butuh waktu yang cukup lama untuk bisa rileks dan bersiap untuk terlelap.

Untuk itu, sebisa mungkin lepaskan sejenak beban pikiran yang ada beberapa waktu sebelum kamu tidur. Dengan pikiran yang rileks, tidurmu juga akan nyenyak, regenerasi kulit juga berjalan lancar.

Jadi gimana, sudah siap untuk nggak mengeluh dan memiliki kulit cantik menawan saat bangun tidur?

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!