Di zaman serba canggih seperti sekarang, keberadaan handphone sudah menjadi bagian integral dari telekomunikasi modern. Memisahkan diri dari handphone udah jadi hal yang mustahil buat kita. Pagi, siang, sore hingga malam, handphone selalu jadi teman sejati.

Saking akrabnya, handphone bahkan kerap dijadikan teman tidur.

Advertisement

Ngga sedikit di antara kita yang menyimpan handphone di bawah bantal. Tapi, apa kamu tau dampak buruk tidur dekat handphone?

Setiap handphone punya pancaran radiasi tinggi yang ngga bisa kamu lihat kasat mata. Itu sebabnya kamu kurang sadar tentang bahayanya. Menurut World Health Organization (WHO), radiasi ponsel bisa memengaruhi susunan saraf manusia hingga dapat menyebabkan kanker atau tumor.

Bukan maksud menakut-nakuti, tapi inilah bahaya-bahaya yang bisa terjadi ketika kamu keukeuh tidur dekat dengan handphone-mu.

1. Amit-amit! Handphone di bawah bantal bisa menyebabkan tumor ganas di sisi wajah

Tidur nyenyak

Tidur nyenyak via i.huffpost.com

Advertisement

Meletakan handphone di sekitar saja bahaya, apalagi di bawah bantal. Riset dari Israel menemukan hasil jika hasil radiasi handphone dapat meningkatkan tumor parotis di sisi wajah. Posisi otak yang berada di atas bantal mendapat radiasi electromagnetic dari handphone.

Tumor tersebut termasuk jenis tumor yang sangat langka dan biasanya muncul pada orang-orang di atas usia 50 tahun. Namun sejak tahun 2001, kasus tumor parotis sudah dialami oleh orang-orang berusia di bawah 20 tahun.

2. Bukan cuma itu, paparan radiasi bisa mempengaruhi sel otak dan ketahanan tubuh

Merusak sel otak.

Merusak sel otak. via www.pubinfo.id

Seorang ilmuwan kesehatan lingkungan, Dr. Devra Davis, mengatakan bahwa paparan radiasi dari handphone dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak. Sel-sel otak yang rusak bisa bikin resiko terjangkitnya berbagai jenis penyakit meningkat. Ingat, otak adalah pusatnya.

3. Walau usia masih muda, tapi handphone bisa meningkatkan peluang terkena penyakit Alzheimer

Yang muda pun bisa idap Alzheimer.

Yang muda pun bisa idap Alzheimer. via all-len-all.com

Alzheimer ditandai dengan melemahnya daya ingat. Umumnya, penyakit ini menyerang seseorang yang sudah memasuki usia renta. Tapi, bagi kamu yang biasa tidur ditemani handphone, berhati-hatilah dengan kebiasaan itu. Radiasi handphone bisa mempercepat proses seseorang mengalami Alzheimer.

4. Untuk ibu hamil: Tidur dekat handphone meningkatkan risiko keguguran

Bumil, kurangin main handphonenya ya.

Bumil, kurangin main handphonenya ya. via hersays.com

Kamu mungkin bertanya-tanya, “Apa hubungannya dengan keguguran?”. Tapi sebuah jurnal tentang epidemologi yang dikutip dari mengatakan setiap organisme yang hidup memiliki sel-sel yang dikelilingi oleh medan electromagnetik. Otak yang punya medan magnet sendiri memiliki peranan penting dalam proses pembelahan sel dan diferensiasi terjadi pada janin.

5. Gentleman, handphone bisa menurunkan tingkat kesuburan sperma!

Kualitas sperma menurun akibat handphone.

Kualitas sperma menurun akibat handphone. via www.ctvnews.ca

Kalau tadi soal bahaya untuk wanita, tidur dekat handphone ternyata dapat memengaruhi produksi sperma pada seorang pria. Pengaruhnya tentu pada tingkat kesuburan sperma. Paparan radiasi elektromagnetik handphone dapat mengakibatkan tingkat produksi hormon reproduksi terganggu dan juga bisa bikin jumlah produksi hormon testosteron yang lebih tinggi.

6. Membawa handphone menyala ke tempat tidur meningkatkan peluangmu terkena gangguan jantung

Sayangi jantungmu. via www.futuready.com

Tidur dekat handphone memang hal yang remeh. Tapi resikonya kehilangan nyawa. Radiasi handphone juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Selain itu, sering dibuat terkejut ketika handphone berdering di tengah malam juga meningkatkan peluangmu terkena gangguan jantung.

7. Kemungkinan terburuk yang bisa terjadi: kamu tidur nyenyak, eh handphone meledak di samping~

Panas dan bisa meledak.

Panas dan bisa meledak. via 4.bp.blogspot.com

Meletakan handphone dekat dengan kamu saat tidur dapat mendekatkan diri dengan bahaya. Handphone sangat mungkin meledak ketika kamu meninggalkannya tercolok chargeran semalaman penuh. Ketika kamu lupa mencabutnya, handphone akan menjadi panas. Kemungkinan terburuk terjadi jika terjadi konsleting yang bisa membuatnya meledak, terbakar, bahkan hingga menyebabkan kebakaran.

Kalau udah tahu 7 fakta ini masih mau bawa hp ke atas tempat tidur lagi?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya