Bisa bangun telat, malas-malasan di kasur, nonton TV sepuasnya, makan seenak perut, tidur seharian; siapa sih yang nggak suka akhir pekan? Sayangnya, akhir pekanmu bisa jadi berakhir mengecewakan lantaran adanya tugas-tugas yang harus segera diselesaikan.

Laporan yang harus segera diserahkan pada atasan atau materi rapat buat hari Senin esok sudah menunggu. Dalam kondisi terpaksa ini, rasa capek dan malas pun semakin menghambat produktivitasmu. Nah, bisakah kamu mengalahkan diri sendiri dan bekerja layaknya hari biasa? Bisa, asalkan kamu menerapkan 9 hal berikut ini!

1. Kamu butuh waktu tidur yang cukup agar produktivitasmu maksimal esok hari. Sabtu malam nanti haram hukumnya kalau kamu begadang nonton TV!

Begadang sama TV via psych-your-mind.blogspot.com

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan akhir pekan yang produktif ialah dengan tidur yang cukup. Terdengar cukup simpel, namun banyak orang menderita gangguan tidur akibat godaan teknologi seperti TV, komputer, smartphone dan gadget lainnya. Tidur yang berkualitas penting bagi kesehatan badan dan pikiran. Kemampuan berpikir jernih dan rasional ditentukan oleh tidur yang cukup.

Tubuh manusia menghasilkan hormon melatonin yang membantu kita agar terlelap, namun produksi hormon ini bisa terganggu oleh cahaya terang yang dihasilkan TV dan gadget. Mulai sekarang, kamu matikan perangkat elektronik minimal satu jam sebelum tidur agar besok kamu lebih produktif.

2. Demi bisa menuntaskan tugas-tugasmu di hari Minggu, jauhi tombol snooze yang bisa mengacaukan siklus tidurmu

Advertisement

Rezeki dipatok ayam via www.gizmodo.com

Hipwee nganjurin kamu buat tidur yang cukup, bukannya tidur sepanjang hari. Snooze adalah fitur untuk mengulang alarm berbunyi sehingga kamu bisa mulai tidur lagi. Ketika kamu matiin alarm pakai snooze, tubuh kamu masuk ke siklus tidur yang baru. Kembali tidur bukan bikin kamu tambah segar, tapi bikin otak dan badan kamu kelelahan (dan bingung) karena berulang kali bangun dan kembali tidur dalam waktu yang dekat.

Sebaiknya, segera bangun setelah alarm berbunyi dan mulai kerjakan sesuatu.

3. Daripada menekan diri sendiri, lebih baik kerjakan tugasmu dengan pelan dan santai (ya gimana lagi namanya juga weekend, hehe)

Gak usah dipaksakan. Kerjakan tugas akhir pekan kamu dengan pelan dan santai. Kamu bakal kewalahan jika terlalu banyak mengerjakan tugas dalam satu hari. Jadi to-do list kamu harus dirampingkan, karena melihat daftar tugas yang panjang akan membebani pikiran dan bikin liburan kamu penuh stres.

Kalau kamu udah stres duluan karena lihat to-do list yang panjang, kemampuan kamu untuk fokus dan bekerja akan berkurang drastis. Pikirkan baik-baik sejauh mana kamu bisa mengerjakan tugas dalam satu hari. Know your limits, kamu bukan Superman.

4. Saat bangun tidur, jangan buru-buru menyentuh ponsel dan laptopmu. Menyantap sarapan atau sekadar minum teh sebaiknya kamu lakukan lebih dulu

Mending sarapan dulu via www.lifehack.org

Di era informasi ini kamu pasti tergoda untuk meraih ponsel segera setelah bangun tidur. Entah itu buat baca e-mail, SMS, atau sekedar bikin pengumuman kalau kamu udah bangun di media sosial. Tahan dulu deh, godaan buat ngotak-ngatik ponsel kamu karena seringkali apa yang kita temui di dalam media sosial dan e-mail malah bikin mood kamu untuk beraktivitas jadi buruk.

E-mail dari bos yang nuntut ini-itu saat weekend (!) atau teman kamu yang udah ngepost pikiran negatif di Facebook bisa menghancurkan semangat kamu. Bagusnya, kamu tentukan kapan yang terbaik untuk ngecek ponsel: seperti setelah sarapan atau setelah kamu baca koran.

5. Supaya di hari Senin kamu nggak kelimpungan, jangan coba-coba malas-malasan atau menunda pekerjaan di akhir pekan

Persiapkan Sekarang via www.lifehack.org

Agar kamu tetap produktif saat weekend kamu musti berhenti menunda pekerjaan. Selagi kamu bisa kerjakan sekarang, kerjakan! Kalau perlu bikin persiapan kecil di malam hari. Jika kamu berencana pergi besok pagi, jangan menunda untuk mengisi tangki BBM motor atau mobilmu malam ini.

Jika kamu akan bertemu calon klien potensial, pilih baju yang akan kamu kenakan malam harinya. Susun jadwal malam harinya, kalau kamu bakal banyak acara besok. Kamu pasti udah sering baca profil orang-orang sukses di Hipwee, kalau kamu perhatikan mereka memiliki satu kesamaan. Victory loves preparation, kata mereka.

6. Walau bisa nyantai, ritme kerjamu harus tetap terjaga. Kemampuan fokus adalah modalmu yang paling utama

Terdistraksi via www.technapex.com

Jangan biarkan perhatianmu teralih pada hal yang gak ada hubungannya dengan tugas yang kamu kerjakan. Saat perhatian kamu teralih pada TV atau gadget, PR yang biasanya bisa dikerjakan dalam 30 menit baru bisa selesai hingga berjam-jam. Emang benar kamu lagi libur dan kamu pengen ngerjainnya santai, tapi bayangkan kalau pekerjaan kamu selesai lebih cepat. Berarti lebih banyak waktu tersisa buat santai, bukan?

7. Tubuhmu jelas butuh asupan tenaga, awali pekerjaanmu dengan menu sarapan yang istimewa

Sarapan Juara via www.dirtydozenraces.com

Ilmu pengetahuan gak pernah bohong: sarapan emang waktu makan terbaik dalam seharian. Layaknya mobil yang butuh BBM, maka tubuh kamu butuh sarapan. Jangan mulai ngerjain tugas akhir pekan tanpa sarapan terlebih dahulu, karena sarapan bikin mental dan pikiran kamu jadi lebih siap. Kamu akan selalu fokus, selalu konsentrasi pada kerjaan serta tetap kritis dan tajam dalam memecahkan masalah yang akan kamu temui di akhir pekan.

8. Waktu nggak akan menunggumu, jadi abaikan keinginan nonton dvd sambil guling-guling di kasur saat hari Minggu

Another time wasted via www.vantagemag.com

Jika kamu ingin tetap produktif di akhir pekan (dan di hari-hari lain) maka jangan buang-buang waktu yang kamu punya. Waktu adalah barang mewah yang gak sanggup kamu beli. Jadi jangan keluarkan alasan “Waktunya gak cukup…” ketika gagal menyelesaikan tugas di akhir pekan. Seperti manusia lain di muka bumi ini, kamu juga diberi 24 jam dalam sehari. Lalu kalau orang lain bisa bikin sesuatu dalam 24 jam, kenapa kamu nggak?

9. Wajar kalau kamu kesal karena harus kerja di akhir pekan. Tapi daripada sibuk merutuki keadaan, tugas-tugasmu lebih baik segera diselesaikan

Don’t Look Back In Anger via rubyslipper.ca

Kalau gak disalurkan dengan baik, marah bisa jadi kegiatan yang ujung-ujungnya gak mengenakkan. Ketika kamu memulai hari dengan perasaan marah, seharian mood kamu gak akan bagus. Imbasnya, kamu susah untuk konsentrasi untuk menyelesaikan tugas.

Amarah hanya akan menurunkan produktivitas kamu dan bahkan bisa juga orang lain. Coba pikirkan berapa sering kamu mendengar orang menyesal karena telah bertindak gegabah dalam keadaan marah. Sedikit banyak itu juga memengaruhimu, ‘kan?

Intinya adalah kamu harus bisa memanfaatkan waktu yang sempit ini untuk tetap bekerja dengan baik. Tapi jangan lupa luangkan waktu untuk bersantai, karena weekend harus tetap dinikmati sesibuk apapun kamu.