Sekarang ini, minimarket udah deket banget sama keseharian anak muda. Ada dimana-mana dan bisa jadi tempat nongkrong dadakan. Pas bosen di kosan, mampir ke sana. Kepanasan dikit, buru-buru mampir ke minimarket buat ngademin badan. Yah, walaupun cuma beli air mineral, kamu pasti akan tergoda buat beli yang lain.

Yang jadi laper mata setelah masuk minimarket dan beli barang yang sebenernya nggak dibutuhin? Banyak! Pulang-pulang buka tas kresek, hati jadi sedikit ngilu karena nyesel. Hipwee sudah nyiapin beberapa prinsip yang harus kamu pegang erat sebelum masuk ke dalam minimarket. Demi dompetmu lebih terselamatkan dan nggak terus-terusan nyesel.

1. Jangan mudah luluh dengan sapaan dan perhatian sang pegawai. Kamu bukan orang pertama yang dibaikin, kok

Selamat datang kak. Promo es krimnya silakan.

Nada ramah dan intonasi yang meneduhkan hati kadang bisa bikin kamu merasa dikasih perhatian lebih. Apalagi buat kamu yang fakir ucapan selamat pagi dari gebetan. Hehehe. Mata dari Mbak dan Masnya yang berbinar-binar, bisa bikin kamu luluh dan menuruti saran buat memborong promo hariannya.

Advertisement

Satu hal yang perlu diingat, bukan kamu satu-satunya orang yang dapet perhatian lebih dari keramahan pegawainya. Emang mereka akan baik ke semua pelanggan. Kurang-kurangin deh luluh hatimu, guys.

2. Berkeliling rak lebih dari dua kali akan bikin imanmu goyah. Biasakan sekali aja mulai sekarang

Sekali cukup via www.eincs.sg

Suasana nyaman di dalam minimarket, bikin kakimu berjalan mengelilingi rak secara otomatis. Langkah kakimu kayak diarahkan buat jalan dan mengamati barang di rak satu-satu. Inilah yang bikin imanmu goyah. Yang awalnya cuma pingin beli air mineral, jadi beli yang lain-lain.

Mulai sekarang, kurangi intensitas buat keliling ke tiap sudut rak lebih dari dua kali. Masuk dan segeralah menuju rak barang yang kamu tuju. Setelah itu, langsung ke kasir dan bayar. Menghindari tangan buat masukin barang lain ke dalam keranjang.

3. Kehematan sachet kecil itu fana. Biar lebih hemat, sekalian kemasan botol dan gede

Hayooo, tentukan pilihanmu via www.linkedin.com

Barang-barang berkemasan sachet memang kelihatan lebih praktis. Harganya pun lebih murah. Misalnya saja deterjen, shampoo, sampai pewangi. Tapi kalau kamu mau repot menghitung, akan lebih murah kalau kamu beli dalam kemasan botol atau yang refill. Memang kerasa lebih mahal, tapi bisa lebih awet sampe berbulan-bulan ke depan.

4. Magnet buat nengok papan promo emang gede. Hmmm, kurang-kurangin deh mulai sekarang liatnya

Diskon separuh harga via www.supermarketsrack.com

Nggak hanya kasur yang punya magnet kuat, papan promo yang ada di minimarket juga sering bikin kamu terhenyak buat beberapa waktu. Sambil melihat perbandingan harga, dalam hati kamu pun menghitung betapa murahnya promo ini. Ujung-ujungnya kemakan promo deh~

Hmmm, biar kamu nggak menyesal terus-terusan tiap ke minimarket, kebiasaan buat nengok ke papan promo harus kamu kurangi dari sekarang. Biasakan deh.

5. Tapi, tawaran voucher belanja nggak boleh kamu siakan. Lumayan, bisa buat bulan depan!

Banyak! via twicsy.com

Hoki itu nggak tiap hari datang ke kamu. Akan tiba saatnya kamu akan ngerasain hoki dan senengnya dapet voucher belanja. Kalau kamu nggak mau melewatkan voucher belanja seharga 500 ribu, mulai sekarang kamu harus ngedapetin gold medallion dari Rogue One : A Star Wars Story di Alfamart terdekat.

Apalagi kalau kamu adalah salah satu pecinta serial film Star Wars, pasti enggan untuk melewatkan kesempatan ini. Wah, kalau voucher belanjanya semenarik ini, bisa banget buat belanja bulan depan~

6. Nggak usah sungkan menolak saat ditawarin di meja kasir. Senyumin aja sambil menggeleng pelan.

Senyumin aja~ via www.canadiancouponing.com

“Selamat sore, Kak. Ada tambahan lain? Pulsanya sekalian? Permennya sekalian?”

Saat tiba di meja kasir, kamu akan mendapat tawaran untuk sekalian beli barang yang (siapa tahu) kamu butuhkan. Nggak usah sungkan buat menolak tawaran yang emang nggak lagi kamu butuh. Senyumin sama sambil mengggeleng pelan, pegawainya nggak akan maksa kok~

7. Biar ga jajan terus, cari aja minimarket yang ada tukang parkirnya. Biar kamu makin males buat menginjakkan kaki ke sana

Jadi belanja nggak? via jambi.tribunnews.com

Minimarket yang dijaga ketat oleh tukang parkir, sekarang udah nggak bisa lagi dihitung dengan jari. Tapi, masih ada juga yang parkirnya masih cuma-cuma. Tapi, untuk jadi faktor yang bisa ngurangin intensitas jajanmu di minimarket, kamu perlu cari yang ada penjaga parkirnya. Biar niatmu semakin urung, karena akan ada biaya tambahan sebesar 2 ribu buat abang tukang parkirnya.

8. ATM yang ada di dalam minimarket itu cuma umpan yang tak kasat mata. Mending ngambilnya di ATM banknya aja deh~

Tuh udah banyak cobaan di sebelahnya via coinatmradar.com

Beberapa ATM memang banyak yang hadir di dalam minimarket. Biar orang-orang lebih praktis dan nggak kesusahan buat transaksi. Kalau kamu memutuskan buat ambil uang di ATM ini, kuatkan imanmu setebal-tebalnya. Karena kamu sudah masuk ke dalam umpan yang tak kasat mata. Hati-hati kepingin buat beli ini-itu dengan uang yang barusan banget kau ambil. Mending, kamu cari ATM bank-nya sekalian deh.

Terkadang, hasrat buat menahan jajan memang susah banget dibendung. Biar kebiasaan ini bisa sejalan dengan keantusiasanmu di serial film Star Wars, kamu bisa alokasikan uang jajanmu menjadi medallion Star Wars yang ada di Alfamart! Periode Medallion edisi Rogue One : A Star Wars Story ini udah dimulai 1 Oktober 2016 sampai 31 Januari 2017! Masih ada kesempatan buat mengoleksi medallion lengkapnya. Belanja sebesar 30 ribu dan menebus 5 ribu saja, kamu bisa dapat 1 medallion.

Atau, untukmu yang nggak sabar buat punya tiap seri-nya, bisa langsung beli 1 medallion dengan harga 10 ribu saja. Punya gold medallion? Tukarkan dengan voucher belanja seharga 500 ribu. Mau borong apa saja buat belanja bulanan, bisa lebih-lebih tuh!

Jika semua set lengkap medallion sudah kamu punya, bisa ditukar jadi voucher belanja seharga 5 juta. Bisa belanjain buat kebutuhan orang serumah berbulan-bulan, bukan? Jadi bagian di kompetisi berburu medallion Star Wars dan gabung di Join The Rebellion, yuk!

Asalkan prinsip sederhana ini kamu praktikkan, kamu nggak akan terus-terusan dirundung penyesalan setiap saat mampir ke minimarket. Demi laper matamu yang bisa bekurang dan imanmu yang makin kuat. Udah kamu praktikkan belum? Hehehe.