Sebagai cewek, penampilan merupakan hal penting dalam hidup. Mulai dari atas hingga bawah, semuanya nggak bisa luput dari perhatian orang lain. Oleh karena itu, wajar aja kalau kamu memerhatikan penampilan dengan baik. Toh, semakin baik penampilan akan semakin positif juga sikap seseorang kepadamu.

Penampilan yang menarik salah satunya terletak pada wajah. Mau berkulit putih atau berkulit gelap, hal itu gak berpengaruh asalkan kamu pandai merawat dan mampu mengeluarkan aura kecantikan pada wajahmu. Kamu bisa membuat penampilan berkesan dari bibirmu lho. Biasanya sih kalau menyangkut urusan bibir, kamu akan mengandalkan lipstik.

“Tapi, apa iya cuma lipstik aja yang bisa memberikan kesan menarik pada bibir?”

Padahal kamu sendiri memang nggak terlalu suka memakai lipstik. Aroma dan rasanya yang terasa aneh saat menempel pada bibir, membuatmu memilih produk lainnya. Ada kalanya juga kamu melakukan perawatan rutin untuk bibir tanpa harus tergantung pada produk.

Namun, apa aja ya produk dan perawatan secara alami yang bisa dilakukan untuk bibir? Simak yuk ulasan yang udah Hipwee siapkan buat kamu ini!

1. Jangan sering menjilati atau membasahi bibir deh ya. Kebiasaan ini dapat membuat bibirmu kering.

Advertisement

jangan biasakan menjilat bibir ya. hehe via www.yourtango.com

“Eeehhh bibir lo jangan dijilatin nanti jadi kering lho.”

Tanpa disadari kamu mungkin sering banget menjilati bibir. Hal tersebut menjadi kebiasaan yang sebenarnya kurang baik bagi kesehatan bibirmu. Kebiasaan satu ini bisa mengakibatkan bibir kering dan pecah-pecah. Tentu kamu nggak mau dong penampilanmu jadi nggak menarik dan membuat orang lain khawatir?

Efek bibir yang kering ini nggak hanya merusak kecantikanmu aja, tapi juga rasa perih pada bibirmu. Kamu sendiri jadi merasa nggak nyaman saat berbicara.

2. Tanpa memakai lipstik, kamu dapat membuat warna merah pada bibir dari bahan-bahan alami. Salah satunya madu murni!

madu itu penting via melindahospital.com

Madu udah terkenal banget nih keampuhannya mengobati bibir pecah-pecah. Dengan kandungannya yang sangat baik untuk kesehatan, nggak ada salahnya kalau kamu mengoleskan madu pada bibir secara rutin sebelum tidur. Dengan begitu, bibirmu nggak hanya lembab, tapi juga menarik karena lama-lama madu akan memberikan efek kemerahan pada bibir lho.

3. Kamu juga bisa menggunakan produk perawatan bibir seperti lip balm yang tersedia dalam berbagai pilihan warna. Dijamin bibir jadi lembab dan lebih cerah.

tuh ‘kan banyak pilihan warnanya via www.mynewestaddiction.com

Produk perawatan bibir saat ini semakin beragam. Hal ini tentu memudahkanmu dalam memilih produk apa yang sesuai dengan jenis bibirmu. Tanpa lipstik, kamu bisa nih memilih produk perawatan lainnya yaitu lip balm. Sesuai namanya, lip balm tentu berfungsi sebagai pelembab bibir.

Beberapa waktu belakangan ini telah muncul lipbalm yang memiliki variasi warna. Oleh karenanya, kamu yang ogah memakai lipstik karena aroma dan rasa lipstik saat menempel dibibir terasa aneh, bisa beralih pada lip balm nih. Sayangnya, beberapa produk lip balm kurang terlalu lama efeknya pada bibir. Jadi, harus sering mengoleskannya ya!

4. Jika ingin bibirmu tampil memesona, kamu bisa memakai lip gloss. Bibir akan terlihat lembab dengan warna yang berkilau.

bibir berkilau kayak mbak selena dan mbak demi nih via favim.com

Sama seperti lip balm, fungsi lip gloss juga sebagai pelembab dan mencerahkan bibir. Apalagi efek glossy-nya dapat membuat penampilanmu semakin ciamik lho. Kapan lagi coba, bibir menjadi lembab dan bisa menebarkan senyuman berkilau? Hehe.

5. Sebaiknya, pilih produk yang banyak mengandung bahan alami. Hal ini penting agar bibirmu gak hanya tampil menarik, tapi juga sehat.

pilih yang banyak mengandung bahan alami via www.threedifferentdirections.com

Ketika memilih produk perawatan bibir, jangan lupa untuk melihat komposisi bahan yang digunakan. Usahakan pilih produk yang banyak mengandung bahan alami ya. Bahan-bahan alami tentu sangat baik bagi kesehatan. Jadi, jangan hanya mengutamakan hasil menarik aja, tapi juga kesehatan!

6. Saat mandi, kamu juga bisa pelan-pelan menyikat bibir untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati.

Kalau lagi mandi, selain menggosok gigi kamu bisa sekalian menyikat bibir secara perlahan. Hal ini perlu dilakukan agar sel kulit mati pada bibir dapat terangkat. Sel kulit mati yang didiamkan dapat membuat bibir gelap dan kasar lho. Menyikatnya pelan-pelan aja supaya bibirmu nggak terluka.

7. Membuat bibir terlihat cantik gak cuma dari luar aja, tapi juga dari dalam. Makanya, konsumsi air mineral, buah-buahan, dan sayuran itu perlu dilakukan.

konsumsi air mineral ya via time.com

“Bingung deh. Udah pakai lip balm masih aja bibir kering.”

“Ya kamu lagian malas sih makan sayur sama buah. Itu ‘kan bagus buat kesehatan bibir.”

Pernah nggak sih terpikirkan olehmu kalau bibir masih kering dan belum mampu terlihat menarik, padahal kamu udah menggunakan berbagai produk perawatan. Untuk menciptakan bibir yang sehat dan memesona, kamu juga harus menunjangnya dengan mengonsumsi air mineral, sayuran, dan buah-buahan. Kandungannya yang bagus untuk tubuh, terutama kesegaran pada kulit akan memberikan efek cerah dan menarik pada penampilanmu.

Lipstik memang menjadi salah satu produk kecantikan yang selalu digandrungi cewek. Tapi, ada juga yang kurang menyukainya karena aroma dan rasa lipstik saat menempel di bibir dianggap aneh. Oleh karena itu, kamu perlu beralih pada produk perawatan lainnya seperti lip balm dan lip gloss ini. Kamu juga bisa melakukan perawatan menggunakan bahan-bahan alami. Jadi, yang mana pilihanmu?